DUNIA SEPAKBOLA DI TAHUN 2000-an

Banyak yang menarik dan spesial dari arena sepakbola yang dimulai pada tahun 2000. Mulai dari yang pertama kalinya, yang kontroversinya dan rekor-rekor yang tak terduga. Teknik bermain sepakbola terkini secara mendasar masih seperti cara bermain yang sudah dilakukan sama seperti seabad yang lalu, tapi di sisi lain, setelah teknologi informasi yang berkembang spektakuler dengan internetnya di seluruh dunia, ada hal-hal yang berbeda terutama dari sisi hiburan. Sepakbola yang sebelum tahun 90-an identik dengan Amerika Latin dan Eropa, pada awal abad 21 situasinya sudah berubah. Berikut beberapa catatan-catatan penting peristwa sepakbola yang dimulai di penghujung era 90-an :

 
1. Pada tahun 2000, untuk pertama kalinya, sebuah turnamen sepakbola diadakan di dua negara. Itu terjadi ketika UEFA menunjuk Belanda dan Belgia menjadi tuan rumah piala Eropa. Yang menjadi juara adalah tim Perancis, maka Perancis adalah juara sepakbola pertama di era milenium ketiga.
2. Setelah piala Eropa tahun 2000, tuan rumah bersama di turnamen sepakbola piala dunia untuk yang pertama kali digelar di benua Asia dan di dua negara yaitu Jepang dan Korea Selatan di tahun 2002. Dan itu sekaligus juga untuk pertama kali, piala dunia diadakan di benua Asia. Yang juara di sana adalah kesebelasan Brasil. Berarti Selecao adalah juara piala dunia pertama di era milenium ketiga. Walaupun yang juara masih dari Amerika Latin, tapi dominasi sepakbola oleh dua kutub yaitu Eropa dan Amerika Selatan termasuk tuan rumahnya, sudah berakhir.
3. Menyusul kesuksesan Belanda dan Belgia menjadi tuan rumah bersama, secara beruntun piala Eropa berlangsung di dua negara yaitu pada tahun 2008 di Austria dan Swiss dan pada tahun 2012 di Polandia dan Ukraina. Khusus untuk Polandia dan Ukraina juga menjadi yang pertama kali turnamen piala Eropa diselenggarakan di Eropa Timur.
Info selengkapnya tentang juara-juara Piala Eropa.
4. Delapan tahun setelah piala dunia 2002, benua Afrika kebagian jatah untuk pertama kalinya menjadi penyelenggara kejuaraan piala dunia. Negeri yang ditunjuk pada waktu itu adalah Afrika Selatan. Meskipun begitu, yang menjadi juara masih dari Eropa yaitu Spanyol.
5. Selama periode tahun 2008 hingga 2012, Spanyol membuat sensasi dengan sepakbola. Gaya permainan unik mereka yang disebut dengan Tiki-Taka, berhasil mengantarkan mereka menjuarai sepakbola piala Eropa secara beruntun pada tahun 2008 dan 2012 dan piala dunia tahun 2010. Spanyol pun menjadi tim pertama yang menjadi juara piala Eropa secara berturut-turut.
6. Negara-negara Asia belum pernah ada yang menjuarai piala dunia putra. Tapi untuk piala dunia putri, tim Jepang berhasil memenangi piala dunia pada tahun 2011 setelah menundukkan Amerika Serikat melalui adu tendangan penalti dengan angka 3-1.
7. Setelah menjauh ke benua Afrika, tahun 2014 perebutan supremasi sepakbola kembali diadakan di salah satu kutub sepakbola dunia yaitu Amerika Latin. Brasil bertindak sebagai tuan rumah. Apa yang terjadi untuk pertama kalinya di sana ? Yaitu Jerman yang juara di sana adalah tim asal Eropa yang pertama kalinya menjuarai piala dunia di tanah Amerika Latin. Dan untuk tuan rumah, alih-alih ingin berpesta di depan pendukung fanatiknya sendiri sebagai juara, Brasil malah harus menanggung malu setelah kalah telak dari Jerman dengan 1-7 dan itu juga kekalahan terbesar pertama bagi tim Samba sekaligus membuktikan Brasil belum pernah menjuarai piala dunia di negerinya sendiri meski sudah memenangi gelar itu sebanyak lima kali.
Lebih detil : Catatan tentang Brasil di piala dunia.
8. Setelah gagal total di piala dunia tahun 2014, Brasil akhirnya sukses memperbaiki kesalahan dua tahun lalu itu setelah di Olimpiade Rio de Janeiro di tahun 2016, mereka menyabet medali emas di cabang sepakbola. Dan uniknya lawan yang ditundukkannya di partai final adalah tim sepakbola Olimpiade Jerman. Gelar hiburan untuk tim Samba melalui Olimpiade.
9. Dari arena piala dunia sepakbola putri. Bertolak belakang dengan performance tim putranya yang kesulitan bersaing di piala dunia, tim putri Amerika Serikat malah semakin bersinar setelah untuk yang ketiga kalinya menjuarai piala dunia sepakbola yang berlangsung di Kanada pada tahun 2015.
10. Tahun 2016 adalah menjadi pembuktian bagi Portugal, karena mereka memenangi gelar internasional pertamanya di turnamen Piala Eropa yang berlangsung di Perancis. Tuan rumah harus mengakui keunggulan Portugal dengan angka tipis 0-1. Seperti juga Spanyol, Portugal adalah kesebelasan yang memainkan sepakbola unik. Sejak dulu Portugal sering diisi oleh pemain-pemain yang berbakat dan berkualitas, seperti Eusebio, Luis Figo, Rui Costa, Ricardo Carvalho hingga Cristiano Ronaldo. Berbeda dengan Piala Eropa 2004 lalu, Portugal yang diperkuat oleh skuad generasi emasnya dan tampil meyakinkan di awal-awal kejuaraan namun malah kalah di partai final. Di Perancis, Portugal awalnya terseok-seok namun akhirnya sampai final dan sukses juara. Portugal pantas untuk mendapat giliran juara Piala Eropa. Bagaimana peluang mereka di Piala Dunia nanti ?
11. Pertama kali di Eropa TImur ! Itulah Piala Dunia 2018 Rusia. Negeri Beruang Merah itu memang pantas menggelar acara empat tahunan FIFA. Dan biasanya kalau ada acara yang untuk pertama kalinya, seperti turnamen sepakbola, pasti ada sesuatu yang spesial dan daya tarik tersendiri. Rusia berhasil menjadi juara ? Salah satu negara dari benua Asia atau Afrika, yang juara ? Atau yang juara adalah tim-tim yang sudah pernah juara tapi dengan cara yang berbeda ?
12. Yang menjadi tuan rumah ada 13 negara ? Ya ! Itulah Piala Eropa 2020. Ada yang spesial di turnamen empat tahunan. Apa sih yg spesial ? Dan negara mana aja yang ditunjuk jadi penyelenggara ? …

