Bola Piala Dunia dan Negara Yang Pernah Menjadi Juara

Salah satu cabang olahraga yang paling banyak mengundang penonton adalah sepakbola. Berbagai turnamen dan kompetisi diadakan di seluruh dunia sesuai dengan wilayah dan organisasi sepakbolanya masing-masing. Semua itu di bawah pengawasan FIFA sebagai induk organisasinya. FIFA sendiri setiap empat tahun mengadakan event turnamen yang menjadi puncak prestasi sepakbola yaitu piala dunia atau World CUp. Ajang ini diikuti oleh negara-negara dari seluruh dunia yang lolos seleksi kualifikasi sebelumnya. Meskipun tidak semua negara bisa ikut turnamen karena tidak lolos kualifikasi, namun kejuaraan ini tetap menjadi tontonan dan hiburan tersendiri bagi hampir seluruh negara di dunia. Mulai kapan sih, piala dunia sepakbola diadakan ? Mulai tahun 1930 ! Berikut untuk lebih lengkapnya :
 
1. Piala dunia sepakbola pertama kali diadakan di Uruguay pada tahun 1930. Sukses sebagai tuan rumah Uruguay juga berhasil menjuarai piala dunia itu. Salah satu negara di benua Amerika Latin ini di final mengalahkan kesebelasan Argentina dengan skor 4-2. Amerika Serikat yang akhir-akhir ini prestasinya turun naik malah berhasil menempati urutan ke tiga.
 
2. Empat tahun kemudian Italia mendapat jatah menjadi tuan rumah piala dunia yang kedua yaitu tahun 1934. Timnas Italia yang terkenal dengan sebutan Azzurri kemudian berhasil menjuarainya. Di final mereka menundukkan Cekoslovakia dengan 2-1. Cekoslovakia adalah negara di Eropa Timur yang kini sudah terpisah menjadi Ceko dan Slovakia.
 
3. Turnamen sepakbola Piala Dunia FIFA yang ketiga diadakan pada tahun 1938 di Perancis. Italia yang sebelumnya menjadi kampiun, kembali menjadi pemenang event besar itu. Maka Italia tercatat sebagai negara yang pertamakali menjadi juara dunia berturut-turut sebanyak dua kali. Di partai final Azzuri mengalahkan kesebelasan Hongaria dengan 4-2. Saat itu juga menjadi rekor bagi pelatih Italia, Vittorio Pozzo. Dua kali secara beruntun menjadi pelatih yang menang piala dunia.
 
4. Karena situasi politik di Eropa yang gonjang-ganjing akibat perang dunia ke-2 yang mempengaruhi seluruh dunia, pentas dunia sepakbola sempat terhenti. Sampai tahun 1950 turnamen dilanjutkan lagi. Brasil bertindak sebagai penyelenggara kejuaraan dan untuk pertama kali. Keuntungan menjadi tuan rumah gagal dimanfaatkan oleh mereka. Malah juga Brasil dipermalukan oleh Uruguay di depan suporter fanatiknya sendiri dengan skor 2-1. Uruguay pun juara untuk yang kedua kalinya.
 
5. Setelah situasi kembali kondusif, piala dunia dimulai lagi di tahun 1954. Swiss kebagian jatah menjadi tuan rumah. Sementara Jerman Barat, negara yang sembilan tahun lalu itu porak poranda akibat perang dunia ke II, berhasil menjadi pemenang piala dunia untuk yang pertama kalinya. Di final, Jerman Barat menekuk tim Hongaria dengan skor tipis 3-2. Waktu itu negara Jerman sudah terpisah menjadi Jerman barat dan Jerman Timur.
 
6. Event piala dunia berikutnya pada tahun 1958 di Swedia, Brasil sukses menjuarai piala dunia untuk pertamakali. Di final, tim Samba ini mengalahkan tuan rumah Swedia dengan 5-2. Saat itu Brasil diperkuat oleh seorang pemainnya yang kemudian menjadi legenda sepakbola, dialah Pele, yang masih berusia 17 tahun. Kemenangan ini juga menjadi spesial karena diraihnya di benua Eropa, karena pada saat itu kutub sepakbola sudah mulai terbentuk antara Amerika Latin dan Eropa.
 
7. Cili salah satu negara di Amerika latin berkesempatan menjadi tuan rumah World cup pada tahun 1962. Tim mana yang jadi juara ? Brasil lag i ! Dengan skor 3-1 mereka menundukkan kesebelasan Cekoslovakia. Brasil juara dua kali berturut-turut. Dua tahun sebelumnua yaitu tahun 1960, untuk pertamakalinya digelar turnamen sepakbola ngetop lainnya, Piala Eropa UEFA di negara Uni Soviet.
Baca : Yang juga spektakuler, Info Juara-juara Piala Eropa!
 
8. Turnamen bergengsi piala dunia berlanjut di Inggris pada tahun 1966. Inggris yang terkenal dengan sebutan The Threee Lions, memenangi piala dunia untuk pertama kalinya. Di grand final merekan menaklukkan Jerman Barat dengan 4-2. Karena ketatnya pertandingan antara kedua tim, pertandingan harus diselesaikan dengan perpanjangan waktu karena selama 90 menit, mereka berbagi angka 2-2. Saat itulah untuk pertama kalinya perpanjangan waktu untuk menentukan juara dunia diterapkan. Tim Inggris waktu itu diperkuat oleh pemain-pemain hebat seperti Geoff Hurst, Bobby Moore dan lain-lain.
 
9. Tuan rumah piala dunia 1970 kembali ke benua Amerika yaitu Meksiko. Brasil yang sepakbolanya sangat konsisten sukses menundukkan kesebelasan Italia, dengan angka meyakinkan, 4-1. Brasil akhirnya membuktikan menjadi yang terhebat di dunia sepakbola karena menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya sekaligus menjadi rekor baru sebagai negara yang pertama kali meraihnya. Tim Samba dianugerahi piala Jules Rimet oleh FIFA.

Kabar dari Arena Piala Dunia, Pemain Terbaik, Top Scorer & Informasi Lainnya

Para Senior dan Mantan Pemain Top dan Komentarnya ?

Para Pesepakbola Dunia dan segala hal yang menarik dari mereka.

 
10. Tahun 1974 turnamen piala dunia berlangsung di Jerman Barat. Franz Beckenbauer membawa tim tuan rumah Jerman Barat menjuarainya dan merupakan gelar dunia yang kedua untuk mereka. Pencetak gol terbanyak saat itu adalah Gerd Mueller. Di partai final Jerman barat bertemau Belanda dan mengalahkannya dengan skor 2-1. Belanda tampil dengan gaya sepakbola Total Football yang berciri menyerang, salah satu pemain terkanalnya yaitu Johan Cruyff.
 
11. Kembali ke Amerika latin yaitu di Argentina pada tahun 1978. Tim Tango Argentina yang diperkuat oleh Mario Kempes, Osvaldo Ardiles dan lain-lain berhasil juara untuk yang pertama kali dengan mengalahkan tim Oranye Belanda dengan 3-1. Gonjang ganjing politik yang belum lama terjadi di dalam negeri seakan tidak mempengaruhi semangat para pemain Argentina untuk berprestasi tinggi di sepakbola.
 
12. Spanyol kebagian jatah menjadi tuan rumah piala dunia tahun 1982. Italia yang diperkuat oleh Paolo Rossi, Dino Zoff, Marco Tardelli dan lain-lain, menjadi jawara dengan melibas timnas Jerman Barat, 3-1. Gelar Italia untuk sepakbola dunia menjadi tiga kali. Piala dunia saat itu untuk pertama kalinya terjadi adu penalti di semi final antara Jerman Barat dengan Perancis, dengan pemenangnya adalah Jerman Barat dengan skor 5-4.
 
13. Fenomena muncul di piala Dunia 1986 Meksiko. yaitu Diego Maradona. Dia berhasil mengantarkan tim tango Argentina juara dunia sepakbola untuk yang kedua kalinya. Di final mereka menekuk tim Jerman Barat 3-2. Diego Maradona dengan kontroversinya dan juga aksi spektakulernya menjadikan turnamen sepakbola piala dunia saat itu terlihat sangat spesial.
 
14. Piala dunia tahun 1990 digelar di Italia. Jerman Barat secara beruntun tiga kali menjadi grand finalis sejak tahun 1982. Tim panser yang dimotori oleh Lothar Matthaus, Andreas Brehme dan Jurgen Klinsmann, membalas kekalahan mereka dari Argentina di Meksiko empat tahun sebelumnya dengan menang tipis 1-0 yang terjadi lewat titik penalti oleh Andreas Brehme.
 
15. Yang menjadi tuan rumah piala dunia tahun 1994 adalah Amerika Serikat dan itu adalah yang pertama kalinya. Event besar empat tahunan yang digelar di negeri adidaya itu menjadi bukti bahwa Brasil masih yang terbaik di sepakbola. Untuk yang keempat kalinya mereka memenangi piala dunia. Di partai final Brasil memupuskan harapan Italia untuk meraih gelar ketiga, melalui adu penalti dengan angka 5-4.
 
16. Untuk yang kedua kalinya Perancis menggelar kejuaraan sepakbola akbar ini pada tahun 1998. Prancis yang salah satu pelopor piala dunia sepakbola, ingin sukses menjadi penyelenggara sekaligus menjadi juara dunia pertama kalinya. Dan itu dibuktikan ketika di grand final mengalahkan tim Samba Brasil dengan skor meyakinkan 3-1. Saat itu merupakan generasi emasnya tim Perancis karena di sana berkumpulnya pemain-pemain hebat seperti Zinedine Zidane, Bixente Lizarazu, Fabien Barthez, Robert Pires, Didier Deschamps dan lainnya.
 
