Jaman Kejayaan Pebalap MotoGP. Dari Siapa ke Siapa Saja ?

Jaman kejayaan di adu balap motor prototype MotoGP telah berpindah dari Valentino Rossi sebagai yang pertama ke penerusnya yang berikut. Sejak tahun 2001 sampai sepuluh tahun kemudian, The Doctor berada di puncaknya. Rider Italia itu lagi kencang-kencangnya. Tujuh kali gelar juara duniapun sukses didapatnya. Lalu siapa penerusnya tersebut ? Bukan Nikki Hayden atau Casey Stoner, tidak pula Jorge Lorenzo. Nama-nama itu memang pernah juara dunia MotoGP, tapi sudah lama tidak juara lagi. Dua nama pertama yaitu Nikki Hayden dan Casey Stoner sudah tidak di MotoGP lagi, sementara Lorenzo harus berjuang keras untuk menyusul Marquez bahkan harus bersaing racer-racer muda yang juga berambisi juara. Orang yang dimaksud sebagai penerus itu adalah Marc Baby Alien Marquez yang hadir sebagai rookie Motograndprix sejak juara pertama kalinya pada tahun 2013 hingga juara beberapa kali beberapa tahun kemudian. Terlepas dari kontroversi yang ada, realitanya memang dia sudah lebih dari 5 kali juara dunia.
Tahun 2018 Marc Marquez menang lagi. Spaniard yang sukses dengan tim Repsol Honda ini sudah jadi salah satu legenda di balapan motor MotoGP. Gelar juaranya sudah lebih dari tiga kali. Siapa lagi yang bisa menyalipnya saat Marquez berada di top form ? Pembalap tim mana lagi yang mampu menempel Si Nomer 93 dengan ketat di trek ketika dia sedang dalam kondisi 100 % ? Boleh jadi siapapun rider yang bisa membayanginya untuk beberapa seri bahkan mengunggulinya, dialah yang akan membuat MotoGP semakin ramai
Kemudian tahun 2019 memang sudah menjadi pengesahan masa jaya-jayanya si Marc Marquez ini. Dominasinya tak terbantahkan. Sempat mendapat tantangan keras dari pembalap lain dan juga disalip, tapi Marquez sudah unggul point jauh. Titel ke-6 pun sudah di tangannya. Selanjutnya tinggal menyamai rekor The Doctor Valentino Rossi. Tujuh kali juara dunia target berikutnya. Di usianya yang belum mencapai 30 tahun, sudah menyandang predikat juara dunia 6 kali. Sanggupkah Marquez mencapai 10 kali juara dunia ? Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Yang pasti tantangan dari rider yang berbakat dan lebih muda akan hadir dan tentu saja banyak dari mereka akan berusaha keras untuk bisa mengejar dan menyalipnya. Seperti juga The Doctor yang sempat tidak punya penantang lagi dan hanya diri sendirinyalah yang menjadi penakluk utama, begitu juga Marc Marquez. Atau adakah pembalap lain yang justru memulai masa kejayaan di Motograndprix dimulai di usia yang tidak muda ? Jorge Lorenzo kah ? Bisa saja ! Segala kemungkinan bisa saja terwujud !
Daftar Rider Yg Pernah Juara MotoGP !
Yang menyebabkan masa kejayaan si pembalap akan redup dan semakin hilang adalah : ‘
1. Ketika usia sudah tidak muda lagi alias menua. Yang disebut dengan istilah “Faktor U” ini memang tidak bisa ditahan-tahan. Angka usia bertambah tapi kemampuan, cepat atau lambat sudah pasti menurun.
2. Cedera parah akibat kecelakaan. Benturan keras akibat terjatuh belum bisa menjadi pulih 100%. Lutut, lengan dan jari-jari misalnya, kalau terganggu jelas akan berpengaruh ketika membalap.
3. Faktor kejenuhan ? Sepertinya sih nggah yah, karena mereka adalah pembalap yang sangat profesional. Tentu mereka senang tampil secara all-out di sirkuit, sekaligus untuk memuaskan penonton yang menanti-nanti aksinya.
Berbeda dengan kejayaan suatu negara di cabang olahraga, sepakbola misalnya. Tidak terpengaruh usia. Beberapa pemain kalau sudah tua yang pasti ada regenerasi dari organisasinya. Kalau di balapan MotoGP yang turun kan perorangan. Kalau si rider sudah tidak juara lagi berarti dia sudah tidak dibilang berjaya lagi. Performa pun makin menurun dan terus menurun dan akhirnya tinggal kenangan setelah tidak ikut bertarung lagi di sirkuit.
 

Motograndprix Yang Lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *