22+ Nama Sirkuit Untuk Arena Balap Motor MotoGP


Kejuaraan balap motor MotoGP diselenggarakan dengan belasan seri. Masing-masing seri diadakan di lokasi sirkuit yang berbeda dan beda pula kota dan negaranya. Beberapa sirkuit selalu rutin menjadi tuan rumah sejak puluhan tahun lalu. Di kejuaraan tahun 2020 dan tahun 2021, dalam satu musim, beberapa sirkuit mengadakan dua kali event secara berturut-turut. Itu dilakukan karena untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan membatalkan beberapa negara tuan rumah yang status pandeminya masih tinggi. Baiklah berikut beberapa nama sirkuit balap tersebut :
Algarve. Berada di Portimao, Portugal. Selain sirkuit Estoril, Portugal juga punya sirkuit level internasional yang bernama Algarve ini.
Americas. Venue balapan ini adanya di kota Austin yang juga sebagai ibukota negara bagian Texas di Amerika Serikat.
Aragon. Ini sirkuit ada di negara Spanyol.
Assen. Di sirkuit inilah satu-satunya balap motor MotoGP berlangsung hari Sabtu. Sirkuit Assen adanya di negeri Kincir Angin Belanda.
Brno. Ini sirkuit MotoGP yang ada di benua Eropa Timur yaitu di kota Praha, Republik Ceko.
Termas de Rio Hondo. Di kota Buenos Aires. Buenos Aires adalah ibukota dari negara Argentina di Amerika Selatan. Sirkuit ini adalah salah satu venue batal menjadi penyelenggara balap MotoGP musim 2020 dan 2021. Penyebabnya adalah masih tingginya kasus Covid19.
Buriram. Nama lainnya sirkuit internasional Chang. Ada di salah satu negara Asia Tenggara yaitu Thailand,
Catalunya. Berada di kota Montmello, Barcelona Spanyol. Sirkuit ini selalu rutin menghadirkan kejuaraan balap motor MotoGP.
Jerez. Dikenal juga sebagai sirkuit Angel Nieto. Trek ini berada di negeri Matador Spanyol. Di masa pandemi Covid-19, di tahun 2020, sirkuit Jerez menjadi sirkuit yang mengadakan lomba dua kali berturut-turut. Demikian juga di musim 2021.
Laguna Seca. Terletak di Monterey, Kalifornia, Amerika Serikat. Balapan Superbike atau WSBK juga kerap diadakan di sini.
Le Mans. Adanya di negerinya Fabio Quartararo yaitu Perancis. Sirkuit ini adalah salah satu sirkuit yang ditunjuk oleh panitia untuk menggelar balap MotoGP dua kali berturut-turut pada musim lomba 2020. Begitu juga di tahun 2021.
Losail. Adanya di negara Qatar yang letaknya di kawasan Timur Tengah. Sejak pertama kali ditunjuk oleh panitia lomba motoGP, sirkuit Losail selalu menjadi seri pertama dalam kalender balap MotoGP. Kota Losail menjadi kota yang pertama kali menjadi tuan rumah lomba MotoGP di kawasan Timur Tengah. Balapan di Sirkuit Losail ini biasanya berlangsung pada malam hari.
Mandalika. Selain sirkuit Sentul, Indonesia juga punya arena balap MotoGP yang berada di Nusa Tenggara. Namanya sirkuit tersebut adalah Mandalika.
Misano. Nama lainnya yaitu sirkuit Marco Simoncelli yang merupakan nama seorang pembalap MotoGP Italia. Di mana letak sirkuit ini ? Ada di kota Rimini, Italia.
Mugello. Scarperia e San Piero, Tuscany, Italia. Venue ini rutin jadi host MotoGP,
Philip Island. Australia. Di musim lomba tahun 2020 dan 2021, sirkuit ini tidak menyelenggarakan event karena pertimbangan kasus Covid-19
Ricardo Tormo. Terletak di kota Valencia, Spanyol. Sirkuit ini selalu menjadi seri terakhir setiap motoGP berlangsung. Biasanya sudah ada juara dunia MotoGP ketika race berlangsung di sini.
Sachsenring. Berada di negara Jerman. Ada dua sirkuit lagi di negara ini yaitu Nurburgring dan Hockenheim.
Sepang. Berada di ibukota negara Malaysia yaitu Kuala Lumpur. Sebelum sirkuit ini digunakan, Malaysia memiliki arena balap lain yang sering menjadi venue motograndprix yaitu sirkuit Syah Alam dan Pasir Gudang.
Silverstone. Selain Donington Park, Inggris juga mempunyai sirkuit terkenal yang bernama Silverstone. Satu lagi yaitu Sirkuit Brands Hatch.
Styria. Berada di Spielberg, Austria. Sirkuit ini juga sempat dinamakan sirkuit A1-Ring yang sering digunakan juga untuk balap mobil Formula-1 atau F1.
Twin Ring Motegi. Arena MotoGP ini berada di Jepang. Ini sirkuit Honda. Jepang juga mempunyai sirkuit lain yang terkenal yakni Suzuka.
Di musim kejuaraan tahun 2020, beberapa sirkuit yang telah disebutkan di atas, batal menyelenggarakan lomba karena menghindari resiko penularan virus Covid-19. Begitu juga halnya di musim lomba tahun 2021. Di tahun 2020, hanya di sirkuit Misano saja acara lomba MotoGP sudah dihadiri oleh penonton meski dalam jumlah yang terbatas. Spanyol menjadi negara yang sirkuitnya terbanyak digunakan yaitu empat sirkuit.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.