Gol Tandang, Perpanjangan Waktu Dan Adu Penalti.

Logo ucl

Gol tandang adalah gol yang dicetak oleh tim kesebelasan yang bermain di kandang lawan. Di kompetisi sepakbola liga Champions Eropa, gol tandang tersebut pernah jadi penentu kemenangan secara agregat sebuah tim atas lawannya walaupun kedua tim tersebut pada dua leg pertandingan berbagi total jumlah skor sama. Contohnya sebagai berikut :
Ada dua kesebelasan yaitu tim A dengan tim B. Di piala Champions Eropa, semua peserta harus melakukan dua kali pertandingan dengan tim yang sama. Ada dua leg. Pertandingan di kandang sendiri dan pertandingan di kandang lawan. Di leg pertama atau pertandingan pertama, tim A bermain di kandang tim B. Jadi tim A sebagai tim tamu dan tim B jadi tuan rumah. Pada pertandingan kedua, gantian tim A yang menjadi tuan rumah, sementara tim B yang bertandang ke markas tim A menjadi tim tamu. Peraturan baru UEFA untuk musim 2021-2022 dan selanjutnya, tentang gol tandang adalah jika :
Di kedua pertandingan tersebut kedua tim mendapatkan total skor yang sama, maka setelah pertandingan kedua yang berlangsung normal selama 90 menit berakhir, harus dilakukan 2 X 15 menit perpanjangan waktu tambahan atau extra-time. Dan jika di pertandingan 2 X 15 menit extra-time tersebut masih juga sama kuat, maka dilakukanlah adu penalti atau penalty shoot-out. Maksudnya total nilai skor yang sama misalnya :
Pertandingan pertama di kandang B berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim B dan di pertandingan kedua di markas tim A, skornya adalah 1-0 untuk kemenangan tim A. Totalnya skornya kan jadi 2-2, yang berarti seri atau draw. Nah, kalau mengikuti aturan lama, yang berhak maju ke fase berikutnya adalah tim A, karena tim A berhasil mencetak satu gol ketika bermain di markas tim B dan itu dinilai sebagai kelebihan tersendiri bagi tim A. Sementara tim B tidak berhasil mencetak gol ketika bermain di kandang A.
Untuk aturan baru musim 2021-2022 dan selanjutnya, yang ditetapkan UEFA, maka hasil total skor yang terjadi seperti dua pertandingan tersebut, dianggap seri biasa, meskipun tim A berhasil membuat gol tandang di kandang tim B dan tim B tidak membuat gol tandang di markas tim A. Dengan hasil seri tersebut maka untuk menentukan tim mana yang berhak lolos ke fase selanjutnya harus dilakukan pertandingan 2 X 15 menit perpanjangan waktu atau extra-time setelah pertandingan leg kedua berakhir. Dan jika di pertandingan 2 X 15 menit perpanjangan waktu tersebut masih juga sama kuat atau seri maka untuk penyelesaiannya dilakukanlah adu tendangan penalti atau penalty shoot-out.
Contoh total skor nilai lainnya untuk dua leg pertandingan adalah :
3-1 dan 0-2. Total skor jadi 3-3
3-2 dan 0-1. Total skor jadi 3-3
4-1 dan 0-3. Total skor jadi 4-4
Dan seterusnya.
Demikian penjelasan tentang aturan baru tentang gol tandang untuk penentu kemenangan yang tidak digunakan lagi untuk musim liga Champions Eropa 2021-2022 dan selanjutnya.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Serba-Serbi Piala Champions Dan Sepakbola Lainnya :
lap bola

Berhubungan dengan Sepakbola : Kompetisi – Liga – Turnamen – Kiper -Striker – Gelandang – Bek – Stadion – Wasit – Penalti – Sepak pojok – Playmaker – Kostum – Jersey – Hakim Garis – Suporter – Pelatih – Sponsor.

Negara-2 di Eropa : Inggris – Perancis – Belanda – Jerman – Italia – Rusia – Polandia – Swedia – Norwegia – Spanyol – Portugal – Austria – Swiss – Denmark – Finlandia – Yunani – Hongaria – Rumania – Bulgaria – Rep. Ceko – Serbia – Kroasia – Bosnia Herzegovina – Belgia – Dll

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.