Hiburan Sport Malam di Qatar.. Motogp !

Halo, fans Motogp !

Pemenang lomba balap motor MotoGP yang diadakan pada malam hari seri perdana di Qatar, nyatanya memang tidak jauh dari pembalap papan atas. Tidak percuma memang sebutan pembalap atas. Mereka telah membuktikan selain unggul di trek di siang hari tapi juga bisa finish terdepan di balapan malam hari. Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di malam hari pasti beda dengan siang hari. Di mana itu Qatar ? Adalah salah satu negara di kawasan Timur Tengah, khususnya di kota Lusail. Nama sirkuitnya adalah Losail. Dan di kota Lusail inilah juga untuk pertama kalinya lomba balap roda dua kelas para raja itu diadakan di wilayah Timur Tengah pada tahun 2004. Kalender tahunan balapan notor tingkat dunia itupun terus bergulir di sana hingga beberapa tahun kemudian. Apa lagi yang menarik di acara tahunan itu ? Itu benar-benar layaknya seperti hiburan malam. Barangkali untuk para penikmat hiburan malam, MotoGP seri Qatar bisa menjadi alternatif lain. Para jago-jago balap yang sudah terbiasa turun berlaga di waktu siang hari, menemukan tantangan baru, harus menyesuaikan diri dengan kondisi malam hari dengan penerangan lampu yang ada di sekitar sirkuit dan trek balap, bukan sinar matahari. Tak jauh dari arena balap ada gurun yang sering menebarkan butiran pasir ke lintasan balap, karena tertiup angin. Settingan motorpun perlu penyesuaian khusus, berbeda dengan setelan motor untuk balapan di saat siang hari. Siapa yang berhasil menjadi juara pertama kali di sirkuit Losail, Qatar ? Dia adalah Sete Gibernau asal Spanyol. Spaniard yang menunggangi motor Yamaha tersebut sukses mengalahkan musuh bebuyutannya waktu itu yaitu jagoan asal Italia yang juga pembalap Yamaha, Valentino Rossi.
Selain balap motor MotoGP, sebetulnya ada event balap otomotif kelas dunia lain yang sudah berlangsung di kawasan Timur Tengah, yaitu balap mobil Formula 1 atau F1. Di Qatar jugakah balap F1 tersebut ? Bukan ! Tapi di negara Timur Tengah lain, yaitu Uni Emirat Arab dan satu lagi di Bahrain. Nah dengan demikian olahraga balap Motor MotoGP dan balap F1 sudah makin merambah ke negara-negara di luar Eropa dan Amerika. Bagaimana dengan Indonesia ? Sirkuit Sentul Bogor pada tahun 1997 pernah juga menggelar kejuaraan balap motor Motograndprix 500cc. Balapan yang dulunya pernah populer dengan sebutan GP500 itu adalah balapan sebelum berganti nama menjadi MotoGP. Selain Timur Tengah, negara-negara Asia lain yang sering menjadi tuan rumah antara lain : Jepang, Cina, Malaysia, Thailand dan Singapura.

 

Tentang MotoGP Lainnya :
Ada 4 pembalap yang sudah juara berkali-2. Siapa yang terbaik ? Baca di sini !


Apa yang akan terjadi jika Marc Marquez ganti merk motor ?

3 Negara Berikut eksis terus di balapan MotoGP, apa saja peran mereka ?

Tentang Nomor 1 di tunggangan sang juara

Rossi & Marquez memang berbeda. Tapi di samping itu ternyata mereka banyak punya kesamaan. Apa saja ? Baca yang berikut !

Mengenal kata-kata & istilah yang ada di acara lomba MotoGP

Istilah di MotoGP
Musik dan Lagu Yang Berikut, Paling Cocok Untuk Menyambut Sang Juara

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


lomba motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat)

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.