Di Mana Ada Lokasi Untuk Liburan Di Situlah Arena Berolahraga

Sebetulnya ketika sedang berlibur ke sebuah tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat hiburan yang menarik lainnya, peluang untuk bisa berolahraga juga ada, setidaknya berjalan kaki. Banyak yang berpendapat bahwa jalan kaki itu adalah salah satu olahraga yang ringan tapi sangat baik untuk kesehatan fisik. Tapi sayangnya meskipun berjalan kaki itu ringan dan menyehatkan serta murah meriah, kebanyakan orang untuk memulainya sangat berat dan malas. Oke deh, yang berikut ini adalah beberapa tips dan khusus untuk siapa saja yang merasa nggak sempat berolahraga apapun alasannya untuk bisa melakukannya. Artinya tips ini adalah melakukan aktifitas sekaligus jadi bisa berolahraga. Bagaimana caranya ? Di tempat-tempat wisata dan hiburan ! Lokasi yang ramai tersebut bisa dimanfaatkan di saat liburan sebagai sarana menyehatkan tubuh. Itu semua bisa berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani. Refreshing sambil berolahraga. Misalnya saja :
1. Bagi yang kebetulan sedang berkunjung ke kebun binatang Ragunan, lokasi hiburan yang letaknya di pinggiran kota Jakarta itu juga bisa jadi tempat untuk pemanasan otot-otot. Kebon Binatang Ragunan itu areanya sangat luas, berhektar-hektar. Nah dengan berjalan kaki sambil melihat-lihat perilaku satwa-satwa yang ada di sana, itu sama aja dengan melakukan olahraga. Jangan tergoda dengan fasilitas angkutan hiburan yang ada di di sana, kecuali bila memang situasinya terpaksa harus menaikinya. Fokuslah untuk terus berjalan kaki. Luangkan waktu kurang lebih 15 menit berkeliling berjalan kaki santai melihat-lihat fasilitas yang ada di Ragunan. Berbeda dengan kebon binatang, kalau di Taman Mini atau TMII, melakukan olahraganya sambil belajar mengenal daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Mengunjungi beberapa anjungan budaya yang ada sambil sedikit-sedikit mempelajari kebudayaan propinsi lain di Nusantara. Sekali lagi, dengan jalan kaki cukuplah itu kualitasnya sama dengan berolahraga. Bagaimana dengan taman rekreasi di Ancol ? Yes ! Ini bisa menjadi sarana olahraga di Jakarta yang terletak di pinggiran laut. Suasana dan hawa pesisir pantai yang berangin tentu berbeda. Jalan kaki di kawasan wisata daerah utara ini menjadi salah satu pilihan berolahraga ringan.
2. Wisata outbound. Kalau aktifitas yang ini jangan ditanya lagi deh. Hiburan jenis ini memang nuansanya sangat bermain dan penuh tantangan. Lokasi biasanya di kawasan yang natural alias alami, jauh dari perkotaan. Beberapa jenis wahana permainan yang disediakan memang bisa memancing adrenalin dan menguras tenaga, termasuk arung jeram dan panjat tebing. Meski outbound itu lebih berresiko tapi liburan di lokasi-lokasi jenis ini bisa keluar keringat lebih banyak dibanding jalan kaki biasa. Dengan cukup minum air, energi akan kembali pulih setelah selesai bermain dan berpetualang.
3. Naik gunung. Jangan lari ketika naik gunung, soalnya ada sebuah peribahasa mengatakan bahwa : “Takkan Lari Gunung Dikejar” He he he.. Ya ! Yang namanya naik gunung juga caranya berjalan kaki. Sudah pasti, secara langsung ini menjadi olahraga juga, walaupun ketika sudah mendekati puncaknya, kondisinya berbeda karena pasti hawanya lebih dingin dibanding sebelumnya. Ini salah satu kegiatan yang paling seru terutama bagi para mereka yang suka akan tantangan alam. Sebetulnya yang tua-tua juga nggak sedikit sih yang naik gunung, kalau sudah begitu tergantung hobi deh. Kadang hobi memang bisa bikin orang lupa akan usia. Memang ada gunung yang ketika mendakinya harus mempersiapakan peralatan khusus karena ketinggiannya. Hanya para profesionallah yang memang siap. BTW, mendaki gunung adalah salah satu jenis wisata yang menyenangkan termasuk mengagumi indahnya pesona alam ketika telah tiba di puncaknya.
