Bedanya Barang Baru dengan Barang Kuno

barang baru dan lama

Semua orang tentu menyukai barang-2 yang masih baru, karena barang atau produk yang masih baru sudah pasti lebih menarik, kondisi barangnya lebih bagus, bikin puas dan jika rusak pasti ada garansinya dari penjual sesuai dengan perjanjian. Dan juga dengan membeli lalu mengenakan produk yang baru, tentu akan mempengaruhi penampilan. Tapi dengan munculnya barang-2 keluaran baru, apakah orang-2 akan melupakan begitu saja barang model lama alias jadul bahkan dibuang, meski belum terlalu rusak ?
Barang lama yang sudah kuno bagi kalangan tertentu akan mempunyai nilai tersendiri. Bahkan barang atau produk model lama tertentu, seperti barang-2 seni, ketika sudah kembali dirawat dengan baik, akan mempunyai nilai jual dengan harga yang fantastis ! Umur sebuah barang juga bisa mepengaruhi nilai jualnya. Misalnya ada barang model lama yang usianya sudah puluhan tahun atau ratusan tahun, seperli lukisan klasik, barang pecah belah & peralatan musik klasik misalnya, maka barang-2 itu akan menjadi unik. Sebuah barang yang sudah lama atau model lama yang dulunya pernah dimiliki seorang artis ngetop, pejabat tinggi negara atau tokoh berpengaruh, maka barang lama itu akan menjadi buruan para kolektor benda-benda antik, apalagi kondisinya masih bagus. Namun meskipun barang kuno tapi antik itu mempunyai nilai jual tinggi, untuk menjualnya tidak dilakukan dengan cara biasa, melainkan dengan cara lelang. Dengan cara lelang itulah, membuat harga sebuah barang yang dianggap ketinggalan jaman & kuno akan menjadi sangat mahal.
Barang-barang ataupun benda-benda yang kuno tapi antik juga ada yang tidak diperjual belikan. Oleh karena benda kuno tersebut penting untuk negara maka pemerintah melalui departemen kebudayaan mengambil alih dan melindunginya. Itu yang disebut dengan warisan budaya. Kalau dalam istilah internasionalnya disebut dengan World Heritage. Contohnya harta karun peninggalan jaman kerajaan klasik ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu. Biasanya benda-benda antik tersebut termasuk harta karun tadi dimasukkan ke dalam museum dan menjadi koleksi. Apa tujuan dan manfaatnya ? Karena bisa dijadikan bahan riset dan pelajaran bagi generasi-generasi baru.
Lalu bagaimana dengan rumah kuno termasuk bangunan yang sudah berusia sangat tua ? Sebuah bangunan, baik bentuknya rumah baru ataupun rumah lama, termasuk rumah kuno adalah salah satu jenis barang juga. Kalau rumah baru seperti juga barang atau produk baru, bisa dengan mudah ditemukan di sekitar dan bisa dijual atau dibeli. Tapi kalau rumah lama, rumah kuno, rumah tua dan juga bangunan kuno, itu berbeda dengan barang kuno dan benda-benda antik lainnya. Memang sih termasuk barang antik juga, tapi bangunan tua dan bangunan kuno selain bisa dijual, bisa juga dimanfaatkan keberadaannya untuk pariwisata terutama yang memiliki nilai historis. Misalnya rumah kuno itu adalah peninggalan jaman dahulu kala yang pernah dihuni oleh salah seorang tokoh nasional yang sangat berpengaruh di masa lalu. Barangkali juga rumah itu pernah dijadikan tempat pertemuan penting para pejabat penting di masa perjuangan kemerdekaan.
Kemudian bagaimana pula dengan rumah yang penuh dengan misteri ? Rumah yang konon kabarnya ada “penunggunya” ? Hi hi hi..itu rumah sudah berusia tua dan kuno, bentuknya juga lusuh dan dekil, banyak sarang laba-labanya pula, makin serem aja deh dilihatnya. Ini barang spesial, lain dari yang lain. Barangkali rumah misteri itu ada yang menyebutnya rumah antik juga dan bisa menjadi kategori barang antik juga. Baiklah ! Pastinya yang namanya barang baru dan barang bekas ataupun barang seken termasuk benda-benda kuno, memang berbeda. Apa bedanya ? Tergantung dari sisi mana cara orang memandangnya.

 

Baca Yang Lainnya :
Pengen Punya Rumah. Sebaiknya Membangun Sendiri, Beli Baru Saja atau Beli Rumah Lama Bekas Orang ?

Ini Video-2 Lagu Tahun 80-90-an. Meski Keluaran Lama Tapi Tetep Asik Disimak !

Kata-kata dan Istilah Gaul Berikut, Pernah Ada puluhan tahun Yang Lalu !

Karakoram, Jalan Raya Tertinggi di Dunia. Setinggi Apa ? Berikut Infonya !

Serba-serbi dan Informasi Lainnya Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Serba-serbi, Kota-kota Dunia dll

Sepakbola, Balap MotoGP, Olimpiade & Yang Lainnya dari Olahraga.

Cara-cara, Kiat-kiat, Kumpulan Solusi, Tips & Trik

Kata-kata & Istilah Gaul, Gaya Hidup, Hiburan & Liburan dll

 


barang antik

Berhubungan dengan barang lama : Antik – Kuno – Kolektor – Musium – Barang Seken – Primitif – Pasar Loak – Rongsokan – Pemulung – Limbah – Barang Bekas – Usang – Peninggalan – Jadul – Sejarah – Simpanan.

World Heritage – Situs Purbakala – Nenek Moyang – Pra Sejarah – Legenda – Klasik – Kota Tua – Tujuh Keajaiban Dunia – Seven Wonder – Ancient – Jaman Batu – Tradisional – Peradaban Masa Lalu – Sebelum Masehi – Abad Pertengahan.