3 Liburan Panjang dan Libur Long Weekend di Indonesia


Ada beberapa sebab terjadinya liburan panjang dan long weekend untuk masyarakat Indonesia yakni liburan akhir tahun atau pergantian tahun, liburan saat hari raya Lebaran Idul Fitri dan libur long weekend lainnya yang tak terduga. Berikut penjelasan lengkapnya :
LIBUR AKHIR TAHUN. Ada juga yang menyebutnya libur pergantian tahun. Ini terjadi di minggu terakhir bulan Desember sampai tanggal 1 Januari tahun baru, bahkan bisa lewat dari tanggal 1. Liburan panjang ini terjadi karena pada tanggal 25 Desember ada libur Natal bagi umat.Nasrani. Setelah tanggal 25 Desember yaitu 26 Desember sampai tanggal 31 Januari, ada potensi hari kejepit. Kalau tanggal 25 Desember jatuh pada hari Sabtu, maka tanggal 26 Desember jatuh hari Minggu pasti libur. Dan lagi di masa setelah tanggal 25 itu sudah banyak yang cuti. Bagaimana bisa terjadi potensi hari kejepit ? Kalau tanggal 25 Desember tepat di hari Kamis atau hari Selasa. Hari Kamis libur karena tanggal merah lalu Jum’at bukan tanggal merah , maka Sabtu dan Minggunya sudah pasti libur. Nah hari Jum’at nya itu banyak yang tidak masuk, sehingga terjadilah long weekend. Libur empat hari yaitu tanggal 25, 26, 27 dan 28 Desember. Ditambah lagi sisa tiga hari sebelum tanggal 1 Januari yaitu tanggal 29, 30 dan 31 Desember yang adalah hari Senin, Selasa dan Rabu. Lalu hari Kamis yang sudah pasti libur karena tanggal merah yaitu tanggal 1 Januari yang posisinya di pertengahan minggu akan ketemu lagi besoknya yaitu hari Jum’at yang lalu lusanya hari Sabtu dan Minggu. Maka yang berresiko libur lagi yaitu tanggal 29, 30, 31 Desember dan 2 Januari di hari Jum’at yang jadi hari kejepit lagi. Jadi panjangnya liburan Natal sampai akhir tahun bisa delapan hari. Belum lagi tanggal 2 Januari yang pas di hari Jum’at, lagi-lagi hari kejepit karena setelah itu ada hari Sabtu dan Minggu yaitu tanggal 3 dan 4 Januari. Tiga hari awal Januari tersebut bisa jadi banyak yang libur juga.
LIBUR HARI RAYA LEBARAN ATAU IDUL FITRI.
Liburan panjang untuk momen ini memang sudah menjadi jatah tahunan. Tanggal berapa aja hari lebaran tepatnya, biasanya beberapa hari sebelum lebaran dan sesudahnya, sudah diliburkan, setidaknya sudah banyak yang libur. Jadi tidak ada hari kejepit dan hari hari yang tanggung. Cuti Idul Fitri ada enam hari. Setelah hari itu kalau masih ada juga yang libur tanpa ijin, maka dia dianggap bolos, mangkir.
LIBURAN PANJANG BIASA. Long weekend tentu bukan libur Lebaran dan libur akhir tahun. Tapi libur long weekend bisa terjadi di akhir pekan berbarengan dengan libur lebaran dan libur akhir tahun. Selain bersamaan dengan lebaran dan pergantian tahun, long weekend akan terjadi bila kondisi-kondisi yang berikut ini :
1. Hari Jum’at tanggal merah karena bertepatan di hari itu ada hari besar nasional atau hari raya keagamaan selain Lebaran, Natal dan tanggal 1 Januari. Dengan tanggal merah di hari Jum’at berarti jadi ada tiga hari libur yaitu Jum’at, Sabtu dan Minggu. Hari Sabtu dan Minggu memang selalu tanggal merah meskipun bukan hari besar nasional dan hari raya keagamaan. Libur tiga hari di akhir pekan ini bisa disebut libur panjang atau long weekend.
2. Hari Senin yang tanggal merah. Ini berarti ada tiga hari libur juga yaitu : Sabtu, Minggu dan Senin. Dua hari libur biasa yaitu Sabtu dan Minggu diikuti hari Senin yang tanggal merah yang berarti libur juga. Dengan begitu disebut juga libur panjang atau long weekend.
3. Long weekend karena ada hari yang bukan hari libur diapit oleh tanggal merah. Misalnya hari Kamis tanggal merah lalu Jum’at bukan tanggal merah, kemudian Sabtu dan Minggu libur seperti biasa. Nah hari Jum’at nya itu yang berpotensi menjadikan long weekend empat hari. Libur panjang. Atau jika hari Sabtu dan Minggu libur biasa lalu Senin tidak libur, kemudian hari Selasa libur lagi. Ini juga bisa menimbulkan liburan panjang empat hari. Bagaimana bisa itu terjadi ? Fenomena hari kejepit di kalender adalah tidak sedikit orang yang ijin untuk cuti bahkan ada juga yang bolos di hari itu. Karena merasa tanggung dan ingin libur panjang, maka terjadilah long weekend seperti itu. Karena banyaknya orang yang libur karena hari kejepit, maka ada aturan baru yang muncul, yaitu ganti hari. Misalnya tanggal merahnya hari Kamis lalu Jum’atnya tidak libur. Diatur menjadi hari Kamis yang aslinya libur jadi masuk, terus hari Jum’at yang sebelumnya tidak libur jadi libur. Demikian juga jika hari Senin tidak libur lalu Selasanya libur, ditukar menjadi hari Senin yang diliburkan lalu Selasa yang tanggal merah jadi masuk. Aturan itu ada hubungannya juga dengan produktifitas kerja. Jangan karena ada hari kejepit jadi banyak yang libur bahkan bolos. Untuk penyebab terjadinya liburan panjang biasa selain Lebaran dan Natal sampai akhir tahun, sebetulnya ada beberapa lagi. Terjadi karena faktor alam, wabah penyakit dan peristiwa luar biasa lainnya.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :
barang antik

Kota-Kota Terkenal di Dunia : Mekah – Madinah – New York – Paris – London – Milan – Baghdad – Yerusalem – Shanghai – Hong Kong – Singapore – Los Angeles – Jakarta – Tokyo – Barcelona – Roma.

Logo PLM12

INFO DUNIA.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.