Cara Agregat Untuk Menang di Piala Champion, Resmi Telah Dirubah

Logo ucl

Mulai musim 2021-2022 dan selanjutnya, perhitungan nilai untuk menang di arena sepakbola liga Champions Eropa kini berbeda lagi dengan musim sebelumnya yang menganut sistem gol tandang. Cara agregat dengan agresifitas gol di kandang lawan untuk menentukan tim mana yang berhak maju ke babak selanjutnya telah diganti jika di pertandingan leg pertama dan leg kedua, kedua kesebelasan berbagi skor sama. Bagaimana perubahannya ? Setiap tim peserta yang harus melakukan pertandingan dua kali melawan tim yang sama itu tetap sama. Pertandingan kandang dan tandang. Tapi hasil dari dua pertandingan tersebut jika hasil skor totalnya seri, misalnya 2-1 dan 0-1, atau 3-1 dan 2-0, pertandingan tetap dianggap seri dan harus dilakukan perpanjangan waktu 2×15 menit hingga adu penalti, jika masih seri juga. Jadi tim kesebelasan yang membuat gol di kandang lawan, tidak menjadi penting, tidak berpengaruh. Sebagai contoh ada dua tim, tim A dan tim B. Berikut gambarannya :
Di pertemuan pertama, tim A bertanding melawan tim B di kandang tim A. Dalam arti tim A menjadi tuan rumah dan tim B menjadi tim tamu. Ada beberapa keadaan yang akan terjadi, yaitu :
1. Jika hasil pertandingan itu tim A berhasil mengalahkan tim B, maka tim A akan mendapat poin 3, sementara tim B tidak mendapatkan poin. Meski menang, tim A belum aman, karena masih ada satu pertandingan lagi atau leg kedua melawan tim B di kandang tim B.
2. Jika di game kedua di markas tim B, tim A menang lagi, maka tim A mendapat poin 3 lagi dan total poinnya 6 setelah ditambahkan poin kemenangan di pertandingan pertama sebelumnya. Dan sudah pasti tim A melenggang mulus ke babak berikutnya menghadapi tim lain.
3. Bagaimana jika tim A hanya bermain seri atau draw di kandang tim B ? Tim A tetap lolos ke babak selanjutnya karena mereka telah mendapat poin 3, sewaktu menang leg pertama di markas sendiri ditambah poin seri yaitu 1 dan total menjadi 4. Sementara tim B hanya mendapatkan poin 1.
4. Lalu bagaimana jika di pertandingan kedua, tim A kalah bermain di kandang tim B ? Maka di sinilah yang terjadi perubahan dan berbeda dengan sistem musim sebelumnya. Penentuan kesebelasan mana yang berhak lolos adalah dengan cara melakukan 2×15 menit perpanjangan waktu atau extra-time. Dan kalau masih seri juga, harus dilakukan adu penalti atau penalty shoot-out. Penjelasan detailnya sebagai berikut :
Kalau sewaktu bermain di kandang sendiri tim A menang 2-1 atas tim B dan sewaktu leg kedua di kandang tim B, tim A kalah 0-1, maka kalau mengikuti aturan lama yaitu gol tandang, maka tim B yang berhak lolos ke fase berikutnya. Tapi mulai musim 2021-2022 dan selanjutnya, hasil dua leg pertandingan tersebut dianggap seri atau draw. Maka sesuai aturan baru, untuk menentukan kesebelasan mana yang berhak lolos ke fase berikutnya adalah dengan cara melakukan pertandingan perpanjangan waktu 2×15 menit atau yang disebut dengan istilah extra time setelah 90 menit pertandingan leg kedua berakhir. Nah setelah di extra time tersebut ada salah satu tim yang menang, dalam arti membuat gol lebih banyak hingga selesai, maka tim itulah yang berhak lolos ke babak selanjutnya. Bagaimana jika di 2×15 menit extra time, kedua tim masih juga sama kuat ? Maka untuk menentukan tim mana yang lolos ke fase berikut adalah dengan cara adu penalti atau penalty shoot-out. Tata cara adu penalti tentunya sama dengan seperti di turnamen piala duia FIFA dan piala Eropa.
Baiklah bola fans, itu tentang perubahan cara agregat gol tandang di liga Champions Eropa untuk menentukan tim peserta mana yang berhak lolos ke babak berikutnya.
 
Nilai poin dalam sepakbola :
Menang : 3
Seri : 1
Kalah : 0
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Serba-Serbi Piala Champions :
lap bola

Berhubungan dengan Sepakbola : Kompetisi – Liga – Turnamen – Kiper -Striker – Gelandang – Bek – Stadion – Wasit – Penalti – Sepak pojok – Playmaker – Kostum – Jersey – Hakim Garis – Suporter – Pelatih – Sponsor.

Negara-2 di Eropa : Inggris – Perancis – Belanda – Jerman – Italia – Rusia – Polandia – Swedia – Norwegia – Spanyol – Portugal – Austria – Swiss – Denmark – Finlandia – Yunani – Hongaria – Rumania – Bulgaria – Rep. Ceko – Serbia – Kroasia – Bosnia Herzegovina – Belgia – Dll

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.