17. Piala dunia pada tahun 2002 adalah yang pertamakalinya diadakan di benua Asia dan di dua negara yaitu Jepang dan Korea Selatan. Kesebelasan Korea Selatan berhasil mencapai semi final untuk yang pertama kalinya. Bahkan Korea Selatan di perdelapan final dan perempat final membuat tim Portugal dan Itali harus mengakui keunggulan mereka, meski di semi final laju mereka dihadang oleh Jerman. Untk juara dunia waktu itu kembali diraih oleh Brasil dengan mengalahkan Jerman 2-0. Istilah Penta Campeone punmuncul yang artinya juara lima kali.
 
18. Tuan rumah Jerman harus menyiapkan venue-venue untuk piala dunia tahun 2006. Ambisi Jerman menjadi juara di kandang sendiri gagal karena dikalahkan tim Azzuri Italia di semi final. Gelar juara dunia yang keempat akhirnya direngkuh Italia dengan menundukkann tim Ayam Jantan Prancis melalui adu penalti dengan angka 5-4.
 
19. Piala dunia sepakbola menjadi makin menarik karena digelar di benua Afrika untuk pertamakalinya. Negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen sepakbola bergengsi tersebut adalah Afrika Selatan pada tahun 2010. Panggung sepakbola piala dunia yang sudah ngetren ke hampir seluruh dunia itu dimenangkan oleh tim Matador Spanyol, setelah mengalahkan Belanda. Pencetak gol satu-satunya Spanyol dibuat oleh Andres Iniesta. Fenomena lain yang muncul adalah gaya bermain bola Spanyol yang disebut dengan gaya tiki-taka. Dengan gaya bermain seperti itulah, Spanyol berhasil menjadi juara Eropa dua kali yaitu tahun 2008 dan 2012. Spanyol saat itu dilatih oleh Vicente del Bosque.
 
20. Tahun 2014, gelaran piala dunia kembali berlangsung di Amerika Latin yaitu di Brasil. Namun dukungan fans yang antusias dengan harapan Tim Samba Brasil akan menjuarai piala dunia untuk keenam kalinya hanya tinggal harapan. Di semi final, Brasil dikalahkan oleh tim Jerman. Lawan Jerman di partai final adalah Argentina. Jerman akhirnya menjadi juara dunia untuk yang keempat kalinya setelahn menaklukkan Argentina dengan skor tipis 1-0.
 
21. Piala Dunia FIFA tahun 2018 digelar di negeri dingin Rusia. Untuk pertama kalinya ajang sepakbola paling populer ini berlangsung di Eropa Timur. Namun sayang sekali, Italia yang salah satu tim favorit gagal ikut putaran final. Dan Perancis pun akhirnya secara meyakinkan menjuarai event tersebut setelah mengalahkan Kroasia dengan 4-2. Gelar Perancis tersebut menjadi yang kedua setelah mereka juga juara pada tahun 1998.
So..belum ada juara baru. Begitulah sepakbola piala dunia.
Selamat nonton sepakbola piala dunia !
 

juara piala dunia

JUARA PIALA DUNIA 2018
Skuad tim nasional Perancis di piala dunia Rusia 2018 : Hugo Lloris (Kapten Kesebelasan) – Benjamin Pavard – Presnel Kimpembe – Raphaël Varane – Samuel Umtiti – Paul Pogba – Antoine Griezmann – Thomas Lemar – Olivier Giroud – Kylian Mbappé – Ousmane Dembélé – Corentin Tolisso – N’Golo Kanté – Blaise Matuidi – Steven Nzonzi – Steve Mandanda – Adil Rami – Nabil Fekir – Djibril Sidibé – Florian Thauvin – Lucas Hernández – Benjamin Mendy – Alphonse Areola. Pelatih kepala : Didier Deschamps

Pemain terbaik Piala Dunia, Pencetak Gol Terbanyak & Kabar terbaru Piala Dunia yang lainnya.

 

 

 

Bola Dunia

Nama-Nama Organisasi Sepakbola :
FIFA – UEFA (Eropa) – PSSI (Indonesia) – CAF (Afrika) – AFC (Asia) – AFA (Argentina) – CBF (Brasil) – DFB (Jerman) – FA (Inggris) – FIGC (Italia) – FFF (Perancis) – LFP (Spanyol) – CONCACAF (Amerika) – CONMEBOL

Acara dan Event-Event Sepakbola :
Piala Dunia FIFA – Liga Indonesia – Piala Copa Amerika – Liga Champions Eropa – Sepakbola Olimpiade – Liga Primer Inggris – Piala Eropa Antar Negara – Piala AFC – Liga Seri-A Italia – Sepakbola Asian Games – Piala Afrika – Piala Dunia Wanita – Nations League – Piala Libertadores – Liga EUROPA – Liga Primera Spanyol – Bundesliga Jerman – Piala Konfederasi – J- League – Major League Soccer Amerika – Charity Shield – Piala FA – Friendly Match – Exhibition – Sepakbola SEA Games.