4. Travelling. Secara tidak langsung ini bisa menjadi arena olahraga juga dan pastinya juga berjalan kaki. Baik itu jalan-jalan di kota-kota yang ada di Indonesia maupun di luar negeri atau mancanegara ketika berlibur. Mengunjungi tempat-tempat yang menarik, indah dan eksotis dengan aneka ragam etnik dan keunikan budayanya yang mungkin tidak ada di negara sendiri, setidaknya suasana yang berbeda di tempat kita tinggal sehari-hari.
Baca : Beberapa Jenis Wisata Yang Mungkin Bisa Jadi Rencana Untuk Mengisi Liburan
5. Car Free Day. Ini hari libur bebas kendaraan. Ini memang waktu khusus di hari liburan, di mana di beberapa ruas jalan raya utama di ibukota Jakarta bisa menjadi tempat sementara berolahraga di pagi hari hingga menjelang siang, sesuai jadwal yang ditentukan. Jalanan yang sehari-hari selalu dipadati oleh kendaraan berbagai jenis dan hampir selalu macet parah, maka sewaktu Car Free Day atau CFD, pemandangannya sangat kontras berbeda. Bisa menjadi tempat refreshing sambil olahraga.
6.Jalan-jalan ke Mall, Trade Center dan semacamnya. Manfaatkan waktu-waktu berbelanja untuk berolahraga. Yang namanya mall itu kan komplek pertokoan yang cukup luas. Area yang begitu bisa dijadikan sarana pemanasan fisik juga dengan berjalan-jalan sambil melihat-lihat barang dagangan.
7. Waktu berada di rest area di kilometer tertentu di jalan tol, ketika sedang perjalanan menuju tempat wisata atau sewaktu pulang berlibur, peluang untuk berolahraga juga ada, meski nggak terlalu lama, lima menit atau 10 menit. Kalau bisa, parkir kendaraannya agak jauh dari toilet dan juga mushola, agar bisa berjalan kaki untuk pemanasan ke situ. Lelah setelah berjam-jam selama di perjalanan dan duduk stress di dalam kendaraan pun lumayan terobati dengan rehat sejenak di rest area jalan tol.
8. Waktu sedang antri macet menunggu giliran masuk kawasan wisata Puncak Cisarua Bogor. Karena di hari libur pada sore hari ada pemberlakuan sistem buka tutup dan satu arah. Turunlah dari mobil, luangkan waktu 10 menit atau 15 menit jalan-jalan. Kemana ? Kemana aja asal jangan terlalu jauh dari kendaraan berada. Lagi pula kendaraan nggak akan kemana-mana kan ? Lha wong sedang macet ngantri nunggu giliran.
9. Liburan Lebaran nggak kemana-mana ? Nggak mudik pulang kampung ? He he he…kampungnya di Jakarta yah ? Jalan-jalanlah ke jalan-jalan protokol di Jakarta. Ini seperti ketika Car Free Day, ada keasyikan tersendiri di sana. Memang apa yang menarik ? Kawasan yang biasanya lalulintasnya macet penuh dengan lalu lalang kendaraan, maka pas waktu libur Lebaran, sepi banget. Oke nikmati deh lowongnya jalanan. Pokoknya asik deh, jadi tempat berolahraga spesial ketika berlibur, khususnya saat liburan hari raya tiba.
10. Berziarah ke makam-makam orang-orang besar, para wali, ulama, sambil napak tilas perjalanan mengenai perjuangan mereka di masa lalu. Karena keberadaan makam-makam orang-orang besar dan berpengaruh, sudah pasti akan banyak didatangi oleh para peziarah dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri. Dan kawasan sekitarnyapun dikelola sedemikian rupa oleh pemerintah setempat agar tetap terjaga dengan baik.
Tempat bersantai di mana lagi yang pada waktu hari libur bisa jadi sambilan berolahraga juga ? Yang gratis nggak perlu beli karcis, banyak. Yang nggak gratis alias harus beli tiket juga nggak sedikit. Jadi semuanya tergantung di mana ketika sedang berlibur dan berjalan-jalan. Ada dua manfaat utama ketika liburan. Yang pertama mengisi hari-hari libur ke tempat-tempat spesial untuk rileks, yang kedua bisa menjadi kesempatan berolahraga di sana. Sekali lagi, gunakan di sela-sela waktu liburan untuk refreshing sambil berolahraga. Capek dan bikin lelah ? Ya memang begitulah kenyataan yang harus dihadapi di lokasi wisata yang luas termasuk parkirannya dan juga tempat hiburan lain. Oke selamat berlibur sambil berolahraga. Have a nice day !
 
Daftar Kata-kata & Istilah Terkait Dengan Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *