Inggris dan Klub-Klub Top nya di Piala Champions Eropa. Apa Yang Menarik ?

Titel juara terbanyak piala Champions Eropa masih di tangan tim dari Spanyol, Real Madrid. Sudah belasan kali mereka memenangi trofi antar klub papan atas itu. Tapi sepakbola Inggris punya reputasi yang nggak kalah mentereng loh, dari Spanyol. Kalau soal banyaknya gelar UCL, El-Real telah melenggang jauh meninggalkan yang lain. Jumlah gelar yang diraih Liverpool saja baru setengahnya dari yang Madrid sudah raih, apalagi tim Inggris lain. Lalu apa yang menarik dari sepakbola Inggris di Liga Champions ? Salah satunya adalah sudah 5 klub liga Primer yang pernah berhasil memenangi gelar antar klub Eropa tersebut alias pernah menjuarainya. Tim-tim Inggris itu yakni : Liverpool FC dengan 6 gelar, Manchester United sementara dengan 3 gelar, lalu diikuti oleh Nottingham Forest menjadi pemegang dua gelar, Aston Villa dengan satu gelar dan klub asal London, Chelsea juga dengan satu gelar. So, berarti Inggrislah negara yang terbanyak dalam hal mewakili klubnya menang liga Champions. Dan untuk penggemar salah satu dari lima juara dari Liga Primer, itu adalah sesuatu yang menarik. Lalu apakah itu pertanda bahwa kompetisi sepakbola Inggris yang disebut Liga Primer memang yang terbaik, sangat kompetitif dan paling seru ? Nah ini tergantung penilaian bolamania masing-masing. Tapi memang sering, dari tahun ke tahun, persaingan antara tim peserta penghuni papan atas kompetisi liga Primer, terlihat sangat ketat. Bisa melibatkan lima klub sekaligus untuk berebut jadi juara liga. Tidak seperti liga Spanyol yang selalu dikuasai oleh Real Madrid dan Barcelona, demikian juga dengan liga Seri A Italia dengan Juventus dan AC Milan, Bundesliga Jerman yang sangat dikuasai oleh Bayer Munchen dan liga Perancis dengan Paris Saint Germain.
Baca Yang Lainnya : Info Piala Champions Di sini
Oke kembali ke liga Champions. Di sini sedikit akan dibahas tentang sepak terjang lima klub Inggris yang sudah pernah juara turnamen tahunan antar klub di Eropa tersebut.
1. Dimulai dari yang terbanyak, Liverpool FC. Tim yang terkenal dengan julukan The Reds atau Si Merah, sementara ini mereka sudah menjuarai kejuaraan sepakbola piala Champions Eropa sebanyak enam kali. Klub yang markasnya di stadion Anfield ini telah melewati jagoan Bundesliga Jerman, Bayer Munchen dan FC Barcelona, jawara asal Spanyol. Musim-musim kompetisi yang sudah dimenangi oleh Liverpool FC yaitu : Tahun 1977, 1978, 1981, 1984, 2005 dan yang terbaru di tahun 2019. The Reds “You’ll Never Walk Alone” pun semakin meninggalkan jauh saingannya, tim-tim Liga Inggris lain yang pernah juara UCL. Manchester United dan terutama Nottingham Forest harus berjuang keras untuk mendekati prestasi internasional Liverpool, apalagi Chelsea dan Aston Villa. Yang paling dekat dan bisa menyusul adalah Manchester United, lalu The Blues Chelsea, karena dua kesebelasan papan atas liga Primer itu selalu tampil stabil hingga mampu bertahan di divisi utama Inggris.
2. Pemenang Liga Champions asal Inggris berikutnya yaitu Manchester United yang ngetop dengan singkatan MU. The Red Devils, julukan klub, punya gelar tiga kali juara. Namun sang pemilik gelar liga Primer Inggris paling banyak ini harus mengakui unggulnya Liverpool di pentas internasional dalam hal ini Liga Champions. Manchester United yang kandangnya di stadion Old Trafford pernah menggondol piala di tahun 1968, 1999 dan di tahun 2008.
