Cerita dari Lomba Balap Motor MotoGP

Arena balapan roda dua paling keren MotoGP bisa memunculkan peristiwa-peristiwa yang biasa dan ada juga yang di luar dugaan bahkan terkesan sebuah misteri, seperti juga di sepakbola yang penuh dengan kejutan. Berikut beberapa catatan yang pernah terjadi di arena motor yang dijuluki kelas para raja tersebut :
1. Rekor finish paling rapat dalam sejarah GP500 terjadi ketika Michael Doohan dan Alex Criville menyentuh garis finish di Republik Ceko pada tahun 1996. Untuk menentukan pemenangnya dibutuhkan analisa melalui foto finish.“Hmm..klo sekarang jaman HP canggih, lbh banyak bukti lagi”
2. Tahun 2001 adalah lomba motor kelas 500cc terakhir diselenggarakan yang kemudian diganti oleh motor dengan jenis mesin berkapasitas 990cc empat langkah. Lomba itu juga berganti nama menjadi MotoGP dengan pembalap yang pertama kali menjuarainya adalah Valentino Rossi.“No problemo, kata Rossi”
3. Sejak tahun 2009 hingga sekarang belum ada satupun pembalap juara motogp yang memakai nomor 1 pada motornya. Juara dunia terakhir yang menggunakan nomor satu pada motornya adalah Casey Stoner di tahun 2008. Ada apa dengan angka satu ?
4. Marc Marquez, pebalap asal Spanyol dari tim Repsol Honda, merupakan rookie yang paling sukses di kelas motogp, di mana dalam debutnya di kelas utama tersebut dia berhasil menjadi juara dunia pada tahun 2013. Maka dia dijuluki “Baby Allien”

Informasi Hasil Lomba & Klasemen Pembalap MotoGP Tahun ini

Daftar Para Juara Lomba Motograndprix dalam 20 Terakhir

Daftar Kata & Istilah Yang sering digunakan di lomba MotoGP & Artinya.

Antara Doohan, Rossi, Stoner dan Marquez, siapa yang terhebat ?

5. Italia dan Spanyol adalah negara asal pembalap yang paling banyak ikut berlaga di arena balap motor motogp. Apa yang terjadi dengan motogp tanpa rider Itali dan Spanyol ?
6. Sejak awal karirnya di kelas utama moto grandprix, Valentino Rossi juara dunia tujuh kali motogp asal Italia, memiliki 3 nama julukan yaitu Rosifumi, Valentinik dan The Doctor. Julukan yang pertama sebagai tanda ngefans sama pembalap Jepang Norifumi Abe.
7. Dani Pedrosa adalah pembalap bertubuh mungil yang harus menunggangi motor besar dan dia sukses bersaing dengan pebalap yang posturnya jauh lebih tinggi. Tinggi badan Dani Pedrosa asal Spanyol itu adalah kurang lebih 155 cm. Semoga ada pembalap Indonesia yang lebih tinggi dari Dani, bisa menyamai prestasinya.
8. Kecepatan tertinggi motor motogp yang pernah dicapai adalah 342 km per jam yang dibuat oleh motor Ducati Desmosedici yang dikendarai oleh Loris Capirossi. Tapi sayangnya, begitu belok, motor susah diajak asik.
9. Di tahun 2016, Valentino Rossi adalah pebalap tertua yang mampu bersaing di jajaran terdepan di antara pembalap muda seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan lain-lain. Rossi lahir bukan di sirkuit tapi terlahir untuk balap di sirkuit.
10. Di arena balap Motogp belum pernah ada juara dunia asal negeri Asia, padahal merk motor-motor terbaik yang dipakai di kelas utama itu berasal dari salah satu negeri Asia, yaitu Jepang. Sebuah misteri yang belum terungkap ?
11. Cassey Stoner, pembalap Australia ini merupakan juara dunia motogp yang mengundurkan diri di usianya yang belum 30 tahun dan di masa puncak karirnya. Ada apa dengannya ? Kok buru-buru ?
12. Tahun 1997 merupakan tahun dominasinya Mick Doohan pembalap asal Australia, di mana di musim tersebut pembalap tim Repsol Honda itu memenangi 12 dari 16 seri yang digelar. Itu mah sama juga borongan.
13. Tadayuki Okada adalah pembalap Motogp asal Jepang yang waktu itu masih bernama GP500, yang menjuarai seri balapan yang diadakan di Sirkuit Sentul Indonesia pada tahun 1997. Kapan yah Indonesia bisa ngadain lagi ?
14. Valentino Rossi dan Cassey Stoner adalah pembalap motogp yang pernah menjadi juara dunia dengan dua merk motor yang berbeda. Bahkan Rossi juara dengan motor Honda dan Yamaha secara beruntun, yaitu tahun 2003 kemudian setelah pindah ke tim Yamaha pada tahun 2004. Padahal selama 12 tahun, sejak pembalap Eddie Lawson memenangi kejuaraan bersama Yamaha, belum pernah ada lagi rider yang juara bersama Yamaha. Sementara Stoner memakai Ducati dan Honda. Itukah syarat untuk menjadi pembalap hebat ?
Banyak kejadian-kejadian lain yang terjadi selama berlangsungnya acara tontonan hiburan dari salah satu cabang otomotif itu. Balap motor bukan cuma adu cepat mesin saja tapi juga yang lainnya, seperti kelakuan manusianya khususnya para rider. Namanya juga hiburan.
 

 

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.

 

Balap Motor

Kejuaraan Balap Motor seri MotoGP adalah salah satu jenis olahraga otomotif. Motor-motor yang digunakan adalah prototype, jadi tidak dijual di pasar bebas. Kapasitas mesin yang pertama adalah 500cc kemudian diganti menjadi 990cc lalu berganti lagi menjadi 800cc dan yang terakhir kembali memakai kapasitas 990cc.