Balap Motor MotoGP dari Dalam dan Luar Sirkuit

Sejak mulai digelar pada tahun 2001 sampai sekarang, kejuaraan balap motor kelas utama Motograndprix yang terkenal dengan sebutan MotoGP, bukan cuma menghasilkan juara-juara dunia dan juara seri di tiap sirkuit serta catatan rekor satu putaran dan total waktu putaran sepanjang balapan, tapi salah satu olahraga otomotif paling bergengsi ini telah juga menorehkan sejarah-sejarah lain yang menarik tersendiri bahkan beberapa diantaranya terkesan mejadi satu misteri.
1. Valentino Rossi hingga kini adalah satu-satunya pembalap yang juara MotoGP dengan tim satelit. Gelar balapan pertamanya dia raih ketika bersama tim Nastro Azzuro Honda pada musim balap tahun 2001. Saat itu tim Honda Pabrikan adalah Repsol Honda. Yang dimaksud tim satelit itu apa sih ? Di balapan MotoGP, tim satelit adalah tim kelas dua bukan tim pabrikan yang pasti didukung oleh pabrik.
2. Valentino Rossi adalah pembalap MotoGP pertama yang berhasil juara dunia lima kali secara beruntun yaitu pada tahun 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2005. Rekor juara dunia berturut-turut tersebut hingga sekarang belum ada yang menyamainya. Mungkinkah Marc Marquez akan mampu memecahkan rekor yang pernah dibuat The Doctor ? Jika dilihat dari belum adanya perlawanan yang berarti dari pesaing-pesaing lain, itu bisa saja terjadi !
3. Rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi lagi, yaitu suksesnya Rossi menjadi juara MotoGP dengan tiga tim balap berbeda dan dua merek motor yang berbeda. Pada tahun 2001, rider yang pernah dijuluki Valentinik untuk pertama kalinya juara dunia dengan tim Nastro Azzuro dengan merk motor Honda. Gelar keduanya didapat ketika bergabung dengan tim Repsol dan juga menggunakan motor merek Honda, kemudian titel juara ketiga sampai ketujuhnya diraih bersama tim Yamaha. Barangkali juara dunia untuk kategori seperti inilah yang akan sulit dicapai oleh pembalap lain.
4. Berapa kemampuan maksimal yang bisa dicapai sebuah motor motogranprix ? Secara teknis mungkin hanya pabriklah yang tau. Tapi kecepatan tertinggi yang pernah ditembus oleh sebuah motor MotoGP adalah 342 km per jam. Motor merek Ducati Desmosedici yang dikendarai oleh pembalap Italia, Loris Capirossi mampu menembus kecepatan tersebut ketika berlaga di sirkuit Sepang Malaysia tahun 2005. Catatan rekor top speed itu belum ada yang menyamainya hingga musim balapan saat ini.
5. Pembalap asal negeri Kanguru Australia, Casey Stoner adalah satu-satunya pembalap yang pernah juara dunia balap motor MotoGP bersama tim asal Italia dengan motor merek Ducati. Hingga kini belum ada satupun rider selain Casey yang pernah juara dengan motor buatan Italia tersebut. Bahkan seorang Valentino Rossi pun gagal ketika bergabung dengan tim Ducati yang turun pertama kalinya pada tahun 2002.
6. Lagi dari seorang Casey Stoner. Dia adalah satu-satunya pembalap yang mengundurkan diri dari arena balap motor pada usia yang kompetitif di arena balap setelah rider Australia itu berhasil menjadi juara dunia pada tahun 2012. Memang sangat disayangkan.
7. Rider asal Spanyol, Marc Marquez akhirnya membuat sesuatu yang baru di MotoGP karena dia menjadi rookie terbaik sepanjang sejarah balap motor MotoGP. Prestasi apa yang telah dia capai untuk gelar tersebut ? Marc Marquez adalah pembalap motoGP pertama yang juara dunia ketika pertama kalinya turun di kelas utama. Baby Alien julukan pebalap Spanyol itu berhasil menjadi juara dunia pada tahun 2014.
8. Qatar adalah sebuah negara di wilayah Timur Tengah yang pertama kali menggelar kejuaraan balap motor MotoGP. Nama sirkuitnya adalah Losail. Apa yang menarik lainnya dari sana ? Untuk pertama kalinya balapan di gelar di malam hari, lain dari biasanya di sirkuit lain yang sudah biasa menggelar balapan pada siang hari.
9. Honda, Yamaha dan Suzuki adalah tiga merek motor asal Jepang yang selalu mendominasi kejuaraan dunia balap motor. Namun ironisnya sejak pertamakali digelar pada tahun 2001, belum ada satupun rider asal negeri Matahari Terbit Jepang berhasil menjadi juara dunia bahkan juara seripun belum pernah ada dan bahkan belum ada satupun pembalap asal Jepang yang pernah naik podium hingga kini.
10. Satu lagi sebuah pencapaian yang lain dari seorang Valentino Rossi. Meski secara resmi panitia penyelenggara balap motoGP yaitu FIM tidak menganugerahkan gelar terbaik untuk kategori pembalap paling tua yang masih berlaga di sirkuit, namun performa yang masih cukup stabil The Doctor di usianya yang menjelang 40 untuk bersaing dengan pembalap-pembalap muda yang enerjik seperti Marc Marquez, Maveric Vinales dan lainnya, memang luar biasa. Sepanjang sejarah motoGP, belum ada satupun pembalap di usia tersebut masih bisa eksis dan mampu bersaing di kelompok lima besar pembalap papan atas.
11. Hingga musim balapan saat ini, Spanyol masih menjadi negara yang paling banyak menghasilkan juara dunia balap motor. Negeri Matador menjadi negara asal dua juara dunia balap motor MotoGP yaitu Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Urutan negara lainnya adalah Italia, Australia dan Amerika Serikat, masing-masing menghasilkan satu pembalap juara dunia yaitu Valentino Rossi, Casey Stoner dan Nicky Hayden.
12. Lomba balap motor MotoGP adalah salah satu event olahraga tahunan yang paling populer di seluruh dunia. Popularitasnya mampu menyaingi arena olahraga lain seperti sepakbola Liga Champions Eropa, balap mobil F1 dan kompetisi bola basket NBA.
13. Salah satu hal yang membuat kejuaraan balap motor tetap populer dan ditunggu-tunggu oleh penggemar otomotif dunia tentu saja perkembangan teknologi yang terus berubah. Inovasi yang terus-menerus, membuat orang penasaran, kaya apa sih penampilan motor MotoGP tahun depan ?
14. Sirkuit Jerez, Catalunya dan sirkuit Valencia menjadi sangat spesial karena ketiga arena yang berada di Spanyol tersebut belum pernah sekalipun absen dari acara MotoGP dalam beberapa puluh tahun terakhir.
15. Bagaimana dengan sirkuit yang dimiliki oleh Indonesia ? Untuk kejuaraan balap motor kelas MotoGP, Indonesia belum pernah kebagian menjadi penyelenggara. Indonesia hanya pernah ketempatan event otomotif bergengsi ini pada tahun 1997, ketika masih bernama GP500.
16. Will be Updated …
Dari catatan-catatan tersebut di atas, Valentino Rossi memang masih yang paling banyak mencetak rekor dan sejarah baru yang belum pernah terjadi di lomba balap motor MotoGP. Dari tahun ke tahun, teknologi otomotif khususnya motor balap terus berinovasi, tapi (dengan tidak meremehkan pembalap lain) juga selalu ada saja satu atau dua pembalap yang performanya di atas lintasan sirkuit terlihat berbeda dari pembalap lainnya.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Siapa lebih hebat dari empat pembalap juara ini ?

Marc Marquez pindah tim. Apa yang akan terjadi dengannnya nanti ?.

Arena Balap MotoGP & Istilah-2 Yang sering digunakannya.

Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.
Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.

Hiburan dari lagu-lagu tema Piala Dunia.
 

PLM12.com

Arena Olahraga & Serba-serbi Lainnya.

Life Style – Entertainmen – Sosialita – Kata-kata Gaul

Solusi – Kiat-2 – Tips dan Trik

Blog – Website – Media Sosial

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.