Ada Kabar Berita Apa Hari Ini ? Peristiwa dan Kejadian Nyata ?

Kejadian yang telah berlangsung, peristiwa yang menarik dan berita yang terjadi setiap hari, sepanjang tahun akan terus ada, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tapi tidak seperti jaman dulu, sebelum ada teknologi internet, di mana untuk mengetahui kabar info berita, baik dari televisi, radio dan koran, harus menunggu lama bahkan bisa berhari-hari. Jangankan informasi dari luar negeri, kejadian yang baru berlalu di Indonesia pun lama sampainya ke tengah-tengah masyarakat. Kini dengan adanya teknologi internet, macam-macam informasi terkini tentang kabar apa yang terjadi di dunia politik, ekonomi, teknologi atau iptek sangat mudah diperoleh bahkan secara real time dan live streaming. Demikian juga berita dari dunia entertainmen atau hiburan, olahraga, kesehatan, life style hingga kuliner dan wisata yang up to date. Bagaimana dengan berita bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami dan tanah longsor ? Hasil liputan itu semua dalam hitungan detik bisa sampai ke masyarakat luas di seluruh dunia bahkan dalam bentuk tayangan video. Penayangan berita-berita secara cepat itu biasanya dikemas dengan judul Breaking News & News Flash. Tak ketinggalan juga berita fenomena, misteri dan spektakuler, secara cepat tersebar melalui internet yang juga disebut dengan dunia maya. Dengan dukungan berbagai macam aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan WhatsAPP, masyarakat dari berbagai kalangan dengan menggunakan perangkat komputer dan gadget smartphone atau telepon genggam seluler, bisa mengakses informasi apa saja dalam segala format. Teks, foto dan yang semakin populer yaitu video.
Dunia informasi berita tentang kejadian dan peristiwa dari seluruh dunia terus dengan derasnya merambah ke segala lapisan masyarakat. Dan persaingan yang ketat antar situs media berita, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri akhirnya tak terhindarkan. Untuk terus eksis di dunia media informasi, ada banyak sekali situs di internet yang tadinya menyajikan berbagai macam berita dan informasi khusus berita-berita politik dan ekonomi, akhirnya menyiarkan juga informasi dan kejadian serta peristiwa yang terjadi yang berhubungan dengan hiburan, pariwisata dan life style dengan diselingi info dari arena olahraga. Bahkan tidak sedikit media berita umum juga menayangkan info peristiwa misteri dan yang unik-unik, seperti aneh tapi nyata.
Efek positifnya bagi masyarakat tentu saja informasi yang sangat mudah didapat secara cepat. Lalu adakah pengaruh negatifnya ? Banyaknya beredar kabar berita palsu atau bohong yang akhir-akhir ini terkenal dengan istilah hoax. Untuk kepentingan tertentu, ada saja peristiwa dan kejadian yang tidak pernah ada, berita palsu dan peristiwa yang dibuat-buat lalu diekspos dengan kesan seru dan menarik, di sebarkan ke internet melalui jejaring sosial yang sering diakses orang. Dari ribuan orang yang aktif di media sosial, ada saja yang tidak menyadari bahwa berita itu tidak benar dan akhirnya dia ngeshare ke group teman-temannya dan dari beberapa anggota group teman-temannya itupun kemudian membagikan lagi informasi berita hoax tersebut ke group lainnya, dan seterusnya. Maka akhirnya kabar itupun terus tersebar tanpa henti ke berbagai macam group. Itulah yang disebut dengan istilah viral di media sosial. Berita apa yang paling menarik dan menjadi viral di sosial media ? Biasanya berita tentang politik, kriminal pembunuhan, misteri kejadian aneh dan kontroversial, gosip dari dunia selebritis dan gempa bumi. Beberapa jenis informasi berita ada juga berpotensi menjadi viral tapi sifatnya hanya musiman, misalnya event olahraga yang berlangsung setiap empat tahun sekali atau hanya di bulan tertentu dalam setahun.
Tidak seperti berita di televisi yang ada pengaturan jam tayang, prime time dan lain-lain, berita informasi kejadian dan peristiwa yang terus update di internet sebetulnya belum ada filternya. Jadi informasi yang hanya pantas diterima untuk kalangan usia tertentu, karena belum ada penyaringan, masih banyak yang dengan mudah dilihat oleh anak-anak yang masih muda belia yang belum pantas. Demikian juga dengan iklan yang tampil mengikuti acara berita di sebuah situs media.
Untuk bersaing dalam melaporkan kejadian dan peristiwa dari berbagai belahan dunia secara cepat, situs media informasi biasanya menyebar wartawan atau jurnalis lepas di berbagai lokasi. Dengan kordinasi yang baik, laporan kejadian yang berlangsung akan tiba dengan cepat ke masyarakat secara online. Ya ! semua orang memang butuh pelayanan yang cepat. Bahkan pernah ada sebuah situs berita terkenal dari luar negeri melaporkan peristiwa di Indonesia lebih awal, padahal media informasi berita di dalam negeri sendiri belum menayangkannya.
Banyak faktor yang menentukan kecepatan sampainya berita terutama di internet, misalnya teknologi dan jaringan jurnalis yang profesional dan berpengalaman. Bahkan orang-orang yang bukan jurnalis yang kebetulan sedang berada di sebuah lokasi dan sempat merekam dengan kamera, kejadian dan peristiwa yang sedang berlangsung, bisa menjadi sumber berita dan narasumber, setidaknya dalam bentuk foto dan video yang dikirim ke redaksi. Tapi untuk peliputan event-event yang resmi seperti olahraga, misalnya turnamen sepakbola, SEA Games dan pesta olahraga Olimpiade, tentu saja tidak bisa menggunakan jasa orang-orang seperti itu, artinya berita harus melalui wartawan yang resmi yang telah ditunjuk oleh panitia penyelenggara. Ada juga berita-berita yang disajikan dengan acara talk show. Dengan dipandu oleh seorang presenter yang merangkap moderator, acara talk show biasanya berisi opini dan pembahasan secara detil informasi kejadian yang telah disiarkan sebelumnya.
Berita tentang kejadian dan peristiwa sudah menjadi kebutuhan, meski semua kabar informasi itu harus dicerna dulu, benar atau tidak, kejadian sesungguhnya atau hoax.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Berita dan Kejadian-kejadian Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini

Daftar Kata-kata dan Istilah yang Berhubungan dengan Berita dan Informasi

Sekilas Informasi dan Kabar dari Dalam dan Luar Negeri Tahun ini

Rangkuman Berita & Peristiwa Yang Terjadi di bulan Juli dan Agustus
Rangkuman Berita & Peristiwa Yang Terjadi di bulan Juli dan Agustus

Bulan September hingga Oktober dan Peristiwanya
 

PLM12.com

Informasi & Opini Arena Olahraga Lain

Fenomena – Entertainmen – Serba-Serbi.

Gaya Hidup – Istilah & Bahasa Gaul & Keseharian

Cara-cara, Kiat-Kiat, Solusi, Tips & TRIK

B L O G dan W E B S I T E

 


Daftar Kata & Istilah-istilah :
Informasi – Surat Kabar – Televisi – Berita – Kejadian – Terkini – Update – News – Siaran – Jurnalis – Aktuil – Kisah Nyata – Breaking News – Hoax – Sejarah – Talk show – Presenter – Radio – Internet – Sosial Media – Live Streaming – Kisah Nyata – Real Time – Terbaru – Hot News – News Flash – News Ticker – Wartawan – Reportase – Reporter – Sekilas – Peristiwa – Kaleidoskop – Liputan – Rangkuman.