Cara Menentukan Juara Dunia Kategori Tim dan Konstruktor di MotoGP


Penggemar MotoGP !

Selain juara dunia untuk kategori pembalap, pihak penyelenggara resmi lomba balap motor MotoGP juga akan menganugerahkan dua penghargaan lain, yaitu Juara dunia kategori tim dan Juara dunia kategori.konstruktor.
Untuk yang kategori tim, pemenangnya akan diperebutkan oleh seluruh tim peserta lomba, misalnya : Repsol Honda, Petronas Yamaha, Pramac Ducati, Honda Gresini,Yamaha Monster Energy dan lain-lain.
Bagaimana penentuan juaranya ? Sama seperti cara menentukan juara untuk kategori pembalap, yaitu jika berhasil finish maka dapat poin lah tim tersebut. Contoh : Marc Marquez dari tim Repsol Honda berhasil menjuarai seri MotoGP Laguna Seca, Amerika. Maka selain Marc Marquez yang mendapat poin, timnya pun yaitu Repsol Honda otomatis mendapat poin juga di Laguna Seca.
“Ooo begituu…”
“Iyaa…tapi..tunggu dulu !… Ada lagi.. ”
Khusus untuk juara kategori tim ada tambahan poin lain. Darimana ? Dari rekan satu tim Marc Marquez, misalnya Stefan Bradl. Seandainya Bradl juga berhasil finish, maka tim Repsol Honda mendapat tambahan poin lain. Dari Marc Marquez dapat poin yaitu 25, dari Stefan Bradl pun dapat 20 (jika dia finish ke-2). Jadi kesimpulannya adalah jika dalam satu tim ada dua orang pembalap, seperti tim Repsol tadi, maka poin untuk kategori tim didapat dari total dua pebalap tersebut. Bagaimana jika salah satu pembalap ada yang tidak finish ? Tentu saja tim Repsol hanya dapat poin dari yang berhasil finish saja. Untuk besar nilai poinnya tergantung urutan berapa si pembalap tersebut menyentuh garis finish.
 
Lebih Lengkap Tentang Poin MotoGP. Sentuh Di Sini.
 
Kemudian untuk yang kategori konstruktor, itu berhubungan dengan merk mesin motor. Apapun nama timnya, tapi kalau memakai mesin dengan merk sama, akan dihitung sebagai satu peserta untuk kategori konstruktor. Misalnya : Mesin motor merk Yamaha dipakai oleh 3 tim balap MotoGP, yaitu : Tim Petronas, Tim Red Bull dan Tim Movistar. Maka ketiga tim tersebut terhitung sebagai satu peserta, karena sama-sama menggunakan mesin merk Yamaha. Bagaimana penentuan juaranya ? Yaitu dengan melihat yang mana finish paling depan. Maksudnya paling depan bukan juara satu, tapi yang terdepan diantara ketiganya. Misalnya yang finish paling depan adalah rider dari tim Petronas, maka konstruktor Yamaha hanya berhak mendapat poin dari rider tersebut. Sementara pembalap tim Red Bull dan Movistar, meskipun berhasil finish, tapi karena posisinya di belakang rider tim Petronas, tidak mendapat poin untuk konstruktor Yamaha. Begitu juga untuk konstruktor yang menggunakan merk mesin yang lain.
Sebetulnya penganugerahan seperti juara kategori tim dan konstruktor ada juga di hampir seluruh lomba balap otomotif.
Demikian penjelasan singkat untuk menentukan juara dunia kategori tim dan kategori konstruktor. Di waktu-waktu mendatang bisa saja pihak penyelenggara resmi lomba balap mengadakan perubahan tentang kriteria-kriterianya.
 

Balap Motor

Lomba Balap Motor MotoGP
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix diadakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balap otomotip tingkat dunia ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.

Berikut adalah daftar para pembalap yang pernah memenangi lomba balapan ini dalam 20 tahun terakhir.

 

Baca Yang Lainnya :
lomba balap motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat).

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.