Dunia Kesehatan dan Kecantikan Serta Kata Istilah Yang Umumnya


Di bidang kesehatan dan kecantikan, istilah-istilah terus berkembang. Iklan dan kampanye penyuluhan tentang pentingnya kesehatan yang disampaikan menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat umum. Bahkan beberapa kata istilah medis sudah jadi bahasa gaul bagi mereka untuk menceritakan keluhan kesehatan baik fisik maupun non-fisik atau mental. Meski demikian tentu saja perlu diagnosa dokter resmi lebih lanjut untuk memvonis penyakitnya. Selain itu bermunculannya kata dan istilah kesehatan dan kecantikan, digunakan pula untuk jenis pelayanan seperti klinik, rumah sakit, konsultasi kesehatan dan profesi di kantornya. Berikut ini beberapa.contoh :
AESTHETIC : Tentang keindahan, kecantikan dan penampilan yang enak dipandang. Misalnya juga tata rias wajah. Kata ini banyak terpampang di billboard klinik yang melayani perawatan kecantikan.
AGING : Berhubungan dengan kondisi tubuh yang telah tua. Juga perawatan kulit untuk memperlambat penuaan. Anti aging. Kata aging juga ada yang menggunakannya untuk komentar tentang wajah, misalnya : “Aging diwajahku kelihatan jelas kalau nggak make-up seperti biasa.”
AMNESIA : Lupa. Sering kelupaan. Misalnya diakibatkan oleh faktor usia. Kata amnesia ini sudah banyak digunakan dalam keseharian.
BALITA : Singkatan dari usia di Bawah Lima Tahun. Ini istilah lama yang lahir dari program kesehatan untuk anak-anak.
BODY : Tubuh. Badan, terutama bentuknya. Kata body biasa dipakai untuk yang berhubungan dengan latihan fitness dan juga untuk nama tempat latihan kebugaran tubuh. Bahkan ada juga yang memakai kata tersebut untuk ungkapan keluhan seperti : “Aku lagi nggak enak body nih.” Maksudnya sedang tidak sehat. Kata body juga sudah menjadi kata gaul asli bahasa Inggris yang dipakai oleh orang Indonesia.
 
Baca Lebih Lengkap : Kumpulan Kata Istilah Gaul Indonesia Yang 100 % Asli Dari Bahasa Inggris.
 
DARTING : Ini singkatan dari Darah Tinggi. Ini memang singkatan gaul untuk menyebut seseorang yang terkena penyakit tersebut, bahkan kadang-kadang digunakan juga untuk menyebut orang yang mudah emosi dan marah-marah yang dianggap terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.
DIABET : Sedikit lebih panjangnya adalah diabetes yang artinya penyakit gula. Sebutan di pergaulan sehari-hari karena ucapannya lebih cepat jadi diabet. Contoh : “Pak, kabarnya pak Eda dirawat, yah ? Sakit apa ?”
“Beliau kena diabet.”
FAT : Gemuk, gembrot. Tubuhnya tidak kurus, kurang proporsional. Terlalu banyak lemak di tubuh.
FIT : Keadaan atau kondisi fisik yang sehat dan stabil, tidak ada gangguan kejiwaan. Siap menjalani aktifitas normal.
FITNESS : Kebugaran. Ini juga dipakai untuk nama sebuah tempat latihan senam, fitness Center, dll.
FRESH : Keadaan fisik yang segar bugar. Penampilan yang menarik. “Ingin tetap tampil FRESH ? Olahraga yang teratur, makan bergizi dan istirahat cukup !
FOOD : Makanan, baik yang bergizi maupun yang kurang bergizi. Misal : fast food, junk food, seafood.
HAND BODY : Kata ini pertama kali muncul dari merek pelembab kulit yang kering. Karena semakin populer, maka kata hand body terus dipakai untuk menyebut cream dan sabun untuk solusi kulit yang kering agar menjadi lembab dan halus lembut.
HEALTHCARE : Perawatan kesehatan.
HEALTHY : Sehat. Berhubungan dengan kesehatan.
HOSPITAL : Artinya adalah rumah sakit. Kata ini makin banyak dipakai untuk nama rumah sakit, khususnya yang kelas internasional. Misalnya : NYAMAN INTERNATIONAL HOSPITAL
IMUN : Tubuh yang kebal terhadap serangan penyakit yang diakibatkan virus, bakteri dan infeksi. Kata istilah ini populer di masyarakat luas sejak pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Secara tidak langsung sudah menjadi kata gaul termasuk untuk iklan dan promosi, Contoh : “Biar tambah imun, makan yang bergizi dan rajin olahraga.”
 
Baca Lebih Lengkap Di Sini, Contoh Kata Istilah Gaul Lainnya Yang Dipakai Untuk Iklan & Promosi.
 
INSOMNIA : Satu keadaan seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Di keseharian, kata ini juga sering diucapkan mereka yang punya keluhan masalah kesehatan tersebut.
KOMA : Tidak sadarkan diri. Pingsan. Misalnya akibat kecelakaan berat.
MANULA : Singkatan dari Manusia Usia Lanjut. Orang yang usianya sudah tua.
MEDICAL : Terkait dengan pengobatan. Medical Centre = Pusat Pengobatan.
OD : Singkatan dari Over Dosis. Over dosis adalah kelebihan mengkonsumsi obat-obatan. Dianjurkan dokter hanya 2 kali sehari tapi diminum hingga 5 kali sehari misalnya. Berakibat efek samping yang luar biasa berbahaya. Istilah OD dalam pergaulan sehari-hari dipakai untuk menyebut seseorang yang pingsan karena kelebihan minum obat. Misalnya : “Kenapa dia sampai dirawat di RS ?” Jawabannya singkat yaitu : “OD !”
SALAH BANTAL : “Kamu kenapa ? Kok kayanya lehernya kaku begitu ?” “Iya…salah bantal semalam.” “Laah …bantal yang jadi salah.”. Jawaban “salah bantal” memang kadang terucap ketika mengalami sakit di bagian leher bawah dan sekitar pundak. Entah memang karena salah memilih bantal atau memang posisi tidur orangnya yang salah, sehingga lehernya terasa sakit, kaku.
 
Fenomena Sosial di Indonesia Dengan Kata Istilah Gaulnya Dari Masa ke Masa. Sentuh Di Sini.
 
SKIN CARE : Perawatan kulit. Peremajaan kulit. Dari mulai wajah, tubuh hingga kaki.
STRES : Berhubungan dengan kejiwaan dan mental yang sedang labil. Kata ini juga sudah menjadi kata gaul keseharian. Contoh : “Kamu kaya orang stres aja dari tadi ngomong teriak-teriak nggak karuan.”
TERAPHY : Cara untuk menyembuhkan atau metode untuk tujuan kesehatan.
VAKSIN : Kata ini jadi terkenal sejak virus Covid-19 mewabah di Indonesia dan akhirnya dipakai untuk pergaulan sehari-hari. Contoh penggunaan : “Win, kamu sudah vaksin belum ?” atau “Sudah divaksin belum ?”
VAKSINASI : Penyelenggaraan pemberian vaksin kepada orang-orang yang membutuhkan. Kata istilah ini juga terkenal di masa pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Contoh : “Di kecamatan ada apaan sih, ramai ?” “Ooo itu lagi ada VAKSINASI.”
Dan Lain-lain.
Peristiwa pandemi, secara tak langsung juga ikut menambah informasi pengetahuan bagi masyarakat tentang kesehatan, baik pencegahan dini maupun pengobatannya.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.