36 Lebih Nama-Nama Kota Di Indonesia Yang Memiliki Pantai


Sebagai negara kepulauan dan juga maritim yang dikelilingi oleh lautan, tentu Indonesia banyak memiliki daerah-daerah yang ramai dan kota-kota yang letaknya di pesisir pantai. Artinya secara geografis, wilayah kota-kotanya itu memang berbatasan langsung dengan laut. Berbeda dengan kota-kota besar yang jauh dari perairan laut, kota-kota pantai di Indonesia pastinya punya ciri khas tersendiri. Misalnya keberadaan pelabuhan dan wisata bahari. Beberapa diantaranya berhadapan langsung dengan samudera besar, yaitu lautan Hindia dan samudera Pasifik. Kota apa saja itu ? Dan adanya di provinsi mana ? Baik untuk selengkapnya, berikut nama-nama kota di Indonesia tersebut :

Pantai Indonesia sangat panjang, sehingga kota-kota yang berada di kawasan perairan Nusantara terus berkembang, dari Sabang sampai Merauke

Sebuah pemandangan pantai di utara Jakarta


1. JAKARTA UTARA. Kota ini termasuk ke dalam propinsi DKI Jakarta. Kota Jakarta Utara adalah wilayah DKI Jakarta yang langsung berbatasan dengan laut di utara pulau Jawa yaitu laut Jawa. Pelabuhan laut utama di Indonesia bernama Tanjung Priok dan ada di kota ini. Lokasi yang manarik dan populer di pantai Jakarta Utara adalah Ancol. Kota Jakarta Utara untuk transportasi udaranya melalui bandara internasional Soekarno-Hatta yang disingkat Soetta.
2. SABANG. Inilah kota yang letaknya paling ujung barat wilayah negara Republik Indonesia. Ingat judul lagu nasional yang berjudul “Dari Sabang Sampai Merauke” ? Ya ! Yang dimaksud judul lagu tersebut adalah kota itu yang juga termasuk dalam provinsi Nangroe Aceh Darussalaam. Kota Sabang ini salah satu kota di Indonesia yang berbatasan atau berhadapan langsung dengan samudera besar lautan Hindia. Di seberang lautan tersebut sudah wilayah negara lain yaitu Malaysia.
3. BANDAR LAMPUNG. Berada di propinsi Lampung dan menjadi ibukota provinsi paling selatan di Sumatera tersebut. Menjadi gerbang utama dari pulau Jawa, Bandar Lampung tentu sangat strategis. Untuk transportasi lewat udara, kota ini mengoperasikan bandara yang bernama bandar Internasional Radin Inten II. Sementara Pelabuhan Panjang adalah sarana untuk transportasi jalur laut.
4. SEMARANG. Propinsi Jawa Tengah ibukotanya adalah Semarang ini. Posisinya yang berbatasan langsung dengan laut Jawa tentu menjadikan perairan Semarang memiliki daya tarik bahari tersendiri di Indonesia. Pelabuhan laut sebagai transportasi jalur laut di Semarang bernama Tanjung Emas. Sedangkan bandar udara untuk transportasi udara dan berkelas internasional namanya Ahmad Yani.
5. SURABAYA. Julukan tenar kota ini adalah Kota Pahlawan dan berstatus sebagai ibukota provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya juga menjadi salah satu kota terkenal di Indonesia yang wilayahnya mempunyai akses langsung ke perairan laut, khususnya laut Jawa. Salah satu pelabuhan besar di Indonesia berada di kota ini yang bernama Tanjung Perak. Transportasi udara dari dan menuju kota Surabaya dilayani oleh bandara Juanda.
6. CIREBON. Letaknya berada di bagian utara pulau Jawa. Pantai utara di mana ada kota Cirebon (termasuk juga Indramayu), dikenal dengan nama Pantura. Wilayah pesisir Cirebon tentu jadi salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki pesona bahari tersendiri. Kota Cirebon terkenal juga dengan julukan Kota Udang. Pelabuhan Cirebon adalah nama pelabuhan untuk salah satu jenis transportasi laut di sana. Sedangkan untuk melayani angkutan udara, kota Cirebon memiliki bandar Udara yang bernama Cakrabhuwana.
7. DENPASAR. Seperti juga kawasan wisata lain yang terkenal di pulau Bali, kota Denpasar tentu punya kelebihan lain karena menjadi ibukota propinsi Bali, sebagai pusat pemerintahan provinsi tersebut. Transportasi udara di kota Denpasar sekaligus juga Provinsi Bali, dilayani oleh bandara Ngurah Rai.
8. PANGKAL PINANG. Kota ini merupakan ibukota propinsi Bangka Belitung. Dengan demikian tentu perannya paling utama dibanding kota lain di sana karena menjadi pusat pemerintahan daerah. Bangka Belitung termasuk kota Pangkal Pinang adalah sebuah pulau di timur Sumatera. Perairan laut tentu menjadi hal yang vital. Misalnya pariwisata, perekonomian dan transportasi. Bandara Depati Amir adalah nama airport di kota Pangkal Pinang dan untuk sarana angkutan jalur laut difasilitasi melalui Pelabuhan Pangkalan Balam.
9. BENGKULU. Salah satu ibukota provinsi yang namanya sama dengan nama provinsinya adalah Bengkulu. Bengkulu adalah ibukota dari provinsi Bengkulu. Letak wilayahnya berhadapan langsung dengan lautan Hindia. Pantai Panjang adalah salah satu venue eksotis di kota Bengkulu dan memang sudah cukup dikenal. Kenapa disebut panjang ? Yaa karena … ya memang pantainya sangat panjang dan lurus. Boleh dibilang “Long Beach nya” Indonesia. Kota Bengkulu juga salah satu kota yang mempunyai nilai sejarah penting bagi Indonesia. Bandar udara kota Bengkulu bernama Fatmawati Soekarno. Diambil dari nama istri presiden pertama republik Indonesia yaitu Bapak Ir. Soekarno.
10. TEGAL. Salah satu kota yang namanya mudah dikenal di Indonesia yang ada di propinsi Jawa Tengah ini juga termasuk kota bahari alias pantai. Kota Tegal dan perairannya berposisi di pantai utara pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan laut Jawa.
11. AMBON. Merupakan kota yang paling utama dari propinsi Maluku dan berada di pesisir laut. Apa yang membuatnya utama ? Karena kota Ambon adalah ibukota propinsi Maluku. Pastinya itulah salah satu yang membuat kota ini semakin menarik. Bandar udara untuk layanan transportasi via udara bernama Pattimura.
12. SORONG. Aktifitas dan kegiatan pemerintahan provinsi Papua Barat, berpusat di kota ini. Seperti juga kota Jayapura, kota Sorong berdampingan dengan perairan laut lepas samudera Pasifik. Apa nama bandara di kota Sorong ? Nama bandaranya adalah Domine Eduard Osok. Sedangkan untuk pelabuhan lautnya namanya sama dengan nama kotanya yaitu Pelabuhan Sorong.
13. JAYAPURA. Kota yang sekaligus juga menjadi ibukota dari provinsi Papua, sangat unik dengan letak geografisnya berhadapan langsung dengan samudera besar yaitu di pantai lautan Pasifik. Sentani Airport adalah bandar udara yang ada di kota Jayapura untuk keperluan angkutan transportasi jalur udara. Untuk sarana angkutan lewat jalur laut, ada pelabuhan yang namanya sama dengan nama kotanya yaitu Jayapura.
14. KUPANG. Di wilayah timur Indonesia, kota yang juga ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur ini salah satu kota pantai yang indah yang tentu nggak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Kota Kupang punya fasilitas untuk layanan transportasi udara yang bernama Bandara Internasional El Tari Kupang. Dan Pelabuhan Tenau adalah sarana untuk layanan transportasi lewat jalur laut.
15. MAKASAR. Kota ini adalah ibukota dari propinsi Sulawesi Selatan. Bandara di kota Makasar bernama Hasanudin. Kota Makasar adalah salah satu kota terkenal di Indonesia. Pelabuhan Paotere menjadi sarana untuk transportasi lewat jalur laut.
16. MATARAM. Perairan timur Indonesia dengan wilayah barat tentunya berbeda. Begitu juga kota Mataram di Nusa Tenggara Barat yang posisinya di wilayah timur. Mataram adalah ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk melayani transportasi via udara, kota ini memiliki fasilitas bandara yang bernama Selaparang.
17. MANADO. Berada di provinsi Sulawesi Utara. Kota ibukota paling utara Indonesia ini berhadapan langsung dengan perairan laut internasional. Berbatasan langsung dengan samudera besar dunia yaitu lautan Pasifik. Airport atau bandara yang ada di sana bernama Sam Ratulangi.
18. SIBOLGA. Lokasi yang menarik di Sumatera Utara, banyak. Salah satunya adalah kota Sibolga. Memiliki pantai yang jadi bagian dari lautan Hindia. Seperti juga kota Bengkulu, kota Sibolga adalah salah satu kota Indonesia yang berbatasan langsung dengan lautan besar tersebut.
19. MEDAN. Julukannya adalah kota Melayu Delli. Memiliki fasilitas pelabuhan laut yang bernama Belawan. Kedudukan kota Medan adalah sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara. Transportasi udara kota Medan dilayani oleh bandara Kualanamu.
20. KENDARI. Selain sebagai kota terpenting karena statusnya sebagai ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, kota Kendari tentu memiliki lokasi-lokasi yang menarik di pantainya.
21. PALU. Provinsi Sulawesi Tengah memusatkan kegiatan pemerintahan daerahnya di kota Palu tersebut. Ya ! Palu adalah ibukota Sulawesi Tengah. Bagaimana pantainya ? Tentu nggak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk sarana transportasi udara, kota Palu menyediakan bandara yang dinamakan bandara Mutiara SIS Al Jufrie. Dan Pelabuhan laut yang bernama Pantoloan adalah salah satu yang tersibuk di Sulawesi Tengah.
22. PADANG. Sebuah nama yang sangat familiar terutama kulinernya. Tapi Padang itu sebuah kota juga yang berbatasan langsung dengan samudera besar yaitu Lautan Hindia. Padang juga adalah kota paling utama karena menjadi ibukota propinsi Sumatera Barat. Pelabuhan Teluk Bayur adalah sarana transportasi lewat perairan, sementara Bandara Internasional Minangkabau adalah untuk mendukung transportasi lewat udara,
23. TERNATE. Terletak di propinsi Maluku Utara. Dekat gunung Gamalama. Bandar Udara Sultan Babullah (bahasa Inggris: Sultan Babullah Airport), juga dikenal sebagai Bandar Udara Ternate, terletak di provinsi Maluku Utara. Sementara Pelabuhan Ternate adalah fasilitas untuk layanan angkutan lewat jalur perairan laut.
24. BONTANG. Berada di provinsi Kalimantan Timur. Selat Makasar adalah wilayah perairan laut yang jadi batas langsung kota Bontang di sebelah timur. Pelabuhan Loktuan adalah sarana untuk transportasi jalur laut.
25. SINGKAWANG. Ini salah satu kota yang ada di propinsi Kalimantan Barat. Meski bukan ibukota propinsi, tapi wilayah kota Singkawang yang berbatasan langsung dengan perairan laut, tak kalah menarik dengan kota Pontianak yang jadi ibukota Kalimantan Barat. Bandara Semelagi adalah untuk melayani transportasi via udara di kota Singkawang.
26. BATAM. Kota ini familiar sebagai kota industri dan perdagangan. Karena wilayahnya adalah sebuah pulau, tentunya Batam dikelilingi oleh laut. Batam termasuk provinsi Riau.
27. CILEGON. Identik dengan kota industri berat. Meski begitu, Cilegon juga memiliki pantai yang pastinya penting selain untuk angkutan hasil industri. Kota Cilegon termasuk dalam provinsi Banten. Pelabuhan Merak adalah nama fasilitas untuk angkutan lautnya.
28. PEKALONGAN. Kota yang ada di provinsi Jawa Tengah ini terkenal akan kerajinan batiknya. Tapi dengan letak geografisnya di pantai laut Jawa, tentu Pekalongan memiliki keistimewaan lain di samping kota seni batik.
29. PARIAMAN. Di Sumatera Barat, selain kota Padang, kota pantai lainnya adalah Pariaman. Berhadapan langsung dengan samudera Hindia, kota ini tentu tak kalah menarik dibanding kota Indonesia lainnya yang ada di pesisir. Bandar Internasional Minangkabau adalah salah satu fasilitas transportasi khususnya yang lewat jalur udara.
30. PALOPO. Selain kota Makasar, propinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai kota pantai yang bernama Palopo yang pastinya memiliki destinasi menarik di sana. Bandar udaranya bernama Palopo Lagaligo
31. DUMAI. Meskipun kota ini bukanlah ibukota Provinsi Riau, tapi Dumai adalah kota yang juga strategis selain kota Riau sendiri. Lokasi kunjungan menarik pasti ada di sana. Bandara Pinang Kampai.
32. PROBOLINGGO. Ini adalah salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur. Sama seperti Surabaya, kota Probolinggo bisa jadi salah satu venue kunjungan wisata bahari yang menarik. Bandara Syamsudin Noor.
33. BAU BAU. Letaknya ada di provinsi Sulawesi Tenggara. Seperti juga Kendari, kota Bau Bau punya akses langsung ke perairan laut. Untuk transportasi lewat udara, kota Bau Bau memiliki bandar udara yang bernama Betoambari.
34. BALIKPAPAN. Selain Samarinda, di Kalimantan Timur ada sebuah kota terkenal lain yaitu Balikpapan. Posisi geografisnya berhadapan langsung dengan perairan laut. Fasilitas angkutan lewat udara dilayani di Sepinggan International Airport dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan
35. LHOKSEUMAWE. Adalah kota terbesar di propinsi Nangroe Aceh Darussalaam. Kurang lebih sama dengan kota Sabang, yang juga letaknya di sebelah utara provinsi Nangroe Aceh Darussalaam. Pantainya termasuk perairan laut Andaman hingga berhadapan langsung dengan samudera besar, yakni lautan Hindia. Bandara yang bernama Malikussaleh adalah salah satu fasilitas layanan transportasi kota ini khususnya tranaportasi udara. Dan kota Lhokseumawe memiliki pelabuhan yang bernama Krueng Geukeuh yang khusus untuk angkutan yang melalui jalur lautnya.
36. TARAKAN. Kota ini adanya di propinsi Kalimantan Utara. Untuk transportasi via udara, Tarakan menyediakan bandar udara internasional yang dinamakan Juwata atau Juwata International Airport. Kota Tarakan termasuk unik karena merupakan kota pulau yang tentunya dikelilingi oleh laut.
Banyak yang menganggap bahwa kota atau wilayah yang berada di pantai, berhawa panas dan gersang. Boleh jadi betul, tapi itu semua relatif. Banyak negara-negara lain membangun kota dengan megah termasuk pencakar langitnya yang spektakuler. Bagaimanapun juga, kota di Indonesia khususnya yang ada di dekat laut, berbeda dengan kota-kota di dunia dengan kondisi geografis sama. Kota pantai di Indonesia tetap mencerminkan suburnya tanah di Indonesia, tidak gersang.
 
Referensi Data & Informasi Lebih lengkap : Google/maps.
Wikipedia, Google




Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Fenomena Kota Lainnya :

Nama Kota-Kota di Indonesia :Jakarta – Bandung – Makasar – Kupang – Semarang – Ambon – Jayapura – Pontianak – Banda Aceh – Jambi – Denpasar – Manado – Palu – Banjarmasin – Pakanbaru – Bandar Lampung – Surabaya – Mataram – Kendari – Padang – Palangkaraya – Samarinda – Yogyakarta – Palembang – Medan – Bengkulu – Gorontalo.



Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.