10 Jenis Tujuan Wisata Yang Biasa Dikunjungi

Orang-orang ketika berwisata di hari libur tentu berbeda-beda tujuannya dan itu tergantung minat masing-masing. Ada yang bepergian hanya sekedar menghilangkan kejenuhan dengan berjalan-jalan, ada juga karena ketertarikan akan sesuatu. Kesenangan orang memang bermacam-macam. Berikut beberapa contoh jenis wisata yang sering dilakukan orang terutama ketika liburan tiba :

1. Pegunungan. Pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk kawasan pegunungan, adalah suasana yang dicari oleh para warga yang tinggal di daerah yang panas seperti perkotaan. Untuk menghilangkan kejenuhan dan stres karena aktifitas kerja di kantor, maka lokasi pegunungan menjadi salah satu pilihan yang diminati masyarakat ketika sedang libur.

 
2. Pantai. Pantai atau pesisir adalah salah satu pilihan destinasi wisata bagi mereka yang sedang berlibur. Berbeda dengan pegunungan yang berhawa sejuk, maka pantai udaranya tentu panas. Namun demikian panorama hamparan laut terutama yang ombaknya tenang akan menggoda setiap pengunjung untuk segera turun berenang. Bagi mereka yang suka tantangan dengan ombak besar, wisata bahari ini tentu menjadi pilihan utama.

 
3. Religi. Jenis wisata rohani ini berbeda dengan wisata lainnya. Ini biasanya dengan cara berkunjung ke tempat-tempat peribadatan seperti mesjid, gereja, vihara, pura, kuil dan lokasi ritual lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri, yang memiliki nilai sejarah, tentang siapa pendirinya dan latar belakang peristiwa berdirinya tempat itu. Juga berkunjung dan berziarah ke makam para ulama besar serta para wali di daerah-daerah tertentu.
4. Wisata Budaya. Ketertarikan akan kebudayaan menjadi salah satu minat orang ketika hari libur tiba. Tidak sedikit orang yang mengunjungi musium-musium yang menyimpan informasi tentang kehidupan masyarakat di masa lalu, adat istiadatnya, hasil karya seni serta peninggalan raja-raja jaman dahulu.
5. Kuliner. Ini salah satu jenis wisata unik, wiata kuliner, karena tujuan utamanya yaitu mencari sesuatu yang baru untuk urusan masakan. Daerah-daerah atau negara-negara tertentu pasti berbeda mengenai cara para masyarakatnya dalam memasak dan pasti berbeda pula sensasi rasanya. Itu salah satu alasan kenapa banyak orang yang berwisata kuliner.
6. Olahraga. Jalan-jalan di saat libur bersama keluarga ke sebuah arena olahraga, sengaja pergi ke stadion untuk menonton acara olahraga seperti sepakbola, bulu tangkis, tenis dan olahraga lain, merupakan hiburan tersendiri bagi mereka yang hobi. Suasana di stadion sudah pasti berbeda dengan ketika menonton olahraga di tivi.
7. Pendidikan. Ada istilah yang disebut dengan Study Tour, belajar sambil berwisata. Biasanya sebuah sekolah mengadakan acara ini untuk para siswanya dan sebagai perbandingan, dalam arti mereka sudah belajar teori di kelas tapi juga harus dibuktikan di lapangan. Lokasi-lokasi yang dikunjungi biasanya musium-musium dan tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah. Setelah itu masing-masing murid diberi tugas untuk membuat catatan hasil kunjungan itu.
8. Sejarah. Seperti halnya study tour, namun wisata sejarah dikhususkan untuk bidang sejarah saja, segala peristiwa penting yang pernah terjadi di masa lalu di sebuah negeri menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka yang memang hobi tentang itu.
9. Teknologi. Wisata ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi arena pameran yang berhubungan dengan produk-produk keluaran baru dari dunia teknologi seperti teknologi komputer, penerbangan atau dirgantara, persenjataan dan teknologi lainnya, baik di dalam maupun luar negeri.

 
10. Wisata seni. Para pencinta seni selalu menanti-nantikan event-event baik di dalam maupun di luar negeri. Misalnya, para penggemar musik yang fanatik, pasti selalu menantikan konser musik artis kesayangan mereka, bahkan ada yang mengikuti dengan setia perjalanan setiap pertunjukan yang diadakan artis idolanya tersebut. Demikian juga dengan pameran-pameran hasil karya seni, seperti seni lukis, seni ukir dan kreasi seni yang unik lain yang selalu diminati oleh mereka.

Boleh jadi, jenis wisata akan terus bertambah karena dipengaruhi oleh perkembangan jaman terutama teknologi komunikasi yang berkembang dengan pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *