Daftar Istilah Kata-kata Gaul dari Masa ke Masa Dan Keanehannya

Percakapan yang dilakukan orang sehari-hari, yang disebut dengan kata-kata gaul, berbeda dari masa ke masa. Pengaruh dari istilah bahasa Asing, teknologi komunikasi, penggunaan untuk kepentingan bisnis dan promosi serta pemakaian di berbagai lapisan masyarakat yang menjadi tren, bisa ikut mempengaruhi perubahannya. Begitulah realita sosial. Sebagai contoh, berikut adalah daftar kata-kata gaul dan istilah serta sedikit penjelasan yang berhubungan dengan perkembangannya. Daftar ini hanya kumpulan kata-kata gaul yang kontroversial, bukan seluruh kata istilah gaul. Maksudnya kontroversial adalah arti kata sebenarnya dengan penggunaan di kata istilah gaul jadi jauh berbeda dan aneh bahkan lucu :
AKUA : Ini adalah salah satu merk minuman air mineral dalam kemasan pertama yang terkenal di Indonesia. Begitu terkenalnya maka kata akua ini dipakai untuk menyebut minuman air putih mineral dalam kemasan, apapun mereknya. Namun dengan semakin banyaknya merek lain, pemakaian kata tersebut perlahan-lahan menghilang.
AMPAW : Kata ini populer untuk menyebut hadiah berupa amplop yang isinya duit. Awalnya kata-kata ampau sering terdengar di saat Imlek atau perayaan tahun baru Cina.
BAJINGAN : Sebutan untuk seseorang yang kelakuannya kurang baik dan merugikan orang lain. Entah darimana dan siapa yang pertama kali menggunakan kata bajing ini. Bajing adalah salah satu jenis hewan yang tidak buas. Sebagai contoh, barangkali para pembaca ada yang pernah mendengar orang yang mengucapkan kalimat gertakan seperti ini :”Eh !! Asal lu tau aja yeh, gue ini mantan bajingan !..”
BAPER : Kata ini adalah kependekan dari TerBAwa PERasaan. Kata sifat dari seseorang yang gampang tersinggung akibat candaan seorang temannya, sering emosi dan terlalu sensitif akan situasi yang terjadi di sekelilingnya.
BODONG : Untuk orang Betawi dan Jakarta pada umumnya arti kata bodong sebenarnya adalah puser atau tali pusat yang ada di perut yang belum terpotong secara sempurna dan masih terlihat menonjol keluar. Tapi kemudian kata bodong ini juga dipakai untuk menyebut surat-surat berharga seperti sertifikat, BPKB dan surat penting lainnya yang palsu atau tidak resmi. Misalnya ada yang berkata seperti berikut : “Itukan motor bodong, nggak ada BPKBnya !” atau Mobil itu surat-suratnya bodong yaitu palsu”.
BUAH BIBIR : Istilah ini pernah populer di masa lalu terutama di media masa, seperti di berita-berita di koran dan televisi. Artinya adalah “jadi bahan perbincangan”, jadi omongan orang banyak. Kalau di dunia maya atau internet, kurang lebih sama dengan trending topic. Contoh pemakaiannya misalnya : “Kelakuan artis yang tampil rada gokil itu menjadi BUAH BIBIR di masyarakat.”
CASAN : Orang Indonesia menggunakan kata benda ini untuk menyebut alat pengisi ulang power batere ponsel atau baterei HP yang sudah low, sudah lemah. Asal kata berasal dari bahasa Inggris yaitu “charge”, pengucapannya “carzh”. Alatnya disebut dengan “charger”. Awalnya banyak yang menggunakan kata “charger”, lalu berubah menjadi “chargeran” (baca:carjeran). Tapi entah darimana asal muasalnya dan siapa yang pertama kali mengucapannya, akhirnya kata “chargeran” berubah menjadi “casan”. Sementara untuk kata kerjanya menjadi “diCAS” atau “ngeCAS”
CELANA LEPIS : Ini untuk menyebut celana yang terbuat dari bahan serat jeans, khususnya yang berwarna biru. Asal katanya mulanya berasal dari celana merek yang terkenal yaitu LEVI’S (Baca:lifais). Begitu terkenalnya merk yang berasal dari Amrik tersebut, maka apapun mereknya, selain merek LEVI’S, kalau melihat celana berbahan serat seperti itu, orang Indonesia menyebutnya dengan istilah “Celana Lepis”.
DIASAPI : “Kayak daging aja yah, diasapi”. Tapi ini khusus untuk lomba balap motor. Kata ini digunakan untuk menyebut pebalap yang ketika sedang kebut-kebutan posisinya dibelakang lawannya. Karena berada di belakang lawan maka dia terimbas terkena asap knalpot motor yang ada di depannya.
Lebih lengkap tentang istilah balap motor khususnya motogp, Silahkan Sentuh atau Klik Link Ini !
DIKACANGIN : Entah kenapa nama salah satu kuliner nikmat ini dipakai untuk bahasa gaul, tapi yang pasti kalau kita dibilang “dikacangin” artinya kita sedang diledek, dibully dan sejenisnya, pokoknya nggak ngenakin deh.
EMBER : Adalah sebuah kata benda yang fungsinya untuk mengambil air. Tapi di pergaulan, ada yang memakai kata ini untuk menyebut seseorang yang bicaranya tidak hati-hati. Contoh : “Dia itu mulutnya ember, nggak bisa jaga rahasia. Kata ember ada juga yang menggunakannya untuk pengganti kata respon “memang”.
FER-FERAN : Artinya adalah berterus terang, secara jujur dan terbuka apa adanya. Asal katanya berasal dari bahasa Inggris yaitu FAIR. Maka sesuai dengan gaya pergaulan sehari-hari orang Indonesia, maka cara pemakaiannya diplesetkan menjadi “Fer-Feran”. Contoh pemakaiannya misalnya : “Gue mau FER-FERAN aja yah sama loe soal yang kemaren …”. Dan lain-lain.
GANG SENGGOL : Istilah ini untuk menyebutkan atau bahkan sudah terlanjur menjadi nama sebuah jalan atau gang yang lorongnya sangat sempit, yang hanya cukup untuk dilalui satu orang saja, maka ketika sedang melalui lorong atau gang itu, lalu berpapasan dengan orang lain dari arah yang berlawanan pasti akan terjadi senggolan.
GARING :Arti sebenarnya kata sifat ini adalah makanan kering yang renyah, misalnya keripik dan rempeyek. Tapi untuk kata-kata gaul, kata garing dijadikan sebutan untuk guyonan dan lawakan yang sudah tidak lucu lagi karena sudah sering terdengar.
GERAH : Kata sifat ini arti aslinya untuk menyatakan tubuh panas berkeringat karena panas matahari, baik ketika sedang di dalam ataupun di luar ruangan. Tapi ada kata gaul yang memakai istilah “gerah” ini untuk menerangkan suasana nggak nyaman karena kehadiran seseorang atau kelompok orang yang galak atau berkuasa. Misalnya : “Kalo udah datang orang-orang itu, hawanya udah gerah aja dah !”
GOPE : Dipakai untuk menyebut nilai mata uang rupiah lima ratus perak. Entah karena banyak yang nggak mau repot untuk mengucapkannya atau yang lainnya, biasanya orang-orang termasuk anak-anak kecil menyebutnya dengan gope.
INDOMI : Digunakan untuk menyebut mie instan dalam kemasan, apapun mereknya.
JALAN TIKUS : Jalan alternatif untuk menghindari jalan utama yang sedang dalam situasi macet parah. Biasanya yang disebut JALAN TIKUS ini adalah jalan pedalaman di kampung-kampung atau rumah-rumah komplek penduduk.
JAMAN NOW : Gabungan antara bahasa Indonesia dengan Inggris yang artinya jaman sekarang.
KECIPRATAN : Mendapat uang atau rezeki dari orang yang mendapat rezeki juga. Misalnya dari obyekan proyek. Nah orang yang kebetulan mengikuti proses obyekan tersebut bisa juga kecipratan rezeki. Itulah yang disebut dengan uang denger. Lalu kenapa harus menggunakan kata yang berasal dari kata CIPRAT yang arti sebenarnya adalah terkena genangan air yang terlempar ke tubuh ? Begitulah kata istilah gaul.
KOMPOR : Ini adalah salah satu kata benda yang gunanya untuk memasak. Ciri-cirinya ? Karena memakai bahan bakar maka jadi panas karena mengeluarkan api, kecuali kalau dimatikan. Tapi dalam kata gaul, kompor ini dipakai untuk menyebut seseorang yang perkataannya provokatif, bikin suasana nggak nyaman dan membuat panas orang lain. “Hati-hati ! Dia itu kompor, suka manas-manasin orang, ngomporin orang.
KOREK : Khusus untuk para perokok, istilah gaul ini dipergunakan untuk menyebut lighter, yaitu alat pemantik api untuk membakar rokok, padahal arti kata korek tidak nyambung sama sekali dengan lighter itu dan cara menyalakan alat itu juga tidak dengan cara dikorek. Barangkali karena sudah terbiasa yang dulunya menggunakan korek api yang berbentuk batang-batang kecil seperti korek kuping.
KEPO : Ini istilah populer di media sosial yang artinya adalah seseorang yang bersifat terlalu ingin tahu urusan orang.
LAMPU MERAH : Lampu untuk pengatur lalu lintas yang terdiri dari 3 warna, merah, kuning, hijau. Tapi orang jarang sekali, bahkan belum pernah terdengar orang menyebut dengan istilah lampu hijau atau kuning. Contoh penggunaannya misalnya : “Banyak sekali orang berkerumun di dekat LAMPU MERAH perempatan”
LOPE : Asal katanya “LOVE”, dari bahasa inggris. Bagi orang yang kurang terbiasa mengucapkan bahasa Inggris, begitulah menyebutnya. Sebutan untuk lambang gambar hati.
Lebih Komplit ! Kata Asli Bahasa Inggris Yang Dipakai Seadanya Untuk Istilah Gaul Orang Indonesia
MAGER : Ini sebuah singkatan dari males gerak yang artinya seseorang yang memang sedang malas untuk pergi kemana-mana, bisa karena situasi yang nggak jelas, jalanan macet atau sedang tidak sehat dan lain-lain.
MATRIAL : Asal kata material, artinya barang-barang untuk proses produksi, Namun kata matrial ini sudah terlanjur populer jadi sebutan untuk toko penjual bahan-bahan bangunan dan perlengkapannya, yaitu toko Matrial. Misalnya : “Kalo mau beli paku yang lengkap yaa di matrial sana”
MERUMPUT : Ini khusus untuk istilah olahraga sepakbola. Seorang pemain bola yang bermain membela tim tertentu ada yang menyebut dengan istilah “merumput”. Misal : “Cristiano Ronaldo pernah merumput di stadion Santiago Bernabeu membela klub Spanyol, Real Madrid”.
Lebih Lengkap Istilah Gaul Sepakbola
MIRING :Ini adalah kata sifat yang menyebutkan sebuah benda yang berdiri tapi tidak tegak lagi. Sementara dalam kata istilah gaul, kata miring ada yang dipakai untuk menyebutkan kelakukan seseorang yang di luar batas, tidak normal dan kontroversial. Misal : “Kelakuan MIRING orang itu yang membuatnya jadi viral di media sosial”
MOLOR : Dipakai sebagai kata kerja yang sama dengan tidur. Entah asal katanya dari bahasa Indonesia atau bahasa daerah, Sunda misalnya. Tapi kata ini juga jadi sering digunakan untuk keadaan waktu yg tidak tepat atau terlambat.
NgeBLENG : Dipakai untuk menerangkan kondisi pikiran atau otak seseorang yang tiba-tiba hilang ingatan, tapi bukan gila, hanya kehilangan ide untuk berpikir. Misalnya seorang pelajar yang ketika sedang ulangan umum jadi lupa semua, padahal malamnya sudah hafal. Asal katanya adalah BLANK, dari bahasa Inggris yang artinya hampa, kosong.
OBAT NYAMUK : Menerangkan obat untuk membasmi atau membunuh nyamuk. Sebetulnya obat anti nyamuk, tapi entah karena untuk lebih ringkas, maka banyak orang menyebutnya dengan OBAT NYAMUK, kesannya jadi obat untuk nyamuk yg sedang sakit agar cepat sembuh.
ORANG PINTER : Kata istilah ini pernah dipakai oleh masyarakat untuk menyebut seseorang yang punya keahlian khusus untuk mengatasi masalah yang dialami oleh orang yang sedang mengalami masalah yang aneh dan tidak masuk akal. Orang Pinter ini ahli di bidang pengobatan sakit jiwa alternatif atau non-medis.
OTW : Singkatan dari On The Way yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya sedang dalam perjalanan menuju ke sebuah lokasi.
PAIT : Asal kata pahit yang merupakan kata sifat. Tau tasa pahit ? Nggak enak kan ? Meski yang pahit-pahit ada juga untuk obat. Kata pahit ini kemudian karena jadi kata pergaulan diucapkan menjadi pait. Yang artinya situasi yang nggak enak yang dialami seseorang, misalnya nggak dapat apa-apa. Contoh : “Jalan sama dia mah pait, ngga ada duitnya !”
PRE : Berhenti sementara dari aktifitas, misalnya sekolah dan pekerjaan sehari-hari. Asal katanya berasal dari bahasa Inggris yaitu FREE yang artinya bebas. Free artinya bisa juga gratis alias tidak bayar. Kata libur Pre ini termasuk istilah jadul.
RUSUH : Asal kata RUSH dari bahasa Inggris yang artinya, sibuk, gaduh. Di Indonesia dipakai untuk menggambarkan keadaan yang kacau balau. Contoh : Kerusuhan.
SABETAN : Penghasilan yang didapat dari luar kerjaan yang biasa rutin diterima. Boleh juga disebut dengan upah kerjaan sampingan. Apa arti kata SABET pada awalnya ? Hampir semua orang pasti tau artinya.
SELFI : Memotret diri sendiri, biasanya dengan kamera yang ada di ponsel. Asal kata nya berasal dari bahasa Inggris yaitu “SELF” yang artinya “sendiri”. Dengan munculnya teknologi ponsel berkamera, maka lahirlah istilah “Selfi” tersebut. Istilah ini digunakan hampir di seluruh dunia.
SEMPROT : Digunakan untuk seseorang yg dimarahi oleh bosnya. “Pagi-pagi bos tiba-tiba marah-marah nggak karuan, gw jadi kena “SEMPROT” juga”. Kata SEMPROT sebetulnya adalah mengeluarkan air secara keras melalui selang.
SITU : Kata pengganti untuk kamu atau anda. Kata “situ” biasanya dipakai untuk menyapa orang yang belum saling mengenal atau juga sudah saling mengenal untuk menegur sapa. Contoh pemakaian : “Situ sekarang tinggalnya di mana ?”
SOLASI : Sejenis pita plastik untuk merekatkan kabel listirk atau kertas. Solasi pada mulanya berasal dari kata isolasi yang artinya tertutup dan terlindung dari sesuatu yang berasal dari luar. Kurang jelas sejak kapan, kata istilah solasi digunakan untuk menyebut benda tersebut.
STIM : Mencuci kendaraan dengan cara disemprot air bercampur uap. Kata Stim aslinya berasal dari bahasa Inggris yaitu “STEAM” yang artinya uap. Contoh pemakaian : “Pak, motornya kotor banget, “diSTIM” aja biar bersih”
TEH BOTOL : Digunakan untuk menyebut minuman teh manis dalam kemasan botol, apapun mereknya. Awalnya ada satu merek pertama yang membuat minuman teh manis dalam botol. Karena menjadi terkenal, maka ketika muncul produk minuman sejenis dalam kemasan botol, disebut juga dengan istilah teh botol. Dalam perkembangan terakhir, istilah teh botol ini sudah semakin tidak populer karena semakin banyaknya minuman teh dalam bentuk kemasan botol plastik dan gelas plastik.
WARTEG : Mulanya adalah singkatan dari warung Tegal yaitu rumah makan kecil yang dimiliki orang Tegal, Jawa Tengah. Makin lama warung Tegal ini makin banyak yang buka dan makin populer, ditambah lagi ada orang yang menyebutkan warung tegal ini dengan cara disingkat menjadi warteg, maka warung makan kecil yang seperti itu jadi disebut warteg. Belakangan penyebutan warung tegal sudah tidak ada lagi. Misal seorang teman bertanya : “Ntar siang kamu mo makan di mana ?” Jawaban : “Di warteg yang di seberang jalan aja yuuk, enak makanannya !”
Beberapa istilah dan kata-kata yang ada dalam daftar di atas, sudah sangat jarang sekali dipakai bahkan sudah tidak digunakan lagi alias punah. Meskipun begitu bisa saja kata-kata yang pernah ada di masa lalu akan kembali dipakai lagi oleh generasi masa kini. Perubahan secara perlahan-lahan atau secara cepat untuk kata-kata gaul dan istilah sehari-hari yang dipakai oleh masyarakat akan terus berlangsung. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi komunikasi seperti media sosial di internet yang semakin mudah dijangkau oleh banyak orang melalui gadget ponsel yang tidak terlalu mahal.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Istilah-2 Berikut Pernah ada di Jaman Dulu

Kata-kata dan Istilah Sehari-hari Yang Berhubungan dengan hari Libur

Asli Bahasa Inggris Apa adanya Untuk Pergaulan di Indonesia

Sepakbola & Daftar Istilah Gaulnya Dari Jaman ke Jaman
Sepakbola & Daftar Istilah Gaulnya Dari Jaman ke Jaman

Lomba Balap MotoGP & Kata Istilah Yang Sering Dipakai
 

PLM12.com

Life Style, Istilah & Kata-kata Gaul Sehari-hari

Olahraga, Informasi & Opini

Kiat-Kiat, Tips-Trik & Cara-cara

Fenomena, Hiburan dan Serba Serbi

Tentang B L O G dan W E B S I T E

 


Berhubungan dengan bahasa : Kamus – Linguistik – Terms – Puisi – Aphorism – Pantun – Peribahasa – Perumpamaan – Dictionary – Dialog – EYD – Kata Baku – Tafsir – Bahasa Etnik – Language – Lingo – Dialek – Logat – Kosa Kata – Komunikasi – Interaksi – Words – BiLingual – Grammar – Translate – Terjemahan – Hasil serapan – Conversation.