Halo !

promosi blog

Foto Ilustrasi Blog & Website

Baik teks blog maupun video blog, sama saja, keduanya perlu ide-ide untuk menciptakannya. Menceritakan tentang apa dan menampilkan kreasi bagaimana. Bahkan sebuah video blog yang pembuatannya lebih rumit kadang masih memerlukan inspirasi dari teks blog untuk bahan cerita berpromosi. Itu seperti halnya untuk membuat film yang perlu membaca terlebih dahulu sebuah novel tentang kisahnya baru dituangkan ke dalam karya film.
Blog dan vlog adalah media untuk kita bisa menuangkan ide dan informasi untuk disampaikan kepada masyarakat banyak khususnya pengguna internet. Blog berbeda dengan Vlog. Kalau blog adalah media dalam bentuk tulisan atau teks dengan sisipan foto dan juga bisa video. Sementara Vlog di Youtube adalah media untuk menyampaikan sesuatu ke masyarkat dalam bentuk video penuh. Tidak ada teks di sana kecuali hanya sedikit keterangan. Yang mana menurut kamu yang menarik ? Silahkan pilih yang dirasa paling cocok.
Oke ! Untuk siapapun yang baru mulai ngeblog atau juga ngeVlog, tapi bingung dan stuck untuk menentukan tema apa yang akan menjadi isinya, saya ingin berbagi beberapa tips sebagai pedoman dalam menggali ide penulisan dan pembuatan sebuah konten baik blog maupun vlog. Sebelum membahas tentang apa-apa saja yang bisa menjadi ide pembuatan tersebut, yang paling utama adalah niat dulu. Kamu harus punya niat untuk apa ngeblog dan ngevlog, Kalau tidak punya niat sebaiknya lupakan saja. Baiklah dimulai dari yang pertama :
1. Niat. Ibarat bahan bakar untuk kendaraan. Tanpa bahan bakar, kendaraan tidak akan bisa berjalan. Begitu juga dengan kegiatan blogging. Jangan coba-coba membuat blog tanpa niat. Maka berniatlah untuk membuat artikel blog atau video blog.
2. Berkarya dan beraktifitas positif. Ini masih lanjutan dari nomer 1 sebelumnya yaitu niat. Ini akan menjadi motivasi untuk memulai menulis artikel blog dan membuat video untuk vlog.
3. Hobi/Interest. Semua orang pasti punya hobi termasuk kamu-kamu juga. Hobi itu adalah kesenangan. Kalau kamu diajak untuk membicarakan tentang hobi pasti antusias sekali. Ini bisa untuk bahan penulisan sebuah artikel dan juga untuk bahan pembuatan video untuk vlog. Dari sebuah hobi, akan bisa menulis dan membuat video banyak sekali, karena sudah pasti Anda akan menguasai hal-hal yang berkenaan dengannya. Misalnya Anda punya hobi menyanyi, pasti bisa bercerita tentangnya, dari mulai cara bernyanyi, jenis lagu yang disukai sampai kepada artis-artis yang diidolakan yang berhubungan dengan lagu-lagu yang sering dibawakan. Ide konten blog dan video untuk vlog akan muncul dengan mudah dari hobi.
4. Pengalaman. Bisa diambil dari peristiwa yang dialami sendiri atau yang dialami oleh orang lain, teman misalnya. Tapi pengalaman yang baik-baik saja yang dijadikan konten blog dan juga untuk video blog untuk dibagikan ke publik, karena pengalaman buruk apalagi yang bersifat pribadi disarankan tidak dijadikan artikel blog apalagi untuk vlog. Bisa juga sih pengalaman buruk dijadikan konten untuk dishare untuk pembelajaran bagi para pembaca. Nah kalau pengalaman orang lain, untuk menuliskannya sebaiknya kamu meminta ijin dulu sama yang terlibat. Jika yang bersangkutan tidak keberatan, barulah bisa menulis artikel. Jika teman kamu welcome, pengalamannya menjadi sebuah video untuk vlog tentu langkah kamu akan lebih mudah.
5. Mencari ide bersama teman. Kalau tidak mampu untuk menemukan ide penulisan artikel blog dalam keadaan sendirian, maka ajaklah seorang teman atau beberapa orang untuk itu. Dari sebuah obrolan ringanpun bisa saja timbul inspirasi mendadak sebagai bahan konten blog.
6. Penyebab kehilangan ide dalam menulis artikel atau membuat video itu bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah kita sedang tidak mood. Kalau otak lagi tidak fokus maka inspirasi pun tidak akan didapat. Satu cara untuk mendapat inspirasi adalah dengan refreshing dulu. Dengan refreshing, pikiran jadi lebih rileks dan tidak ada yang beban berat.
7. Jualan Produk. Mungkin kamu punya sebuah barang yang bisa untuk dijual ? Kalau ada, boleh dicoba. Buatlah artikel semacam review barang yang akan Anda jual. Tulislah dengan lengkap, agar pembaca bisa tau informasi barang yang Anda jual tersebut.
Oke ! Itu beberapa tips untuk menggali inspirasi dan ide bahan pembuatan konten blog dan vlog. Biasanya setelah kamu menulis sebuah artikel lalu dipublish, ide-ide lain berikutnya akan muncul.
Selamat mencoba !
 

Tips Blog & Website Lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.