5 Negara Terbesar di Wilayah Timur Tengah


Timur Tengah termaasuk kawasan yang sangat strategis di dunia. Di wilayah yang mayoritas negara-negaranya berbahasa Arab ini juga kaya akan hasil minyaknya dan menjadi tulang punggung perekonomian di sana. Negara-negara Timur Tengah wilayahnya termasuk kecil, tapi ada 5 diantaranya termasuk besar, diantaranya adalah :
1. Arab Saudi. Dalam bahasa Inggris disebut Saudi Arabia. Negara ini terbesar di Timur Tengah terutama dari wilayahnya. Secara geografis, wilayah Arab Saudi berbatasan langsung dengan negara-negara : Yordania, Irak, Kuwait, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman dan Yaman. Dan daerah Arab Saudi yang berhadapan langsung dengan laut Merah, teluk Persia dan laut Arab, menjadi wilayah perairan atau pantainya. Ibukota Arab Saudi adalah Riyadh. Kota-kota istimewa lainnya di sana antara lain :
– Mekah. Kota inilah yang setiap tahun dikunjungi oleh jutaan umat Islam dari seluruh dunia dalam rangka menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji.
– Kota Madinah yang sangat bersejarah karena terkait dengan perkembangan agama Islam pertama kali pada jaman nabi Muhammad SAW.
– Kota lainnya yaitu Jeddah dan Mina. Dua kota ini terkait erat dengan kegiatan ibadah haji.
 
Baca Di Sini ! Beberapa Kota-2 Bernuansa Islam Yang Terkenal.
 
Apalagi yang paling dikenal oleh Indonesia dari negara Arab Saudi ? Yaitu Masjidil Haram dan Ka’bah yang ada di tengah mesjid tersebut.
2. Mesir. Disebut Egypt dalam bahasa Inggris. Ibukota Mesir adalah Kairo. Yang terkenal di sana antara lain bangunan bersejarah yaitu Piramid dan Universitas Al-Azhar. Mesir juga terkenal dengan julukan “Negeri Piramid”. Mesir menjadi negara republik pada tanggal 18 Juni 1953. Meskipun Mesir termasuk salah satu negara Timur Tengah, tapi wilayahnya terpisah sendiri karena berada di benua Afrika Utara. Karena terletak di benua Afrika, maka sebagian besar wilayah Mesir berbatasan langsung dengan negara Afrika lain yaitu Libya di sebelah barat dan Sudan di selatannya. Sementara di sebelah timur laut kota Kairo, berbatasan dengan Palestina (jalur Gaza) dan Israel. Untuk perairan laut, wilayah Mesir yang ada di laut Mediterania dan laut Merah, menjadi area maritimnya, Yang terkenal lainnya dari Mesir adalah Terusan Suez, di mana lokasi ini menjadi jalur penghubung dari Eropa menuju ke Timur Tengah melalui jalur laut yaitu laut Tengah dan laut Merah.
3. Turki.
Wilayahnya sebagian berada di benua Eropa sebelah tenggara sebagian lainnya termasuk ke dalam benua Asia bagian barat.
Wilayah di antara dua benua itu disebut juga Eurasia, singkatan dari Europe dan Asia. Negara-negara yang wilayahnya berbatas langsung dengan Turki antara lain : Negara Irak, Syria dan Iran. Dan negara Eropa yang menjadi tetangganya yaitu Bulgaria, Yunani, Georgia dan Armenia. Turki juga memiliki wilayah maritim laut yang merupakan sebagian area laut Hitam di utara dan laut Mediterania di baratnya. Ibukota negara Turki adalah Ankara. Sebelum dipindahkan ke Ankara, yang menjadi ibukota Turki adalah Konstantinopel, nama sebelum Istanbul. Republik Turki terbentuk pada tahun 29 Oktober 1923. Sebelumnya adalah kekaisaran Otoman. Di dalam bahasa Inggris, Turki disebut dengan Turkey. Yang paling dikenal oleh Indonesia dari negara Turki salah satunya adalah makanannya yaitu kebab.
4. Iran.
Negeri yang bisa juga disebut terletak di wilayah Asia Barat ini dulu dikenal dengan Persia dan termasuk salah satu negara besar di wilayah Timur Tengah. Iran, geografisnya berbatasan langsung dan menjadi negara tetangganya, yaitu : Azerbaijan, Armenia, Turki, Irak, Turkmenistan, Afganistan dan Pakistan. Daratan yang berbatasan langsung dengan perairan teluk Persia, teluk Oman dan laut Arab, menjadi wilayah maritim Iran. Ibukota Iran adalah Teheran. Berbeda dengan negara-negara di wilayah Timur Tengah lainnya yang didominasi oleh bangsa dan bahasa Arab, negeri Iran menggunakan bahasa Parsi. Iran juga terkenal dengan sebutan “Negerinya Para Mulah”
5. Irak.
Ibukotanya Baghdad.
Dalam bahasa Inggris, Irak disebut dengan Iraq. Arab Saudi dan Kuwait adalah negara yang berbatas langsung dengan wilayah selatan Irak. Sementara di utaranya ada negara Syria, Yordania dan Turki. Untuk bagian timur Irak , wilayah Iranlah yang berbatas langsung. Sebagian kecil perairan laut di teluk Persia, menjadi wilayah maritimnya. Negeri ini terkenal juga dengan julukan “Negeri 1001 Malam”. Keistimewaan dari negara ini adalah dalam hal peradaban dan kebudayaannya. Wilayah Irak berbatasan langsung dengan negara besar Timur Tengah lainnya yaitu dengan Iran di timur, Arab Saudi di barat dan Turki di utara.
Beberapa negara yang telah disebutkan tadi memiliki kota-kota yang religius karena terkait dengan sejarah di masa lalu. Demikian sekilas tentang lima negara besar di Timur Tengah.
 

Bacaan Lainnya :
Gedung Pencakar Langit

Burj Khalifa
Salah satu bangunan tertinggi di dunia yang ada di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Tingginya kurang lebih 900 meter.

Negara-negara Yang Termasuk Wilayah Timur Tengah : Arab Saudi, Mesir, Irak, Iran, Turki, Suriah, Israel, Yaman, Yordania, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Palestina, Lebanon, Siprus. Satu-satunya negara Timur Tengah yang terletak di benua Afrika adalah Mesir. Wilayah laut yang sangat strategis di Timur Tengah adalah : Terusan Suez dan Teluk Persia.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.