Final Antara Amerika Latin Lawan Eropa di Piala Dunia


Amerika Latin dan Eropa adalah dua benua di mana beberapa negara yang ada di sana menguasai cabang olahraga sepakbola. Menguasai dalam arti sudah pernah beberapa kali menang dalam perebutan supremasi di turnamen sepakbola piala dunia FIFA.
Salah satu bukti adalah beberapa pertemuan di partai final yang tampil sebagai finalis adalah dua kesebelasan yang berasal dari Amerika Latin melawan Eropa. Yang juara tentu saja hanya salah satu tim dari dua benua tersebut. Amerika Latin dikenal juga sebagai Amerika Selatan. Berikut beberapa pertandingan final yang pernah berlangsung :
Pertandingan babak final pertama antara tim Amerika Latin dengan kesebelasan Eropa terjadi di piala Dunia tahun 1958 di Swedia dan saat itu pula Brasil berhasil juara dunia di benua Eropa setelah menundukkan tuan rumah dengan skor 5-2. Brasil menjadi tim Amerika Latin yang juara dunia di tanah Eropa sekaligus menjadi gelar dunia pertama bagi mereka.
Di final yang kedua, Brasil mulai menunjukkan dominasi Amerika Latin atas tim Eropa yaitu ketika mengalahkan kesebelasan Cekoslovakia di partai pamungkas piala dunia di Cili pada tahun 1962. Cekoslovakia yang kini terbagi menjadi dua negara yaitu Republik Ceko dan Slovakia adalah salah satu negara di wilayah Eropa Timur.
Tahun 1970 di final piala dunia yang berlangsung di negara Meksiko, tim nasional Italia yang menjadi wakil benua Eropa, takluk pula atas Selecao Brasil dengan skor meyakinkan 1-4. Titel juara dunia untuk Brasil di tahun 1970 ini adalah yang ketiga dan menjadi negara pertama yang merengkuhnya.
Argentina yang bertindak sebagai tuan rumah piala dunia tahun 1978, berhasil meredam gaya total football nya Belanda di kota Buenos Aires. Hasil final Tim Tango versus Tim Oranye adalah 3-1. Itu gelar world cup yang pertama bagi Argentina dan menjadi negara yang ketiga asal benua Amerika Latin yang sukses di piala dunia setelah Uruguay dan Brasil.
Delapan tahun kemudian di turnamen sepakbola piala dunia tahun 1986 di Meksiko, Argentina kembali menundukkan tim Eropa lain yang menjadi salah satu kekuatan sepakbola Eropa, yaitu Jerman Barat dengan kemenangan tipis 3-2.
Namun empat tahun kemudian di Italia, timnas Jerman Barat membalas kekalahan mereka dari Argentina dan berhasil membungkam tim Tango di final piala dunia pada tahun 1990.
Piala dunia di Amerika Serikat menjadi saksi kekuatan jagoan asal Amerika Latin yaitu Brasil atas tim Eropa yaitu Italia di tahun 1994.
Namun empat tahun berikutnya di kota Paris, Perancis, kesebelasan Brasil yang masih kuat dan selalu diunggulkan, harus mengakui keunggulan Perancis di grand final tahun 1998. Mereka kalah 1-3 di final. Les Bleus menambah daftar negara Eropa yang berhasil menjadi juara dunia sepakbola FIFA.
Empat tahun kemudian kembali Brasil menaklukkan tim benua Eropa yaitu Jerman di pertandingan final piala dunia tahun 2002 di Korea Selatan-Jepang. Itu gelar kelima bagi Brasil di mana match-day nya berlangsung di luar benua Eropa dan Amerika Selatan.
Berselang dua kejuaraan kemudian pada tahun 2014, event empat tahunan piala dunia diselenggarakan di tanah benua Amerika Latin yaitu di kota Rio de Janeiro, Brasil. Finalnya mempertemukan timnas Jerman melawan Argentina dan dimenangkan oleh Jerman. Berarti tim asal Eropa yang pernah juara dunia di benua Amerika Latin adalah Jerman. Dan itu juga negara Eropa yang pertama.
Dari beberapa pertemuan final piala dunia antar tim sepakbola Eropa melawan kesebelasan asal Amerika Latin, untuk sementara Amerika Latin unggul dengan memenangkan tujuh pertemuan, yaitu pada tahun 1958, 1962, 1970, 1978, 1986, 1994 dan 2002. Sementara tim nasional dari Eropa menang di tiga pertemuan final, yakni pada tahun 1990, 1998 dan 2014.
Turnamen berikutnya yang tampil bisa saja finalis asal Amerika Latin bertemu menghadapi tim Eropa, bisa juga tidak. Bisa juga tim Amerika Latin yang belum pernah juara dunia melawan kesebelasan asal Eropa yang juga belum pernah juara dunia.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.