Berkas, Dokumen dan Form Administrasi Produk Jasa Percetakan


Meski cara online telah banyak menggantikan cetakan administrasi seperti registrasi atau pendaftaran, transaksi pembayaran, order pembelian dan lain-lain, jasa percetakan masih melayani pembuatan untuk kebutuhan di luar promosi dan marketing tersebut. Sekolah, Universitas, Industri dan pabrik, Rumah sakit, kantor dan lembaga pemerintahan pasti ada administrasinya. Contoh cetakan untuk administrasi dan dokumen laporan, antara lain :
Bon. Ini adalah tanda terima pembelian dan juga pembayaran. Ada juga yang menyebutnya nota. Misalnya sebuah toko mengeluarkan bon atau nota untuk pembeli yang telah melakukan transaksi pemesanan barang. Cetakan bon ada yang dua rangkap, tiga hingga empat rangkap. Warna kertasnya putih, lapisan kedua kuning, rangkap ketiga dan keempat merah dan biru. Biaya pembuatan bon dua rangkap, tiga rangkap dan empat rangkap tentu saja berbeda.
Kwitansi. Adalah tanda bukti serah terima uang untuk deal tertentu. Yang memberikan uang, memegang kuitansi tersebut. Kwitansi biasanya hanya satu rangkap.
Faktur. Dalam bahasa Inggris disebut invoice. Ini adalah tanda bukti pembayaran. Faktur ada yang biasa adapula yang Faktur pajak. Seperti juga bon, kertas Faktur dicetak dalam beberapa rangkap. Misalnya empat rangkap atau ply. Harga pembuatan pastinya berbeda.
Bon, nota, kwitansi dan Faktur di bagian atasnya tercetak nama toko atau PT dengan alamatnya.
Kop surat. Adalah lembaran kertas berukuran A4 yang pada bagian atasnya ada tercetak nama perusahaan, bidang usaha dan alamatnya. Jasa percetakan melayani pembuatan kop surat seperti itu. Harga cetak tergantung quantity order. Minimal pesanan ada yang satu rim ada juga yang dua rim. Cetakan kop surat ada yang berwarna ada pula yang B/W atau hitam putih.
Memo. Percetakan membuat dokumen ini biasanya berukuran setengah A4. Buku memo dibuat untuk keperluan komunikasi singkat kepada customer. Memo bisa juga dipakai untuk laporan order pekerjaan. Seperti juga kop surat, memo juga ada nama perusahaan dan alamatnya. Usaha-usaha yang menggunakan cetakan memo biasanya bergerak di bidang jasa, misalnya bengkel, service, jasa pembuatan barang dan pengadaan material dan lain-lain. Minimal order pemesanan cetak memo dalam bentuk buku.
Amplop. Percetakan juga melayani pembuatan amplop. Seperti kop surat dan memo yang di bagian atasnya ada nama dan alamat perusahaan, amplop juga ada yang dicetak seperti itu. Jasa percetakanlah yang membuat cetakan di amplop tersebut. Ukuran amplop ada yang kecil, sedang (setengah A4) dan besar. Adapula amplop yang lebih besar lagi seperti yang digunakan untuk hasil rontgen di klinik dan rumah sakit. Dalam bahasa Inggris, amplop disebut dengan envelop.
Map. Ini adalah tempat untuk menaruh berbagai jenis dokumen laporan. Meski demikian, terbatas jumlahnya. Sebuah organisasi, sekolah, universitas dan rumah sakit, biasanya memiliki map dengan desain tersendiri. Pada bagian depan map ada tercetak nama dan alamat serta logo. Tergantung jumlah dan qualitas cetakan, biaya pembuatan map berbeda-beda. Bahan kertas yang digunakannya juga ikut menentukan harga map.
Dokumen laporan, tanda terima, formulir dan form lainnya. Perbankan, rumah sakit dan badan usaha besar lain termasuk juga pendidikan dan kantor pemerintahan, dalam aktifitasnya harus ada hitam di atas putih. Bank misalnya untuk transaksi dengan nasabah perlu ada berbagai macam formulir, seperti untuk tabungan, slip penarikan, transfer dana, form permohonan kredit dan lainnya. Demikian juga untuk rumah sakit. Untuk administrasi layanan kesehatan dibutuhkan berbagai jenis form. Misalnya : Laporan pemeriksaan, form yang berhubungan dengan rawat inap, rekam medis, buku resep, hasil laboratorium, rawat jalan dan lain-lain. Untuk pendidikan seperti sekolah, form yang dicetak misalnya : formulir pendaftaran, kwitansi pembayaran, kop surat, raport, buku tahunan sekolah atau BTS dan sertifikat. Lalu jasa percetakan untuk kantor pemerintahan ? Misalnya : Stempel, Kop surat, amplop dan sertifikat. Untuk beberapa produk cetakan tersebut, order atau pesanan minimum ada yang per rim ada juga per buku. Harga tentu saja bervariasi.
Demikian aneka jenis layanan jasa percetakan untuk kebutuhan administrasi.

 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Berhubungan dengan percetakan dan iklan :Printing – Promosi – Advertising – Google Adsense – Offset – Publisher – Afiliasi – Design – Layout – Sablon – Banner – Brosur – Name card – ID card – Klasifikasi – Colour – Souvenir – Spanduk – Company profile – Indoor – Outdoor – Laminating – Stempel.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.