Cabang Olahraga dan Image sebuah Negeri

olahraga

Sebuah negara bisa terkenal ke seluruh dunia jika ada yang menarik dari sana, misalnya dalam prestasi olahraga. Apalagi jika prestasinya itu sebagai juara diraih berulang kali. Maka kalau rekor juaranya terus bertambah, image sebuah negarapun akan semakin terbentuk dan menguat. Misalnya Brasil. Negara yang terletak di benua Amerika Latin ini sudah sangat terkenal akan olahraga sepakbolanya. Sejak tahun 1958, Brasil sudah mengumpulkan gelar juara piala dunia sebanyak lima kali. Tim yang dijuluki tim Samba ini akan sulit ditandingi oleh negara manapun di dunia ini, kecuali saingan terdekatnya. Talenta-talenta muda terus bermunculan. Sepakbola seolah-olah sudah menjadi olahraga wajib bagi semua orang di negeri yang beribukota Rio de Janeiro tersebut. Julukan lain dari tim kesebelasan Brasil selain tim Samba adalah “Jogo Bonito” dan “Selecao”. Pemain-pemain top yang pernah membela timnas Brasil antara lain : Pele, Jairzinho, Romario, Socrates, Zico, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka, Neymar dan banyak lagi sederet nama pemain beken lain. Gelar kelima mereka raih di piala dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang.
Urutan Juara Piala Dunia Dari Yang terbanyak.. Satu bukti lagi yang membuat image Brasil kuat di olahraga sepakbola adalah ketika mereka meraih medali emas di Olimpiade tahun 2016 lalu.
Sepakbola juga bisa membuat image beberapa negara menjadi terkenal karena promosi yang terus menerus. Kompetisi-kompetisi liga di negeri-negeri Eropa seperti Inggris, Spanyol, Italia dan Jerman, sangat populer di dunia. Apa yang membuatnya menjadi begitu populer ? Selain teknik bermain bolanya yang baik, tayangan-tayangan berulang-ulang selama bertahun-tahunlah yang membuatnya ngetop. Meski sama-sama memiliki image yang kuat dari sepakbola, namun Brasil dengan Eropa tetap berbeda dari cabang olahraga itu.
Bagaimana dengan olahraga lain ? Ada lima cabang lagi yang bisa menjadi gambaran atau image sebuah negara, antara lain :
1. Otomotif. Lomba balap motor MotoGP dan adu cepat mobil Formula-1 juga merupakan salah satu event olahraga yang paling populer di dunia. Yang imagenya kuat di ajang ini sebagian besar dari Eropa. Italia, Spanyol, Jerman, FInlandia, Inggris adalah negara-negara yang silih berganti menjuarai kejuaraan yang mengandalkan kendaraan berteknologi tinggi ini. Nama-nama seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, Michael Schumacher, Mika Hakinen, Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, adalah para juara di lomba balap roda dua dan empat. Sejak awal penyelenggaraan kompetisi balap di sekitar tahun 50-an, para driver dan rider Eropa plus Brasil dan Australia, menguasai setiap lintasan trek balap di mana kejuaraan itu berlangsung. Belum ada juara dunia yang berasal dari Asia. Hanya beberapa kali saja pembalap asal Jepang misalnya, sempat mencuri podium pertama di satu atau dua seri.
2. Kemudian dari Amerika Serikat. Olahraga apa yang terkenal di sana ? Tentu saja bola basket NBA-nya. Begitu rutinnya setiap tahun menggulirkan kompetisi NBA ini, ditambah aksi-aksi yang unik dan sepktakuler dari pemain-pemainnya, maka hampir seluruh duniapun jadi mengenal liga profesional ini. Dalam pesta olahraga Olimpiade, kontingen Amerika Serikat juga mendominasi dalam perolehan medali dan selalu menjadi juara umum, tapi karena penayangan kompetisi bola basket berlangsung setahun sekali, maka popularitas NBA Amerika Serikat bisa melebihi Olimpiade yang berlangsung empat tahun sekali. NBA singkatan dari National Basketball Association.
Posisi Kontingen Amerika Serikat di Olimpiade.
3. Dari cabang olaharga lain yaitu tenis lapangan. Petenis-petenis asal negeri Rusia, Inggris, Spanyol, Republik Ceko, Kroasia, Serbia, Jerman dan Swiss, silih berganti memenangi berbagai gelar grand slam yang berlangsung di seluruh dunia dan itu sudah berjalan selama puluhan tahun. Hanya ada dua negara di luar Eropa yang menjadi pesaing yaitu Australia dan Amerika Serikat. Contoh petenis terkenal yang berasal dari negara Eropa antara lain : Martina Navratilova, Ivan Lendl, Anna Kournikova, Roger Federer, Novac Jokovic, Stefi Graf, Boris Becker, Martina Hingis, Maria Sharapova, Arantxa Sanchez dan Conchita Martinez.
4. Di cabang olahraga senam, negeri-negeri dari Eropa Timur sangat dominan. Para pesenam asal Rusia sangat disegani di olahraga lentur tubuh dan keseimbangan ini. Negara-negara yang menjadi pesaingnya antara lain Amerika Serikat dan Cina.
Lalu bagaimana dengan image negara-negara Asia dari cabang olahraga ?
5. Dominasi Asia di satu cabang olahraga, tentu ada dan sudah menjadi image. Karate, pencak silat, taekwondo, jujitsu, wu shu, jelas menjadi keunggulan tersendiri bagi negara-negara Asia di bidang olahraga. Selain beladiri, cabang lain yang menjadi unggulan negara-negara di benua Asia antara lain : dayung, tenis meja dan angkat berat. Dalam beberapa tahun terakhir, para atlit asal Cina pun sudah mampu menandingi bahkan mengalahkan olahragawan asal Eropa dan Amerika Serikat di beberapa cabang olahraga seperti senam dan renang.
6. Yang terakhir Afrika. Kekuatan atlit-atlit yang berasal dari negara-negara Afrika ada di cabang olahraga yang membutuhkan ketahanan fisik dan tubuh yang stabil dalam waktu lama. Nomor lari jauh, seperti marathon adalah spesialisasi pelari-pelari dari Afrika. Mereka sering juara di salah satu cabang atletik tersebut. Meski akhir-akhir ini sepakbola makin populer di negeri benua Afrika dan banyak pesepakbola-pesepakbola dari sana yang menjadi andalan klub-klub besar Eropa seperti Inggris, Jerman, Italia, Perancis, namun atlit-atlit dari benua Afrika tetaplah superior untuk nomor lari marathon.
Cabang olahraga apapun yang awalnya adalah sebuah permainan, namun jika secara kreatif dikelola oleh mereka-mereka yang profesional di bidangnya dan berintegritas tinggi, akan membawa nama harum sebuah negara, apalagi dengan prestasi yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *