promosi blog

Foto Ilustrasi Blog & Website

Bisa bertengger di halaman pertama Google Search Engine adalah salah satu target yang diinginkan sebuah website dan blog. Dengan menempati halaman pertama atau setidaknya bisa masuk 5 besar di halaman pertama (kalo nggak di posisi pertama), peluang untuk mendapat kunjungan, pastinya lebih besar dan lebih banyak. Hanya sayangnya, untuk mencapai target tersebut, dari tahun ke tahun semakin berat, karena di halaman pertama hasil pencarian sudah ada website dan blog-blog yang beredar lebih dulu. Kalau website tersebut terus rutin update, maka kemungkinan besar posisi mereka di sana akan bisa bertahan. Lalu bagaimana dengan website dan blog yang lain ? Bisakah menyalip mereka ? Bisa saja ! Caranya ? Tentu dengan perjuangan dan kerja keras tanpa lelah. Detailnya ?
Oke, begini ! Untuk sementara lupakan target bisa tampil di halaman pertama Google termasuk dengan cara riset SEO, keyword dan ilmu SEO lainnya. Strateginya ! Jalankan promosi melalui “jalur lain”, misalnya melalui Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lain. Itu promosi secara online. Yang satu lagi promosi secara offline, misalnya memperkenalkan nama website melalui macam-macam souvenir termasuk kaos dan barang cetakan lain. Dengan cara itulah sebuah website atau blog akan semakin dikenal orang termasuk juga tema yang dibawanya tentunya. Dengan makin banyaknya orang mengenal website Anda, maka peluang untuk dikunjungi jadi semakin besar.
Langkah-langkah detil untuk promosi secara online :
1. Siapkan artikel atau konten sebaik mungkin. Apapun nichenya, buatlah secara profesional. Dengan artikel yang berkualitas dan memberi banyak informasi kepada pembaca, maka peluang untuk diShare oleh pembaca jadi semakin besar. Dengan diSharenya artikel maka peluang untuk menjadi viral akan terbuka.
2. Nama dan Logo website atau blog dibuat sebaik mungkin. Di dashboard Facebook dan media sosial lain, akan berpengaruh terhadap perhatian orang yang ada di group sosmed Anda. Pilihlah beberapa artikel yang Anda yakini menarik orang untuk dibaca. Tambahkan ke info kontak di akun Facebook.
3. Aktiflah kehadiran Anda di Facebook dan media sosial lain. Semakin aktif update status, maka anggota group akan semakin penasaran dan mencari tau. Mereka akan melihat-lihat info tentang Anda. Untuk poin no. 3 ini jika memiliki pertemanan lebih banyak maka akan lebih bagus.
4. Jangan terlalu sering ngShare link website ke group sosial media, karena hal itu akan dianggap spam oleh pihak Facebook, Twitter dan lain-lain. Lagi pula anggota group akan bosan dengan share-share yan Anda lakukan.
Itu beberapa langkah promosi online lewat media sosial. Lalu cara untuk promosi offline bagaimana ?
Yang pertama tentu dengan menceritakan tentang website dan blog Anda kepada orang-orang, terutama yang dikenal terlebih dahulu. Ceritakan tentang website tersebut termasuk temanya apa. Kemudian promosi melalui barang cetakan, misalnya kaos, kartu nama, sticker dan lain-lain. Promosi lewat barang cetakan ini pastinya membutuhkan biaya. Tentu harus disesuaikan dengan budgt yang ada.
Baiklah ! Itu beberapa cara untuk website agar bisa bersaing di dunia internet tanpa perlu masuk peringkat SERP Google di halaman pertama. Tapiiii… tunggu dulu ! Jangan salah yah, Google dan search engine lainnya tentu memperhatikan blog atau website yang banyak dikunjungi orang, meski tidak melalui hasil pencarian. Secara otomatis algoritma search engine akan mengutamakan website atau blog yang ramai visitor, meski tidak melalui hasil pencarian. Karena website atau blog itu memiliki nilai tambah bagi pengguna internet. Nah berarti secara tidak langsung langkah-langkah di atas sama juga melakukan SEO dengan cara yang berbeda.
Oke ! Selamat mencoba dan semoga sukses.
 

Tips Blog & Website Lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.