Hai pembaca,

bendera Indonesia

Foto : plm12.com

Kumpulan berikut ini adalah kata-kata asli dari bahasa Inggris. Entah di negeri asalnya, kata-kata ini adalah kata-kata istilah gaul atau bukan, tapi oleh orang Indonesia dipakai untuk komunikasi sehari-hari dan bukanlah bahasa resmi Indonesia. Untuk berbagai keperluan, misalnya ngobrol dengan teman, saudara, komunitas dan kelompok lainnya kata-kata ini dipakai apa adanya. Yang dimaksud apa adanya adalah dari Inggrisnya bentuk katanya seperti itu, cara pengucapannya juga sama, orang kita pun dalam mengucapkannya juga sama persis seperti aslinya. Meski dalam penulisannya, misal di Sosial Media, Email dll, orang kita masih banyak yang salah ketik alias typo. Yah, namanya juga bahasa orang luar negeri, yang penting maksud dan tujuannya kesampaian deh, ya kan ? Dan seluruh kata yang ada di daftar ini diartikan secara sederhana saja dan memang dipakai untuk kata dan istilah gaul di Indonesia, bukan seperti yang ada di kamus lengkap bahasa Inggris pada umumnya. Nah inilah daftarnya :
All : Artinya adalah semua. Di Indonesia digunakan sebagai kata seru. Seruan dan sapaan untuk orang banyak. Misalnya : “Hello all !” Halo semuanya.
Bye : Ucapan perpisahan yang artinya selamat tinggal. Contoh : “Aku pulang yah, Kim !”..”Okee..”BYE” hati-hati yaa…”
Baby : Kata ini digunakan untuk menyebut seseorang yang sangat disayang. Dipakai juga untuk menyebut anak orok atau bayi. Panggilannya menjadi babe (baca : beib). Contoh :”Alhamdulillaah…dia sudah punya “baby” (punya bayi).
Back Street : Menjalani perbuatan secara diam-diam. Tanpa ada ijin. Oleh karena khawatir perbuatannya itu diketahui orang lain, misalnya orangtua.
Bad Mood : Suasana hati yang sedang tidak bagus, kurang enak, gelisah. Contoh : “Aku kalo lagi bad mood gini, sulit sekali cari-cari inspirasi untuk menulis.”
Band : Di dalam pergaulan sehari-hari, kata ini jika didahului dengan kata “Anak” dan menjadi anak band, maka artinya untuk menyebut seseorang yang kegiatan sehari-harinya bermain musik. Meski begitu walaupun bukan pemain musikpun, tapi kalau dandanannya sama dengan gaya para musisi yang sudah ngetop, terutama, maka ada juga yang menyebut orang itu dengan sebutan “anak band”. Misal : “Eh, gaya lu kayak anak band deh !”
Black : Artinya hitam. Kata ini biasanya dipakai sebagai pengganti nama panggilan orang yang berkulit hitam. Nama aslinya tetap ada, tapi oleh teman-teman akrabnya, dia dipanggil “Si Black”
Break : Istirahat atau jeda. Kata ini sering dipakai saat kegiatan resmi, pertemuan di kantor dan seminar. “Oke kita “BREAK” dulu yah untuk sesi hari ini, Insya Allah dilanjutkan lagi besok.”
Broken Home : Istilah ini digunakan untuk menyebut situasi rumah tangga yang kacau. Karena salah satunya orangtua ada masalah maka hubungan anak dengan ayah ibunya jadi tidak harmonis.
Care : Perhatian, peduli. Misal : “Waktu aku sakit, dia “CARE” banget deh, banyak menghibur dan bikin semangat.”
Chubby : Arti kata sifat ini adalah gemuk atau montok pipinya. Meski tidak banyak yang memakai kata ini, tapi chubby sudah menjadi kata gaul di Indonesia.
Clear : Ini adalah kata sifat yang artinya jelas, jernih. Tapi di pergaulan Indonesia, kata ini digunakan juga untuk menjelaskan permasalahan yang sudah selesai dengan tuntas. Contoh : “Yef ! Gimana pertemuan rapat kemarin yang ricuh ?” “Sudah selesai, Bos ! Sudah CLEAR semuanya”
COD : Ini adalah sebuah singkatan dari dari bahasa Inggris Cash On Delivery yang artinya Bayar Setelah Pengiriman. Tapi yang sudah terlanjur populer adalah kata COD nya, karena banyak orang nggak mau ribet menyebut Cash On Delivery. Istilah COD terkenal sejak system penjualan dan pembelian secara online via internet semakin berkembang pesat di Indonesia, seperti marketplace dan bisnis online.
Comeback :Kembalinya. Kembali aktif setelah lama tidak muncul, entah karena sakit atau halangan lain. Misalnya : “Comebacknya aktris cantik tersebut di dunia entertainment sudah lama dinantikan para penggemarnya.
Cool : Sebuah kata sifat yang artinya keren, cakep, bagus. Biasanya untuk menyebut seorang lelaki yang keren tampan dsb.
Cute : Cantik. Ini sebutan khusus untuk seorang perempuan.
Date : Arti kata sebenarnya adalah tanggal dan bisa juga buah kurma. Tapi untuk pergaulan di Indonesia, kata ini kalau ditambah imbuhan “nge” jadi ngeDATE, maka artinya adalah membuat janji dengan seseorang. Janjian.
Deal : Sepakat, sama-sama setuju. Diucapkan setelah kedua belah pihak sudah cocok. Misalnya dalam jual beli. “Harga sudah “DEAL”, tinggal administrasinya aja.”
Door to door : Ini istilah lama yang artinya “Pintu ke pintu”. Cara seorang penjual barang atau sales dalam menawarkan produknya dari rumah ke rumah disebut dengan “Door to Door”.
Down : Kata sifat yang berarti sedih, murung, galau. Di dalam bahasa Inggris, selain artinya jatuh, makna kata ini juga begitu. Demikian juga untuk kata pergaulan di Indonesia.
Easy Going : Jalani saja atau jalanin aja. Misalnya untuk perjanjian menjalani sebuah kesepakatan.
Ending : Biasanya kata ini dipakai untuk sebuah cerita atau kisah film ataupun drama. Ending artinya adalah akhir. Contoh pemakaiannya : “Eh, aku nggak tahu ENDING ceritanya film yang tayang kemarin gimana ?
Excite : Ini termasuk ungkapan dan biasanya sering digunakan untuk respon atas sebuah tempat yang mengasyikkan, indah serta menarik. “Excite banget !”
Error : Arti kata ini adalah kesalahan. Dipakai juga untuk pergaulan di Indonesia, tapi biasanya untuk menyebut seseorang yang kelakuannya tidak normal atau kacau.
Face : Artinya adalah wajah. Begitu juga untuk pemakaian pergaulan di Indonesia.
Facial :Kata ini juga berhubungan dengan wajah tapi khusus untuk perawatannya. Klinik kecantikan, aesthetic dan salon, biasanya ada layanan facial ini.
 
Baca Lebih Banyak : Kumpulan Kata Istilah Yang Sudah Umum Tentang Kecantikan dan Kesehatan.
 
Fair : Dibaca : fer. Artinya : Bersifat terbuka, berterus terang.
Feeling :Artinya adalah perasaan atau rasa. Ini kata gaul lama. Pemakaiannya untuk beberapa kondisi. Misal : “Kamu kayanya ada “Feeling” deh sama dia ?” Maksudnya “Feeling” di kalimat itu adalah suka. Atau : “Gitaris itu “Feelingnya” amat kuat dalam memainkan nada-nada”
Fine : Ini adalah kata sifat atau adjective. Di dalam pergaulan ada orang Indonesia yang menggunakan kata ini untuk menerangkan keadaan pribadi baik secara fisik maupun mental. Misal : “Det ! Kemarin aku lihat kamu pucat deh, lagi sakit yah ?” “Ah nggak tuh, aku FINE-FINE aja kok !”
Free : Ada yang memakai kata ini untuk menerangkan tentang barang dagangan atau jasa. Free artinya adalah gratis. Contoh penggunaannya : “Rin ! Ini barang seharusnya FREE loh ! Gratis alias Nggak bayar.” Arti kata Free juga bisa bebas, tidak terikat apapun.
Fun : Ini juga termasuk kata sifat yang artinya senang bisa juga menyenangkan.
Gathering : Kumpul-kumpul dalam sebuah acara di sebuah lokasi.
Gym : Tempat olahraga senam. Pemakaiannya untuk kata gaul Indonesia untuk menunjukkan kata tempat atau lokasi. “Saya sedang berada di gym”. Sementara senam dalam bahasa Inggrisnya adalah gymnastic.
Hack : Kata ini muncul dan dikenal setelah banyak terjadi kasus pembajakan system operasi dan aplikasi komputer. Ketika jaman HP smartphone sekarang-sekarang ini, istilah hack semakin terkenal dan juga dipakai untuk menyebut pembajakan ponsel tersebut. Cara pemakaian katanya adalah “dihack”. Orang yang melakukan pembajakannya disebut dengan istilah hacker. Misal : “Teman-teman, hapeku lagi dihack nih, kalo ada kabar terutama urusan pinjam atau transfer duit dengan menggunakan nomerku, tolong abaikan aja yah, soalnya itu bukan aku.”
 
Baca Lebih Banyak : Kumpulan Kata Istilah Gaul Yang Muncul dan Terpengaruh Hadirnya Teknologi Komunikasi Ponsel dan Smartphone.
 
Handle :Menangani urusan atau pekerjaan, baik yang kecil maupun besar. Contoh : “Mun, besok aku ijin nggak masuk, tolong kamu “HANDLE” dulu yah kerjaanku.”
Hang : Penggunaannya ngeHang yang artinya tidak bisa beroperasi, berhenti. Pada awalnya populer untuk istilah di komputer, lama kelamaan ponsel pun kalau sistemnya nggak bisa dipakai, maka disebut juga ngeHang.
Happy : Bahagia yang adalah sebuah kata sifat juga. Kata ini sudah menjadi kata gaul di Indonesia sejak lama. Happy dibaca hepi.
Holiday : Liburan. Meski jarang tapi kata ini dipakai juga untuk pergaulan.
Home Sweet Home :Kebalikan dari “broken home”, maka home sweet home adalah situasi damai dan harmonis di rumah termasuk juga dalam sebuah keluarga. Hubungan orangtua dan anak berjalan sangat menyenangkan.
Honey Moon : Ini adalah acara yang sangat spesial bagi pengantin baru. Kata ini artinya adalah bulan madu. Honey moon (Baca : Hanimun), dilakukan oleh pasutri baru dengan berjalan-jalan ke tempat-tempat yang menarik sesuai rencana mereka di hari liburan. Honey moon juga sudah menjadi kata gaul di Indonesia.
Hot : Kata ini arti sebenarnya adalah panas. Tapi sering juga digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat menarik perhatian, misalnya gayanya yang memikat.
Interest : Minat, ketertarikan, tertarik, kesukaan akan sesuatu.
Jaman now : Jaman sekarang. Perpaduan antara kata bahasa Indonesia dengan kata Inggris maka jadilah seperti itu. Terlihat memang lucu, namun demikianlah realita sosial.
Job : Artinya adalah pekerjaan. Dapat job = Dapat pekerjaan. Misal : “Bu, insya Allah aku dapat tawaran JOB yang menarik. Do’ain yaa.”
Kick : Arti sebenarnya adalah menendang. Tapi di pergaulan orang Indonesia, kata ini artinya menjadi meledek atau mengejek orang lain baik becanda atau tidak. Semacam membully. Ledekan balasannya disebut dengan kick balik.
Laundry : Kata ini dikenal orang karena banyak terpampang di billboard, spanduk dan banner iklan di lokasi keramaian, maka akhirnya jadi ucapan keseharian. “Kalo pakaian kotor banyak, bawa ke “laundry” aja, biar nggak capek.” Laundry adalah pencuci pakaian kotor.
Level : Artinya adalah batas, tingkatan. Di pergaulan orang Indonesia, kata level dipakai untuk menyebut tingkat kemampuan. Misalnya : Level kamu masih jauh di bawah saya. Kata level digunakan juga untuk menganggap remeh orang lain.
Lifting :Angkatan, alumni, generasi yang sama. Misal : “Masih ingat orang yang tadi nggak ? Diakan satu “Lifting” juga sama kita.”
Low Profile : Artinya adalah rendah hati, tidak sombong. Demikian juga di pergaulan orang Indonesia, kurang lebih artinya sama. Tidak mau pamer sesuatu kepada orang banyak.

Breaking Info !
YOU ARE AT :
plm12

Fenomena Sosial – Opini Olahraga – Tips & Trik – Hiburan – Sekilas Info

Like : Penggunaannya : NgeLike, yang artinya memberikan tanda like atas postingan orang lain di media sosial. Populer bersamaan makin mewabahnya aplikasi Facebook, Twitter di internet.
Lock : Artinya terkunci. Penggunaan di Indonesia menjadi ngeLock yang artinya terkunci sendiri, ngunci. Lebih sering dipakai untuk yang berhubungan dengan gadget ponsel dan komputer.
Making Love : Bercinta. Pada perkembangannya di kata gaul Indonesia dua kata ini disingkat jadi ML dan jadi istilah gaul juga.
Mania : Demam, Gandrung, Senang sekali akan sesuatum keranjingan. Misalnya musik Mania : senang musik dan bolamania : sangat suka akan sepakbola.
Married : Nikah. Dipakai juga untuk pergaulan di Indonesia. Contohnya : “Eh ngomong-2 kamu udah maried blum sih ?”
Matching : Keadaan yang pas, cocok. Misalnya berbusana. “Kamu pakai kaos itu kayaknya nggak matching deh sama celananya !”
Meeting : Pertemuan. Rapat di kantor, pabrik dan lain-lain.
Metal : Arti kata ini dari bahasa Inggris ini sebetulnya adalah logam, tapi berhubungan dengan salah satu jenis musik, orang Indonesia terutama penggemar musik heavy metal memakai kata ini untuk menyebut seseorang yang berpenampilan seperti gaya musisi musik cadas tersebut. “Anak Metal”
Mini market : Kalau market aja sangat jarang dipakai, tapi kalau mini market dan super market sering dipakai sehari-hari. Mini market lebih kecil dari super market.
Miss :Kangen, rindu, bisa juga kehilangan. Kata ini juga sudah menjadi kata gaul di Indonesia.
Negative Thingking : Arti kata ini adalah pikiran negatif. Biasanya seseorang yang berpikiran negatif itu dia terburu-buru mengambil kesimpulan atas suatu keadaan, tapi kesimpulan dia ternyata keliru. Arti kata negatif thingking bisa juga sama dengan buruk sangka.
Mood : Sebuah kata sifat untuk menerangkan keadaan diri seseorang yang sedang tidak siap beraktifitas. Suasana hatinya kurang sedang tidak enak. Contoh : “Aku lagi nggak mood nih, maaf yah ga bisa ikutan.”
Next : Berikutnya. Misalnya dalam penggunaannya : “Oke, next kita bisa ngobrol lagi.
Number One : Nomer satu. Untuk menyebut prestasi, performa yang bagus dan terbaik.
Oh My God (OMG) : Ungkapan yang artinya “Ya Allah !”
Old and New : Ini sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut acara malam tahun baruan.
Open House :Artinya rumah yang terbuka tapi dalam arti siap menerima tamu siapapun dan darimanapun untuk sebuah acara silaturahmi seperti Idul Fitri dan acara tidak resmi lainnya. Yang mengundang untuk acara Open House biasanya pejabat dan orang berpengaruh.
OTW : Kependekan dari On The Way. Artinya sedang dalam perjalanan menuju ke tempat tujuan.
Over Acting : Arti kata ini untuk pergaulan di Indonesia adalah berlebihan dalam bertingkah di depan orang banyak. Contoh : “Aku nggak suka sama orang yang OVER ACTING banget, lebay kalo lagi di depan orang-orang”
Perform : Tau pengertian dari tampil ? Benar ! Kata perform pengertiannya kurang lebih sama. Lebih lengkap lagi perform itu tampil untuk menunjukkan kemampuannya di depan penonton. Misalnya seorang penyanyi di atas panggung.
Playboy : Sebutan untuk laki-laki yang memiliki banyak pasangan, sering gonta ganti pasangan. Seorang playboy dengan berbagai macam cara mampu memikat banyak wanita.
Please : Minta bantuan dengan berharap. Minta pertolongan. Contohnya : “Kak, please … aku minta tolong sekaliii ini aja.”
Positive Thingking : Ini lawan kata dari negative thingking. Orang yang positif thingking itu selalu berprasangka baik sebelum berkesimpulan atas sebuah keadaan yang terjadi. Selalu sangka baik juga sama orang lain.
Power :Kekuatan dan pengaruh besar. Yang punya POWER adalah orang yang cukup disegani dan dihormati. Contoh : “Dia punya POWER untuk melakukan lobi-lobi ke pihak pejabat pemerintahan.”
Print :Artinya adalah cetak. Sering juga diucapkan dalam pergaulan, misalnya : “Fan, nanti kalo proposal sudah rampung langsung PRINT yah.”
Push : Mendorong. Pemakainnya ngePush artinya jadi mendorong. Tapi bukan untuk mendorong sebuah benda melainkan untuk mendorong semangat untuk terus bergerak, untuk bertindak.
Rest area : Artinya adalah kawasan untuk beristirahat. Di Indonesia juga digunakan untuk menyebut tempat seperti itu dan biasanya di sepanjang jalan tol di kilometer yang ditentukan sebelum sampai pintu keluar tol.
Rock : Berhubungan dengan musik cadas, hard rock. Kalau pemakaiannya ditambah awalan “nge” dan jadi ngeRock, maka artinya main musik gaya musik rock.
Set : Kata ini biasanya dipakai di dunia olahraga seperti badminton. Set satu, set kedua dan rubber set. Tapi ada lagi yang memakai kata ini misalnya dalam sebuah perdebatan, saling balas kata-kata. Ada salah satu yang terus membalas kata-kata. Nah itu yang dinamakan dengan istilah nggak mau ngalah, bisa aja ngeles. Maka disebutnya nggak mau “kalah Set”.
Share : Pemakaiannya NgeShare : Arti kata ini adalah berbagi info di medsos.
Seventeen : Artinya tujuh belas. Angka tersebut termasuk spesial untuk usia orang. Ini angka satu-satunya yang sering digunakan sebagai candaan kalau dia itu masih muda, meski kenyataannya sudah tua.
Shoot : Menembak, mengambil gambar. Dipakai juga misalnya dalam permainan olahraga bola basket dan untuk photografi.
Singel : Sendirian. Tidak punya pasangan, jomblo. “Sampai sekarang ini dia masih singel”
Slow : Sebuah kata sifat yang artinya lambat, Pelan, Tenang, santai.
Smart : Kata sifat yang artinya cerdas, cerdik, pandai.
Sorry : Minta maaf. Kata ini sudah lama digunakan dan termasuk jadul tapi masih dipakai juga dan tidak berubah cara mengucapkan dan bentuk aslinya. Misal : “Sorry bro, kemaren gw gak bisa dateng”
Stop : Berhenti. Kata ini sudah menjadi umum diluar kata-kata gaul. Untuk tanda lalu lintas, parkir dan bermacam-macam iklan misalnya.
Strong : Kuat baik fisik maupun mental, tapi lebih sering mentalnya. Misalnya dalam pemakaiannya : “Dia banyak masalah tapi strong banget menghadapinya !”
Stuck : Mentok. Misalnya kehabisan ide, nggak bisa mikir karena ada halangan tertentu. Mengalami kemacetan lalu lintas juga kadang-kadang dipakai oleh seseorang.
Swear : Arti kata ini adalah bersumpah. Diucapkan untuk meyakinkan orang lain untuk percaya. Kata ini kemudian ada juga yang mengucapkannya dengan suwer.
Sweet : Manis, cantik. Ini juga khusus sebutan untuk seorang wanita yang menarik.
Thankyou : Terima Kasih. Kata ini sudah sejak lama sering digunakan untuk pergaulan sehari-hari. Pada perkembangannya ada yang menyebutnya menjadi lebih singkat yaitu Thank’s.
Top : Artinya adalah posisi teratas. Berhubungan dengan barang, artinya adalah bagus, hebat dan semacamnya. Bisa juga terkenal. “Produk ini memang “TOP” deh, ngga ada saingannya.” Contoh lain : “Dia jadi ngeTOP karena eksis di Instagram.
Venue : Tempat yang bisa dikunjungi. Tempat keramaian, hiburan dan lainnya. Kata venue ini biasa dipakai pada iklan dan promosi.
You : Kamu, anda, engkau. Kata ini bisa dibilang sangat jarang digunakan. Hanya dipakai oleh kalangan tertentu saja.
Tidak semua orang Indonesia memakai kata-kata gaul asing yang telah disebutkan di atas. Meski beberapa diantara kata-kata yang di atas ada yang semakin jarang digunakan lagi. Dengan semakin menjamurnya teknologi komunikasi dengan beragam aplikasi yang berkembang sekarang ini, kata-kata gaul asli bahasa asing makin sering digunakan. Karena orang ingin berkomunikasi dengan cepat dengan temannya atau ingin terlihat gaya dan eksis. Kata-kata dan istilah gaul asing juga sering digunakan untuk iklan promosi produk di media.

 

Serba-Serbi Kata dan Istilah Lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.