3. Jangan anggap remeh tim papan bawah Liga Inggris ! Khususnya prestasi yang pernah mereka raih. Kenapa ? Buktinya salah satu klub Inggris yang sering terlempar dari divisi utama, pernah mengukir sejarah dan tampil menjadi juara piala Champions sebanyak dua kali. Nottingham Forest ! Itu nama klubnya. Musim liga Champions yang pernah dimenangi oleh mereka, bahkan secara berurutan adalah pada tahun 1979 dan tahun 1980.
4. Seperti juga Nottingham Forest, klub papan tengah Aston Villa juga pernah memboyong piala Champions Eropa ke Inggris pada tahun 1982, setahun berselang setelah Nottingham Forest juara. Boleh jadi di masa itu, sepakbola Inggris sedang berada di salah satu level terbaik sepanjang sejarah. Seperti juga Liverpool, The Villans (julukan dari Aston Villa) juga belum pernah memenangi Liga Primer Inggris sepanjang keikutsertaan mereka. Tapi ada kebanggaan tersendiri karena sanggup berbicara banyak di tingkat internasional.
5. Klub asal Inggris yang menjadi peserta kejuaraan liga Champions dan akhirnya menjadi juara juga adalah Chelsea. The Blues julukan dari klub elit asal kota London menjuarai piala UCL pada event di tahun 2012. Memang di era tahun itu, Chelsea sedang dalam top performnya.
Itulah beberapa klub asal Inggris yang pernah merebut gelar piala Champions Eropa. Lalu akan adakah lagi klub selain lima klub tersebut yang akan menjadi juara ? Nama-nama beken tim papan atas liga Primer seperti Arsenal, Totenham Hotspurs dan Manchester City punya kesempatan tapi klub-klub penghuni papan tengah dan papan bawah bisa saja membuat surprise untuk bersinar di gemerlapnya arena internasional seperti liga Champions yang tentunya harus bersaing terlebih dahulu di papan atas.
Bagi Liverpool, akankah mereka akan kembali menambah torehan rekor baru sebagai kampiun ? Peluang jelas masih terbuka. Demikian juga dengan Manchester United dan Chelsea. Ketiganya masih tampil oke di klasemen papan atas liga Primer Inggris. Dan jangan pandang sebelah mata pula klub papan atas lain, seperti Tottenham Hotspur yang pada tahun 2019 sukses tembus ke final. Begitu juga dengan The Gunners Arsenal dan Manchester City. So, bagaimana dengan Nottingham Forest dan Aston Villa yang juara di masa lalu serta tim-tim papan tengah yang lain ? Untuk menjadi juara piala Champions seperti juga juara turnamen sepakbola lain, pastinya butuh tim yang solid. Puluhan tahun yang lalu, Nottingham Forest dan Aston Villa termasuk tim jajaran atas liga Inggris. Tapi itu masa-masa yang sudah lewat. Namun kini mereka berbeda. Tentu perlu banyak yang harus dibenahi kedua tim itu untuk bisa eksis lagi dan bersaing di pentas internasional seperti piala Champions dan kejuaraan lain. Memori indah yang pernah terjadi harus menjadi inspirasi untuk bisa bangkit.
Well, olahraga sepakbola adalah permainan yang mencari kemenangan di setiap pertandingan, misalnya Piala Champions tadi. Bagi kesebelasan yang sudah pernah juara, ada rasa bangga dengan bertambahnya gelar juara untuk yang ke sekian kalinya. Tapi yang baru saja meraih gelar juara untuk yang pertama kali, tentu saja sangat berkesan lagi. Ada lagi yang lainnya yang menjadi target dalam olahraga yaitu unsur hiburannya. Kalau acara olahraga berlangsung sangat ketat, persaingan panas dengan tensi tinggi sering terjadi, pasti akan seru. Yang penting masih bisa terkendali. Penonton pun akan menunggu-nunggu pertandingan demi pertandingan, termasuk di Liga Champions. Namanya juga hiburan dan begitulah sepakbola yang menjadi hiburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *