10 Cara agar Blog dan Website Mampu Bersaing di peringkat SERP Google Yang Semakin Ketat

Menempati posisi teratas halaman pertama di hasil pencarian Google atau SERP, kependekan dari Search Engine Result Page adalah keinginan semua pemilik blog dan juga website. Dengan bertenggernya sebuah blog ataupun website di posisi teratas atau minimal lima posisi teratas di hasil pencarian Google, tentu saja peluang untuk mendapat klik lalu kunjungan dari visitor jelas lebih besar. Bagaimana tidak ? Setiap orang yang mengetikkan atau memanggil sebuah kata kunci untuk mendapatkan barang atau informasi melalui Google, yang tampil pertama kali dan teratas adalah blog atau website kita. Namun tidak seperti beberapa tahun yang lalu, sekarang-sekarang ini untuk bersaing menempati peringkat teratas di halaman pertama Google, memang harus diakui semakin berat, terutama bagi website yang baru. Kenapa ? Karena di internet sudah banyak sekali blog dan website yang telah ada beredar dan dengan begitu secara otomatis kata-kata atau keyword yang berhubungan dengan suatu tema atau niche sudah terdaftar atau terindeks oleh Google.
Ditambah lagi dengan menjamurnya vlog yaitu blog yang berbasis video di Youtube yang akhirnya bisa memecah perhatian netter dari blog biasa ke vlog. Bisa Anda temukan begitu banyak blog dan website yang sudah ada di internet dengan temanya masing-masing. dari mulai berita, tentang blog itu sendiri, kesehatan, olahraga, life style, tema religi dan banyak lagi. Mereka itu semua sudah bertahun-tahun malang melintang di internet. Karena sudah lama di dunia maya, Google tentu lebih mengutamakan blog atau website mereka itu terutama yang rutin update. Lalu bagaimana caranya agar supaya blog dan website yang baru bisa bersaing di internet khususnya yang ingin menempati posisi bagus di hasil pencarian alias SERP Google ? Masih adakah peluang untuk berhasil ? Tentu saja ada ! Meski tentu pula dengan cara yang berbeda. Yang pasti … Dengan kerja keras !! Detailnya ?
Oke berikut aku share beberapa cara agar blog baik yang baru maupun website yang sudah agak lama, bisa bersaing di peringkat hasil pencarian Google alias SERP. Meski sebetulnya ini adalah cara-cara lama tapi Anda harus yakin, ini masih berlaku. Tentunya dengan beberapa penyesuaian agar selaras dengan perkembangan teknologi internet yang terus berubah, yaitu :
1. Buatlah artikel bagus dan bermutu. Akan lebih baik lagi artikel yang menjadi solusi permasalahan banyak orang. Kenapa harus membuat artikel bagus dan bermutu ? Sejak jaman awal-awalnya keberadaan blog dan website, yang namanya konten itu memang raja dan hingga kini sebuah konten yang berkualitas, meskipun pertamanya tidak terlalu bagus di mata Google, tapi kalau secara kebetulan orang banyak yang membutuhkan informasi dari isi konten tersebut, akhirnya Google pun “ikut-ikutan” menilai artikel tersebut sangat bagus dan mendapat rekomendasi untuk bersaing di peringkat SERP lebih baik lagi. Sekali lagi, ciri-ciri artikel yang bagus itu harus informatif dan bisa menjadi solusi bagi banyak orang yang memerlukan. Satu hal lagi, meski artikel Anda baru dipost, tapi karena rangkaian kata-katanya menarik dan enak dibaca, malah bisa lebih banyak orang yang terhibur dan akhirnya banyak yang berkunjung ke blog Anda. Bahkan bisa menjadi viral. Di sini kreativitas blogger sangat ditunggu-tunggu oleh pembaca.
2. Tulislah artikel minimal sebanyak 1000 kata. Meski persaingan SERP sudah makin berat, tapi artikel yang isinya lebih dari 1000 kata tetap menjadi syarat utama bagi Google untuk menilai bagus atau tidaknya sebuah blog atau website. Konten yang isinya lebih dari 1000 kata di mata search engine tetap lebih baik dibanding dengan artikel yang isinya sedikit. Dengan syarat jangan asal isinya banyak saja lho ya ! Tapi nggak karuan, banyak kata-kata yang diulang-ulang dan akhirnya jadi berkesan lebay. Buatlah artikel secara natural, apa adanya. Artikel yang Anda buat tersebut kemungkinan besar memang sudah ada di internet, tapi perlu diketahui, yang namanya internet itu bisa berubah setiap saat. Bisa saja beberapa artikel yang isinya mirip dengan yang Anda buat tadi, karena ada sesuatu hal, dihapus oleh pemiliknya atau dibanned oleh pihak Google karena melakukan sebuah pelanggaran. Nah dengan dibanned nya artikel tersebut, itu sebuah peluang untuk artikel Anda naik peringkat Google dan bisa masuk menggantikannya bahkan bisa lebih baik. Postinglah artikel secara rutin. Kalau tidak sempat menulis artikel setiap hari, bisa seminggu dua kali atau seminggu sekali. Yang penting rutin menerbitkan artikel sesuai jadwal.
3. Artikel List. Apa yang dimaksud dengan artikel list atau list article ? Artikel list adalah artikel yang isinya daftar tentang segala macam hal. Misalnya artikel dengan judul “10 Cara Bagaimana Agar Sukses Ngeblog..” atau “16 Langkah Untuk Menjadi Sukses Sebagai Youtuber” dan lain-lain sesuai dengan tema yang ditulis. Contoh lainnya seperti artikel yang sedang Anda baca ini. Sebuah artikel list selain ramah dengan system algoritma Google, juga banyak disukai oleh pembaca karena sifatnya yang sederhana dan informatif. Buatlah artikel list dengan 10, 16 atau 25 opsi. Ketiga jumlah tersebut sangat Google friendly, meski nggak menutup kemungkinan jumlah lain juga bisa, tapi 10, 16 dan 25 sudah dan masih terbukti hingga sekarang. Dan jangan lupa ! Seperti biasa targetkan bikin artikel minimal 1000 kata, lebih banyak dari itu akan lebih bagus.
4. Sertakan infografis. Maksudnya adalah menyertakan foto atau gambar di setiap artikel. Jika perlu dan ada waktu, buatlah channel video di Youtube, lalu embed ke artikel di blog. Apa manfaat foto dan gambar yang disertakan di artikel ? Jelas sekali artikel dengan foto atau Video Youtube lebih menarik dibanding konten yang isinya hanya teks saja. Tapi dengan catatan jangan terlalu banyak foto dan gambar yang diupload. Disarankan cukup dua foto saja. Dan khusus untuk blog yang disertakan video Youtube di dalamnya, akan jadi kelebihan tersendiri, karena kalau Anda suatu saat akan beralih jadi seorang youtuber atau mengelola vlog, maka video yang telah tampil di konten blog biasa tadi sudah ada banyak penontonnya. Seperti diketahui di jaman sekarang, internet tanpa video seperti kurang lengkap dan menarik. Bisa dilihat dalam keseharian, banyak orang yang sedang asik dengan smartphonenya itu kebanyakan sedang nonton video di internet. Jadi memang salah satu cara untuk bersaing di dunia internet perlu diselipkan hiburan di dalamnya. Dalam hal ini kreatifitas sangat diperlukan.
5. Promosi terus menerus tanpa henti. Anda pasti seringkan melihat iklan sebuah produk yang sudah laku tapi masih terus memasang iklan ?. Nah ! Produk yang laku saja masih terus beriklan, apalagi yang belum laku dan belum terkenal. Aku pernah mendengar cerita seorang yang sukses berjualan sebuah produk lewat media sosial Facebook. Ketika ditanya bagaimana caranya dia bisa begitu berhasil ? Jawabannya sangat sederhana : “Jangan pernah bosan untuk ngeShare di FB !” Simpel sekali bukan ? Memang yang namanya ngeShare berulang-ulang itu pekerjaan yang bikin bosan, apalagi produk kita belum ada yang beli juga. Tentu saja kondisi dia berbeda dengan blogger atau pemilik website, tapi promosi berulang-ulang itu sangat perlu dan itu berlaku untuk usaha apapun, termasuk untuk blog dan website. Di situlah tantangannya !
6. Jangan copy paste. Nyontek 100 persen artikel orang lain tanpa ijin dari yang punya adalah sebuah pelanggaran. System Google sebagai search engine terkini sudah bisa dengan mudah mendeteksi apakah itu artikel hasil copy paste atau artikel asli. Meski sekarang ini mungkin tidak ada hukuman untuk artikel hasil copy paste tapi system Google secara otomatis akan mengabaikan artikel tersebut dengan cara tidak mengindeksnya. Misalkan saja terindeks juga tapi posisi SERP nya tentu berada di urutan yang luar biasa jauh terbawah. Tentu itu jadi kerugian besar bagi sebuah blog dan website karena tidak bisa online dengan maksimal di internet.
7. Blog satu tema dan banyak tema. Silahkan saja pilih salah satunya ! Kedua jenis blog tersebut memiliki peluang untuk berhasil. Tapi khusus untuk yang blog dengan banyak tema atau istilah ngetopnya blog gado-gado, Anda harus membuat lebih banyak lagi artikel. Misalnya kalau dalam blog dengan satu tema atau blog niche memiliki 50 artikel maka untuk sebuah blog gado-gado butuh artikel sebanyak 250 artikel. Kurang lebih begitulah perbandingannnya.
8. Belilah nama domain sendiri. Buatlah blog atau website dengan domain yang berbayar, itu yang disebut dengan Top Level Domain atau TLD. Misalnya Andaaa.com, akuu.id dan lain-lain. Itu yang disebut dengan domain berbayar. Jangan membuat blog di domain yang gratisan, kecuali kalau memang cuma untuk belajar. Jika Anda memiliki blog dengan domain berbayar, maka Google ataupun semua pengunjung akan menganggap blog atau website Anda benar-benar serius dan profesional. Peluang untuk rangking yang bagus di search engine jauh lebih baik dibanding domain yang gratisan. Berbeda dengan yang gratisan yang namanya masih numpang di domain lain, misalnya Andaaa.wordpress.com atau akuu.blogspot.com. Siapkan nama domain yang menurut Anda matching dengan tema blog atau website. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang atau sulit diingat.
9. Untuk blog atau website baru. Jangan dulu menargetkan mendapatkan uang dalam waktu dekat. Tidak ada yang instan untuk sebuah kesuksesan. Seperti telah disebutkan di awal, persaingan di menempati peringkat SERP di Google sekarang ini sangatlah ketat. Jalani saja ngeblog dengan terus mengupdate konten dengan membuat artikel-artikel baru yang menarik para pembaca.
10. Informasi terkini. Ikuti terus perkembangan dunia blog dan website dari sumber yang terpercaya, misalnya WordPress dan Google sendiri. Dengan mengetahui akan perkembangan terupdate tentang internet, Anda akan bisa melakukan strategi pengembangan ngeblog atau website secara terarah.
Oke ! Demikianlah 10 cara agar blog dan website bisa bersaing di peringkat hasil pencarian Google atau SERP. Seperti yang telah disebutkan di atas, cara-cara tersebut memang 100 persen cara lama tapi kalau Anda jalani secara konsisten, masih sangat efektif. Hanya ada beberapa yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan perkembangan internet. Semoga sukses !
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *