Dari Piala Dunia Yang Pertama Sampai Sekarang

Beberapa peristiwa dan kejadian serta catatan rekor yang tercipta dari awal penyelenggaraan piala dunia hingga yang terkini. Berikut diantaranya :
1. Uruguay adalah juara dunia pertama sekaligus tuan rumah yang pertama. Tapi setelah gelar keduanya yaitu di piala dunia 1950 diraih, mereka belum pernah juara lagi. Sebuah rekor penantian yang sangat panjang. Mungkinkah di Qatar nanti mereka akan berhasil juara lagi ?
2. Kesebelasan Brasil sudah mencatat rekor lima kali sebagai juara piala dunia, tapi ironisnya ternyata mereka belum pernah sekalipun mengangkat piala dunia di kandangnya sendiri. Masih penasaran ?
3. Turnamen piala dunia sepakbola FIFA sempat terhenti setelah tahun 1938 di Prancis, akibat berkecamuknya perang dunia kedua. Perang lagi ..perang lagi.
4. Setelah perang selesai, sepakbola dunia berlanjut lagi pada tahun 1950 di Brasil, yang juara pada saat itu adalah kesebelasan Uruguay. Politik boleh saja berubah, tapi sepakbola tetap jadi hiburan yang seruu…
5. Timnas Brasil akhirnya menggondol Piala Jules Rimet secara permanen setelah sukses menjadi negara yang pertama memenangi piala dunia sebanyak tiga kali yaitu tahun 1958, 1962 dan tahun 1970.
6. Di awal tahun 70-an, lahirlah gaya sepakbola impresif yang disebut Total Football yang berciri menyerang yang diperkenalkan tim oranye Belanda dengan maestronya Johan Cruyff pada tahun 1974 di Jerman, namun ironisnya, sejak tahun 1970 sampai sekarang, Belanda belum pernah juara dunia sekalipun.
7. Insiden saling meludah antara penyerang timnas Jerman Barat, Rudi Voeller dengan pemain belakang Belanda, Frank Rijkaard di perempat final piala dunia 1990 Italia, berujung dengan dikartumerahkannya kedua pemain andalan tersebut. Jerman Barat akhirnya memenangkan game tersebut dengan 2-1.
8. Boleh jadi piala dunia 1990 adalah arena berkumpulnya Tridente atau trio maut terhebat sepanjang sejarah piala dunia. Trio asal timnas Belanda, Jerman Barat dan Argentina bertarung adu kehebatan untuk membela timnya masing-masing.
9. Rekor finalis tiga kali beruntun tercatat dibuat oleh Jerman Barat yaitu pada piala dunia 1982, 1986 dan tahun 1990.
10. Negeri Paman Sam Amerika Serikat menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 1994. Yang menjadi juara pada event tersebut adalah tim Samba Brasil setelah di final mengalahkan Azzuri Itali melalui adu penalti.
11. George Weah menjadi satu-satunya pemain terbaik dunia FIFA asal Afrika. Tapi Weah belum pernah turun bermain di putaran final Piala Dunia. Weah adalah pemain tim nasional Liberia.
12. Final tim penuh talenta versus tim penuh bakat terjadi ketika kesebelasan Perancis bertemu Brasil di piala dunia Perancis tahun 1998. Prancis yang keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1. Zinedine Zidane, Didier Deschamps, Fabien Bartez, Ronaldo, Cafu, Dunga, Denilson dll.
13. Pada tahun 2002 turnamen piala dunia untuk pertama kalinya diadakan di benua Asia. Yang ditunjuk menjadi tuan rumah yaitu Korea Selatan dan Jepang. Itulah untuk pertama kalinya turnamen akbar sepakbola diadakan di dua negara. Kapan negara Asia lain menyusul ? Kapan Indonesia ?
14.. Pertandingan antara tim Panser Jerman melawan Kamerun pada penyisihan group di piala dunia 2002 di Jepang-Korea, adalah partai yang terbanyak dikeluarkannya kartu pelanggaran. Wasit yang memimpin saat itu mengeluarkan delapan kartu kuning dan dua kartu merah. Dalam pertandingan tersebut Jerman berhasil mengalahkan Kamerun dengan 2-0. Partai panas ..!
15. Prestasi tertinggi negara Asia di turnamen sepakbola piala dunia dicapai oleh Korea Selatan di piala dunia 2002, ketika mereka berhasil menempati posisi ketiga di bawah Brasil, Jerman dan Turki. Kapan tim nasional Indonesia menyusul ?
Arena Piala Dunia, Best Player, Top Scorer & Update Info Lainnya

Para Senior dan Mantan Pemain Top dan Komentarnya ?

Apa yang kurang dari Tim Samba Brasil ? Berikut infonya !

Ada Trio Maut, ada Playmaker dan lain-lainnya yang unik dari pesepakbola dunia.

Lagu tema piala dunia dari Shakira :”Waka-waka”

16. Jerman keok lagi waktu lawan Italia di semi final piala dunia 2006 di Jerman. Belum pernah menangnya Jerman lawan Itali sejak tahun 1982 memunculkan istilah “kutukan Italia atas Jerman”. Jerman perlu waktu 34 tahun untuk mengakhiri kutukan itu, ketika mereka akhirnya berhasil mengalahkan Azzuri Italia di perempat final piala Eropa 2016 Perancis.
17. Selama periode 2008 sampai 2012, sepakbola dihebohkan Spanyol dengan permainan sepakbola yang spektakuler. Gaya permainan tim Matador itu disebut “Tiki-Taka” yang hanya menempatkan satu orang striker saja di depan. Dengan gaya bermain itulah, Spanyol secara beruntun menjuarai tiga turnamen bergengsi secara beruntun, dua kali piala Eropa pada tahun 2008 dan tahun 2012 dan piala dunia untuk pertama kalinya bagi mereka di tahun 2010.
18. Tahun 2010 menjadi spesial bagi dunia olahraga di benua Afrika, khususnya Afrika Selatan, karena untuk pertamakali FIFA menunjuknya sebagai tuan rumah piala dunia sepakbola.
19. WAG (Wives and girlfriend). Yaiut pasangan atau istri dari para pemain yang selalu datang ke stadion nonton. Bersama anak-anaknya, mereka memberikan semangat kepada para pemain yang sedang turun di lapangan hijau.
20. Brasil dan Jerman adalah dua kesebelasan unggulan yang sangat pede jika pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti. Rekor kemenangan mereka di piala dunia dalam penentuan menang kalah yang membutuhkan mental individu yang kuat tersebut adalah 100 persen.
21. Tridente atau trio pemain asal Belanda dan Perancis yang disegani oleh kesebelasan manapun di Eropa dan dunia, ternyata harus mengakui ketangguhan tim Panser Jerman di piala dunia 1982 Spanyol dan di Italia pada tahun 1990. Mereka adalah Ruud Gullit, Frank Rijkard dan Marco van Basten dari Belanda dan Michelle Platini, Alain Giresse dan Jean Tigana asal Prancis. Di tahun 90 itu, Jerman Barat juga diperkuat oleh trionya yaitu Lothar Matthaus, Andreas Brehme dan Jurgen Klinsmann.
Baca lebih lengkap tentang Tridente atau trio maut di sini.
22. Sejak meraih juara piala dunia pada tahun 1966, Inggris yang mengklaim dirinya sebagai negerinya sepakbola, belum pernah lagi juara sepakbola paling top tersebut. Bahkan The Three Lions, julukan dari timnas Inggris belum pernah pula menjuarai piala Eropa.
23. Jerman Barat adalah satu-satunya kesebelasan yang mampu tiga kali secara beruntun menjadi finalis piala dunia. Yang pertama di Spanyol pada tahun 1982 lalu di Meksiko pada tahun 1986 dan di Italia tahun 1990, sekaligus menjadi juara dunia.
24. Diego Maradona adalah fenomena di dunia sepakbola. Di tahun 1986 di Meksiko, dia menyundul bola dengan tangan kirinya, namun wasit yang pandangannya terbatas mensahkan gol tersebut. Tapi gol Maradona yang kedua membuktikan kehebatannya sebagai pesepakbola. Dengan melewati beberapa orang pemain Inggris, melakukan solo run dan mencetak gol spektakuler.
25. Polandia, Rumania dan Bulgaria adalah tiga tim kejutan asal Eropa Timur di piala dunia pada tahun 1982, 1990 dan 1994. Mereka sempat mengalahkan tim-tim unggulan seperti Jerman Barat dan Argentina.
26. Dari beberapa negara bekas pecahan Yugoslavia, kesebelasan Kroasia yang paling sukses berprestasi di piala dunia. Di tahun 1998 di Prancis, Kroasia yang diperkuat oleh Davor Suker, Robert Prosinecki, Igor Stimac dkk, berhasil menjadi juara ketiga di bawah Prancis dan Brasil.
27. Pele asal Brasil adalah pemegang rekor pemain termuda yang turun bermain di piala dunia. Pada saat World Cup di Swedia tahun 1958, sang legenda seribu gol itu usianya baru memasuki 18 tahun.
28. Meskipun belum pernah tampil sebagai juara dunia, namun salah satu negara di Amerika Tengah, Meksiko sudah dua kali teriplih menjadi tuan rumah piala dunia, yaitu pada tahun 1970 dan tahun 1986.
29. Sepanjang sejarah penyelenggaraan piala dunia dari yang pertama kali, sudah empat kali penentuan juara dunia dilakukan dengan cara adu penalti yaitu : Jerman melawan Honggaria tahun 1954, lalu Inggris menghadapi Jerman Barat tahun 1966 kemudian Brasil versus Italia tahun 1994 dan Italia melawan Perancis pada tahun 2006.
30. Pele, Maradona, Lothar Matthaus dan Zinedine Zidane adalah para pemain dengan kostum jersey nomor sepuluh untuk masing-masing tim juara dunianya, yaitu Brasil, Argentina, Jerman Barat dan Perancis.
31. Jerman adalah tim nasional asal benua Eropa yang pertama kali yang menjuarai piala dunia di tanah Amerika Latin yaitu di Brasil pada tahun 2014.
32. Mario Kempes, Karl Heinz Rummenigge, Roger Milla, Ruud Gullit, Giuseppe Signori dan Cristiano Ronaldo adalah beberapa pemain piala dunia yang pernah berkunjung ke Indonesia.
33. Lothar Matthaus, pemain tengah asal Jerman sudah pernah bermain di lima piala dunia yang berbeda. Gelandang yang membawa Jerman Barat menjuarai piala dunia 1990 tersebut bermain mulai piala dunia 1982, 1986, 1990, 1994 dan 1998. Catatan tersebut merupakan rekor bagi seorang pemain yang bermain di lima piala dunia yang berbeda.
34. Gelar juara dunia untuk yang kelima kalinya bagi Brasil diraihnya ketika piala dunia berlangsung di benua Asia yaitu di Jepang-Korea Selatan pada tahun 2002.
35. Pemegang rekor juara dunia sepakbola terbanyak, Brasil ternyata bukan jago kandang, karena gelar yang mereka raih semuanya didapat ketika bermain di kandang lawan. Tim Samba Brasil pertama kali juara dunia ketika bermain di Swedia pada tahun 1958, kedua di Chili tahun 1962, gelar ketiga di Meksiko pada tahun 1970, gelar keempat di tahun 1994 di Amerika Serikat dan yang kelima di Korea Selatan Jepang pada tahun 2002.
36. Dan Brasil adalah tim yang selalu kalah di partai final piala dunia ketika bermain di kandang sendiri. Ketika menjadi tuan rumah piala dunia 1950, mereka dipermalukan oleh Uruguay di stadion Maracana Rio de Janeiro dan terpaksa harus puas di posisi runner-up. Yang terakhir ketika Selecao dikalahkan dengan telak 7-1 oleh Jerman pada partai semi final piala dunia 2014 di stadion yang sama juga.
37. Jerman adalah tim nasional asal benua Eropa yang pertama kali yang menjuarai piala dunia di tanah Amerika Latin yaitu di Brasil pada tahun 2014.
yang diraihnya, seluruhnya ketika mereka bermain di kandang lawan. Dan Brasil adalah tim favorit yang sering dipermalukan di kandangnya sendiri. Ketika bermain di final piala dunia di negerinya sendiri, mereka dipermalukan oleh tim Uruguay stadion Maracana Rio de Janeiro dan terpaksa harus puas di posisi runner-up. Yang terakhir ketika Selecao dikalahkan dengan telak 7-1 oleh Jerman pada partai semi final piala dunia 2014 di stadion Maracana Rio de Janeiro juga.
38. Meskipun turnamen sepakbola piala dunia sudah berulangkali diadakan di benua Eropa, namun tahun 2018 untuk pertama kalinya turnamen digelar di Eropa Timur 39. Piala Dunia Rusia mungkin event sepakbola terdingin sepanjang sejarah FIFA. Bagaimana dengan piala dunia di Antartika dan Arktik serta Greenland ? Akankah terjadi nanti ?
40. Piala Dunia Rusia mungkin event sepakbola terdingin sepanjang sejarah FIFA. Bagaimana dengan piala dunia di Antartika dan Arktik serta Greenland ? Akankah terjadi nanti ?
41. Piala Dunia di Amerika Serikat dan Afrika Selatan mungkin yang terpanas sepanjang sejarah piala dunia. Lalu…gimana dengan Timur Tengah ? Yang selalu panas baik hawanya dan juga politiknya ? Akankah terjadi ?
42. Di Qatar ! piala dunia tahun 2022 akan berlangsung. Negeri inilah yang menjadi tuan rumah piala dunia nanti dan yang pertama kali di Timur Tengah.
Seperti yang terjadi setelah piala dunia 1938 lalu, perang berkecamuk. Tapi 12 tahun setelah itu sepakbola berlanjut. Namanya juga hiburan. Business as usual.
Selamat nonton bola piala dunia ! Nobar …Nobar …!

 

sepakbola piala dunia

JUARA PIALA DUNIA 2018
Skuad tim nasional Perancis di piala dunia Rusia 2018 : Hugo Lloris (Kapten Kesebelasan) – Benjamin Pavard – Presnel Kimpembe – Raphaël Varane – Samuel Umtiti – Paul Pogba – Antoine Griezmann – Thomas Lemar – Olivier Giroud – Kylian Mbappé – Ousmane Dembélé – Corentin Tolisso – N’Golo Kanté – Blaise Matuidi – Steven Nzonzi – Steve Mandanda – Adil Rami – Nabil Fekir – Djibril Sidibé – Florian Thauvin – Lucas Hernández – Benjamin Mendy – Alphonse Areola. Pelatih kepala : Didier Deschamps

Pemain terbaik Piala Dunia, Pencetak Gol Terbanyak & Kabar terbaru Piala Dunia yang lainnya.

 

 

Bola Dunia

Nama-Nama Organisasi Sepakbola :
FIFA – UEFA (Eropa) – PSSI (Indonesia) – CAF (Afrika) – AFC (Asia) – AFA (Argentina) – CBF (Brasil) – DFB (Jerman) – FA (Inggris) – FIGC (Italia) – FFF (Perancis) – LFP (Spanyol) – CONCACAF (Amerika) – CONMEBOL

Acara dan Event-Event Sepakbola :
Piala Dunia FIFA – Liga Indonesia – Piala Copa Amerika – Liga Champions Eropa – Sepakbola Olimpiade – Liga Primer Inggris – Piala Eropa Antar Negara – Piala AFC – Liga Seri-A Italia – Sepakbola Asian Games – Piala Afrika – Piala Dunia Wanita – Nations League – Piala Libertadores – Liga EUROPA – Liga Primera Spanyol – Bundesliga Jerman – Piala Konfederasi – J- League – Major League Soccer Amerika – Charity Shield – Piala FA – Friendly Match – Exhibition – Sepakbola SEA Games.