 
13. Pertama kali di Timur Tengah ! Itulah Piala Dunia tahun 2022 nanti di Qatar. Seperti apa yah suasana turnamen sepakbola di negeri kaya minyak itu, kira-kira ? Apakah akan selalu diadakan di malam hari seperti juga kejuaraan balap motor MotoGP di sana ? Bagaimana dengan suasana pertandingan yang berlangsung di siang hari ?
Begitulah sepakbola tahun 2000-an yang meski sudah berbeda tapi tetap eksis.
 

piala eropa

TUAN RUMAH ADA 12 NEGARA
Turnamen sepakbola Piala Eropa tahun 2020 adalah event yang sangat berbeda dari biasanya. Berbeda karena dilangsungkan di 12 negara. Apalagi yang membuatnya berbeda ?…

Opini dan Informasi Dari Arena Sepakbola Dunia Lainnya

Daftar Kata-kata Gaul dan Istilah di Sepakbola Dari Masa ke Masa

Kumpulan Artikel Yang Berhubungan dengan Olahraga Sepakbola

Informasi dan Opini Sepakbola Indonesia, Asia, Afrika dan Amerika
Informasi dan Opini Sepakbola Indonesia, Asia, Afrika dan Amerika

P L M 1 2 d o t C O M
 

 

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.

 

logo website plm12

Nama-nama Organisasi Sepakbola & Event-2 Sepakbola Dunia : FIFA – Liga Champions Eropa – UEFA – PSSI – Piala Dunia FIFA – Piala Afrika – AFC – CAF – Piala Eropa – Copa Amerika – CONMEBOL – Piala Libertadores – CONCACAF – Piala AFC – Nation League – J-League – Liga Indonesia – EUROPA League – Piala Dunia Sepakbola Wanita