Cabang Olahraga, Nama dan Jenisnya


Penggemar olahraga,

Yang berikut adalah nama cabang olahraga yang umum dilombakan dan dipertandingkan baik tingkat nasional maupun internasional, seperti PON, SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

Anggar. Cabang olahraga ini selalu ada, terutama di Olimpiade. Anggar bahasa Inggrisnya adalah fencing. Ini olahraga keterampilan.
Atletik. Di pesta olahraga Olimpiade, inilah salah satu cabang olahraga yang rutin dipertandingkan. Terdiri dari : Lari 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1000 meter, maraton, lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru, lontar martil, lompat galah, lompat jauh, lompat tinggi. Atletik (athletics) adalah induknya dari seluruh cabang olahraga. Dari cabang atletik, bisa banyak mendulang perolehan medali.
Angkat besi dan Angkat berat. Olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan fisik ini juga selalu bisa disaksikan di multi sport seperti Olimpiade, Asian Games dan lain-lain. Ada beberapa kelas yang dilombakan. Dengan begitu potensi meraih beberapa buah medali, sangat terbuka. Weightlifting adalah bahasa Inggrisnya angkat berat.
Balap kuda. Jenisnya ada lomba kecepatan dan ketangkasan. Olahraga ini kolaborasi antara orang dengan hewan.
Balap sepeda. Ada yang berlangsung di arena velodrome ada pula di jalan raya.
Binaraga. Keindahan bentuk otot dan tubuh adalah andalan untuk olahraga ini.
Bilyar.
Bola basket. Olahraga ini sangat populer karena NBA nya, tapi pesta olahraga Olimpiade dan Asian Games juga menggelar pertandingan bola basket atau basketball ini.
Bola voli. Cabang olahraga yang setiap timnya terdiri dari enam orang ini juga diadakan di Olimpiade dan pesta olahraga antar negara lainnya. Volleyball adalah bola voli dalam bahasa Inggrisnya.
Bulu tangkis. Di Indonesia populer juga disebut badminton. Di Olimpiade, Indonesia pernah beberapa kali menyabet medali emas di cabang bulutangkis ini. Salah satu andalan Indonesia dalam mendulang medali, termasuk medali perak dan perunggu,
Catur.
Dayung. Biasanya berlangsung di sungai dan danau. Rowing (bahasa Inggrisnya dayung) adalah olahraga lomba kecepatan.
Dirgantara.
Diving.
Gerak jalan. Ini jenisnya adalah lomba. Banyak acara-acara yang diisi dengan lomba gerak jalan.
Golf.
Gulat. Dalam bahasa Inggris disebut juga wrestling.
Hockey. Ada yang berlangsung di musim biasa ada pula yang berlangsung di musim dingin.
Judo. Ini salah satu beladiri yang di pertandingkan di event resmi.
Karate. Ini juga salah satu jenis beladiri yang di pertandingkan di event resmi.
Kempo.
Loncat indah. Berlangsung di kolam renang. Ketinggiannya pun bervariasi.
Menembak.
Otomotif. Ada yang bersicat lomba adu kecepatan ada yang bersipat reli adapula yang untuk keterampilan.
Panahan.
Panjat tebing.
Pencak silat. Beladiri ini khas asal Indonesia.
Power boating.
Polo.
Polo air.
Renang. Cabang olahraga jenis lomba ini selalu ada di Olimpiade. Di cabang renang ada beberapa nomor yang dilombakan. Seperti juga di cabang atletik, dari renang bisa banyak perolehan medali yang diraih oleh kontingen.
Rugby.
Selancar angin.
Selancar ombak.
Senam. Dalam cabang olahraga senam juga ada beberapa nomor yang dilombakan. Dengan demikian potensi untuk meraih banyak medali, bisa didapat di cabang ini.
Sepakbola.
Sepak takraw.
Ski air.
Ski Es.
Taekwondo
Tenis.
Tenis meja.
Terjun payung.
Tinju.
Thriatlon.
UFC.
Ada beberapa kontingan dari negara tertentu, sangat mengandalkan cabang olahraga tertentu untuk mendapatkan medali, baik emas, perak maupun perunggu.
 

Serba-Serbi OLIMPIADE Lainnya :
Olympic Games

Pesta Olahraga terbesar di dunia Olimpiade tahun 2020 berlangsung di Tokyo, Jepang. Diikuti oleh kontingen dari hampir seluruh negara di dunia. Olimpiade pertama diadakan di kota Athena, Yunani.

Pesta Olahraga Olimpiade bisa mempererat hubungan antar bangsa. Selain itu banyak yang positif dari acara empat tahunan tersebut. Dari mulai sportifitas, teknologi, bisnis, pariwisata, kebudayaan dan informasi tentang internasional lainnya.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.