Cara Membantu Teman Yang Sedang Murung

Teman kamu sedang galau ? Itu bisa saja karena beberapa sebab. Kamu belum tau apa penyebab yang pasti. Namun untuk langkah-langkah pertama menghadapinya adalah sebagai berikut :

1. Buang perasaan yang ingin menghindarinya.
Hadapi semuanya, temanmu adalah seseorang tempat bersenang-senang dan tempat curhat ketika sedih. Melihat teman yang sedang murung sedih memang bisa membuat kamu ikut larut sedih. Jika menghindarinya atau bahkan menyerah, bukan hanya kamu yang akhirnya jadi sendirian, karena seseorang yang sedang dirundung masalah seperti teman tadi biasanya jadi lebih suka menyendiri. Jika akan terjadi seperti itu, pastikan untuk tidak membiarkannya sendirian.

2. Kendalikan dirimu.
Jangan merasa marah, frustrasi atau sedih terhadap keadaan yang membuat teman itu sedih menderita. Karena jika sikap kamu seperti itu, maka kehadiran disisinya malah membuatnya makin memburuk. Sikap pesimis juga bisa membawa malapetaka sendiri secara emosional. Jaga dirimu dan harus terkendali bahkan jika teman itu bisa memancing emosi. Ingat ! Pikiran temanmu itu masih dalam keadaan kalut. Kamu tidak bisa memecahkan masalah dan tidak akan mengerti mengapa hal yang buruk bisa terjadi.

3. Biarkan dia bicara atau curhat sepuasnya.
Kamu tidak perlu merespon omongan curhatnya apalagi memotongnya, temanmu itu hanya perlu kehadiran seseorang. Tak perlu menyelesaikan apapun, cukup dengarkan dulu dia bicara. Biasanya yang dia mau dengar dari respon kamu adalah: “Kamu benar !”, “Kamu benar”.

4. Jangan cerita tentang dirimu sendiri.
Sesuatu yang hebat bisa saja terjadi dalam kehidupan kamu dan dia adalah orang yang pertama yang ingin diceritakan. Namun kali ini kamu harus berhenti sejenak dan tanya pada diri sendiri: “Apakah saat ini waktu yang pas untuk bercerita kepadanya tentang aku?”

5. Ini ok bahwa itu tidak ok
Belajar bersahabat dengan situasi tidak nyaman adalah latihan yang panjang dalam hidup. Tidak ada obat yang mujarab bagi kita yang bisa dipakai. Semua tergantung sisi pandang. Bukanlah keadaan yang mendefinisikanmu tapi kamu yang harus mendefinisikan keadaan.
 

(Sumber : https://makeitultrapsychology.wordpress.com/)

 

Logo Plm12COM

Tentang :
Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G