Ibukota China, Beijing dan Kota Shanghai serta Enam Kota Utama Lainnya


Dari sekian banyak kota-kota besar yang ada di Cina, setidaknya ada delapan kota yang paling utama di Negeri Tirai Bambu tersebut. Kenapa disebut kota utama ? Karena peran penting dan strategis kota tersebut dan menjadi barometer kota-kota besar lain. Misalnya sebagai pusat pemerintahan, industri, teknologi tinggi, kebudayaan, fashion hingga seni dan hiburan. Berikut nama kota-kota tersebut :
BEIJING. Statusnya sebagai ibukota dari negara Cina. Beijing Capital International Airport adalah nama bandara di kota ini. Kesibukan bandara ini setara dengan bandara Hartsfield-Jackson Atlanta International di Amerika Serikat, yang termasuk bandara tersibuk di dunia. Satu bandara lagi yang dibuka pada tahun 2019 adalah Beijing Daxing International yang merupakan salah satu bandara terbesar di dunia. Beberapa tempat yang menarik di Beijing antara lain : Kota Terlarang atau Forbidden City, Taman Beihai, Summer Palace, Ming Tombs, Zhoukoudian, Great Wall dan Grand Canal serta Nest Stadium. Nest Stadium kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Stadion Sarang Burung. Di salah satu venue olahraga ini pernah berlangsung pesta olahraga Olimpiade musim panas tahun 2008. Kontingen Cina berhasil menjadi juara umum dengan meraih medali terbanyak mengungguli kontingen Amerika Serikat dan atlit negara-negara Eropa.
SHANGHAI. Menjadi salah satu pusat mode di negeri Tirai Bambu. Juga keuangan dan bisnis lainnya. Shanghai memiliki dua buah bandara yaitu Shanghai Pudong International Airport dan Shanghai Hongqiao International Airport yang melayani rute internasional dan domestik. Venue-venue menarik di Shanghai antara lain : Shanghai Tower : Pencakar langit yang tingginya mencapai 632 meter, Oriental Pearl Tower, The Bund, City God Temple, Yu Garden, Shanghai Museum di People’s Square. Di kota Shanghai juga Aquarium terbesar di Cina yaitu Shanghai Ocean Aquarium, Fuxing Park yang menjadi venue untuk acara fashion mingguan dan tahunan di Shanghai Fashion Center.
GUANGZHOU. Kota Guangzhou merupakan kota terbesar ketiga di Cina. Seperti kota-kota utama lainnya di Cina, di kota Guangzhou juga berdiri skyscrapper atau gedung pencakar langit yang tinggi nya mencapai 437,5 meter. Gedung pencakar langit itu bernama Guangzhou International Finance Center. Banyak festival berlangsung di kota ini. Nama bandara di Guangzhou adalah Baiyun International Airport
SHENZHEN. Shenzhen termasuk ke dalam kawasan megapolitan Pearl River Delta. Kota Shenzhen menjadi salah satu pusat keuangan terkemuka di Asia Pasifik. Kota ini juga dijuluki “Silicon Valley of China” karena menjadi lokasi beberapa riset teknologi tinggi. Bandara Shenzhen Bao’an International ada di kota Shenzhen.
TIANJIN. Kota terbesar di Cina selain Shanghai, Beijing dan Guangzhou ini mempunyai bandara yang bernama Tianjin Binhai International Airport. Selain itu kota Tianjin juga dilayani oleh Daxing Beijing International Airport yang ada di kota Beijing. Keberadaan gedung lama dengan arsitektur khas gaya Eropa abad 19 telah menjadi daya tarik tersendiri di kota Tianjin. Venue-venue lainnya adalah : Tianjin Water Park, Binjiang Avenue Shopping Centre dan Tianjin Eye atau The Tientsin Eye.
DONGGUAN. Posisinya terletak di antara dua kota utama Cina yang strategis yaitu Guangzhou dan Shenzhen. Bersama dengan kota Guangzhou dan Shenzhen, kota ini juga termasuk dalam kawasan metropolitan Pearl River Delta. Kota Dongguan tidak memiliki bandara tapi dilayani oleh Baiyun International Airport dan Shenzhen Bao’an International Airport.
CHENGDU. Di Cina Barat, Chengdu adalah salah satu dari tiga kota terpadat selain Chongqing dan Xi’an. Salah satu pusat ekonomi, keuangan, transportasi, komunikasi dan kebudayaan terpenting di Cina Barat. Di Chengdu ada peternakan panda raksasa yaitu hewan langka khas dari Cina. Chengdu Shuangliu International adalah bandara yang dipunyai kota Chengdu.
HANGZHOU. Kota Hangzhou dilayani oleh bandara Hangzhou Xiaoshan International. Huxin Pavilion yang berada di tepian danau West Lake menjadi salah satu ikon kota Hangzhou. Kota yang ada danau dengan pegunungan sekitarnya tentu memiliki daya tarik tersendiri. Sebuah situs online terbesar di dunia, Alibaba Group, yaitu B2B, berkantor di Hangzhou. Untuk event olahraga internasional, Hangzhou akan menjadi host Asian Games pada tahun 2022. Asian Games adalah pesta olahraga antar negara-negara di benua Asia.
 
Referensi Data & Informasi Lebih lengkap : wikipedia. Article Style : plm12.com
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Fenomena Yang Lainnya :

Nama Kota-Kota di Indonesia :Jakarta – Bandung – Makasar – Kupang – Semarang – Ambon – Jayapura – Pontianak – Banda Aceh – Jambi – Denpasar – Manado – Palu – Banjarmasin – Pakanbaru – Bandar Lampung – Surabaya – Mataram – Kendari – Padang – Palangkaraya – Samarinda – Yogyakarta – Palembang – Medan – Bengkulu – Gorontalo.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.