Gelar Juara Dunia dan Juara Seri Lomba MotoGP. Apa bedanya ?


Penggemar MotoGP

Ada empat jenis gelar juara di kejuaraan balap motor MotoGP :
Juara Seri, Juara Dunia, Juara Kategori Tim dan Juara Dunia Konstruktor. Iya ! Penyelenggara lomba bukan hanya menghargai prestasi pembalap saja tapi juga kerja keras tim tidak bisa dilupakan begitu saja. Baiklah, tapi di artikel ini hanya untuk menjelaskan tentang juara yang diraih oleh pembalap saja, yaitu :
1. Juara Seri. Apa yang dimaksud juara seri ? Adalah gelar seorang pembalap yang menang lomba di salah satu sirkuit yang ditentukan oleh panitia penyelenggara. Dalam satu musim kejuaraan yang terdiri dari 20 seri, sejak MotoGP pertama kalinya digelar yaitu tahun 2001 hingga saat ini belum ada satu pebalap pun yang memenangi seluruh serinya. Ada lebih dari satu orang, terutama jika kekuatan peserta lomba cukup seimbang. Misalnya : Joan Mir dari tim Suzuki pebalap yang berhasil menjuarai seri MotoGP Spanyol di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia atau Seri MotoGP Perancis di sirkuit Le Mans dimenangkan oleh rider Ducati, Danilo Petrucci. Diakah juara dunianya ? Belum tentu ! Untuk pastinya, terus baca yang berikut.
2. Juara Dunia. adalah gelar atau titel yang diraih seorang pembalap setelah dia mengumpulkan poin dari hasil lomba seluruh seri yang ada yang diikutinya. Jumlah poin tentunya harus paling banyak dibanding pembalap lainnya. Bagaimana jika dia tidak ikut lomba di dua atau tiga seri, karena terjatuh atau hal lainnya dan tidak mendapat poin ? Tetap menjadi juara dunia, dengan syarat di seri-seri lainnya di sirkuit yang berbeda dia mendapat poin maksimal dan harus lebih banyak dari pembalap lain. Sekali lagi, poin paling banyaklah yang jadi penentu. Seperti juara dunia tahun 2020, Joan Mir. Rider Suzuki tersebut di musim balapan 2020 hanya sekali juara seri yaitu di sirkuit Valencia. Mir kalah dari Fabio Quartraro dan Franco Morbidelli yang masing-masing sudah memenangkan dua dan tiga seri MotoGP. Tapi karena Joan Mir selalu konsisten mendapat poin di setiap seri yang diikutinya dan lebih banyak dibanding Quartraro dan Morbidelli, maka Mir yang berhak jadi juara dunia.
 
Lebih Detil Tentang Poin Juara Dunia, Silahkan Sentuh Di Sini !
 
Momen di sirkuit Valencia tahun 2020 lalu bisa saja membuat beberapa kalangan penonton terutama yang masih awam, pasti agak bingung. “Lho kok yang juaranya dia ? (maksudnya Joan Mir). “Kan tadi yang finish duluan, motor yang itu.” (Franco Morbidelli). Saat itu memang tampil dua juara, yaitu juara seri yang diraih oleh Franco Morbidelli dan juara dunia Joan Mir. Poin yang diperoleh Joan Mir sudah tidak terkejar lagi oleh rider lain. Dan karena gelar juara dunia adalah puncaknya prestasi pembalap, maka wajar saat itu kamera dan perhatian lebih tertuju ke Joan Mir yang jadi pemenang titel juara dunia.
Jika dibandingkan juara seri, maka gelar atau titel juara dunia lah yang ingin diraih para pembalap yang ikut lomba balap.
Oke penggemar MotoGP, itulah penjelasan tentang juara MotoGP khususnya juara seri dan juara dunia.
 
Untuk penjelasan tentang juara kategori tim dan konstruktor, silahkan sentuh di sini.
 
Sebenarnya kategori-kategori juara seperti yang dijelaskan tadi juga berlaku di event lomba balap otomotif lain, seperti Superbike, Formula-1 dan lainnya.
 

Balap Motor

Lomba Balap Motor MotoGP
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix diadakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balap otomotip tingkat dunia ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.

Berikut adalah daftar para pembalap yang pernah memenangi lomba balapan ini dalam 20 tahun terakhir.

 

Baca Yang Lainnya :
lomba balap motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat).

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.