Perbedaan Tercipta Demi Kemajuan

olahaga

Orang bisa bermusuhan hanya karena berbeda prinsip, beda pemikiran. Karena gengsi, perbedaan yang kecil dan sepele saja akan menjadi masalah yang sangat besar dan sensitif. Sebaliknya ada lagi yang berefek positif karena cara berpikir yang berbeda. Kemajuan di bidang teknologi dan lain-lainnya seperti yang berikut :
1. Negara Amerika Serikat berbeda pemikirannya dengan Rusia dan Eropa dalam hal menciptakan pesawat, khususnya pesawat tempur dan pesawat penumpang dan itu sudah berlangsung lama. Maka dibuatlah pesawat tempur dengan bermacam-macam type, fungsinya, yaitu untuk kepentingan militer. Sementara pesawat jenis lain untuk komersial. Meski Amerika Serikat lebih unggul dalam hal penjualan, karena didukung oleh media informasi yang kuat termasuk film-filmnya. Tapi apakah pesawat-pesawat buatan Rusia tersebut cuma sedikit yang mau beli ?. Lambat laun toh banyak juga yang membelinya, termasuk Indonesia.
2. Dalam pembuatan mobil, orang Jerman berbeda pemikirannya dengan Jepang mengenai cara perakitan mobil. Selama puluhan tahun, Jerman sudah terbiasa dengan cara kerja mereka, termasuk dalam pembuatan mobil hingga menghasilkan produk otomotif yang diakui lebih berkualitas, terutama dalam hal kenyamanan. Kalau Jepang membuat mobil untuk menjawab keinginan orang akan mobil yang lebih murah dan terbukti lebih laku, meski beberapa merk sudah hampir sejajar dengan mobil buatan Jerman, tapi apakah mobil buatan Jerman kemudian langsung ditinggalkan oleh pembelinya dan tidak laku, pabriknya bangkrut ? Ternyata mobil bikinan Jerman tetap banyak peminatnya, terutama dari golongan-golongan tertentu atau komunitas-komunitas tertentu.
3. Masih dari otomotif. Bagaimana dengan motor ? Cara orang Italia dengan orang Jepang dalam membuat sepeda motor tentu saja sangat berbeda satu sama lainnya. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Di lomba balap motor MotoGP, mesin motor merk-merk asal Jepang mendominasi arena roda dua tersebut. Meski begitu, mesin merk Italia tetap memiliki daya tarik tersendiri, malah terkesan lebih ekslusif.
4. Satu lagi yang positif dari perbedaan yaitu di bidang olahraga. Cara mereka berpikir untuk bermain juga beda-beda. Inggris, Spanyol dan Italia dalam hal memainkan sepakbola, berbeda teknik dan pemikiran. Orang Inggris bermain bola bergaya full power, kick and rush. Spanyol mengolah bola seperti yang dilakukan oleh kebanyakan tim-tim Amerika Latin, bermain dengan gaya indah. Kalau orang Italia bermain bola dengan gaya bertahan. Walaupun berbeda, tapi kompetisi sepakbola di ke 3 negara tersebut tidak pernah ditinggalkan oleh penggemar sepakbola di manapun, nggak pernah bosan, padahal mereka sudah menggelar liganya selama seabad lebih.
5. Beda pemikiran di bidang pengobatan. Cara bangsa China, Eropa, bangsa Arab atau Indonesia dalam meramu, meracik obat-obatan, berbeda satu sama lain. Negeri Cina terkenal dengan aneka ramuan untuk pengobatan tradisional, sementara negara di Eropa meramu obat-obatan dengan campuran kimia. Walau berbeda, tapi cara keduanya hingga kini masih tetap dipakai. Bahkan perpaduan antara ramuan China dengan Eropa, Arab dan Indonesia akan bisa memperkaya teknologi pengobatan untuk kepentingan manusia.
6. Bagaimana dengan urusan makanan dan urusan selera ?. Misal cara masaknya orang Padang dengan orang Jawa berbeda pemikirannya. Tapi banyak orang Jawa yang sering makan masakan Padang juga dan tidak sedikit orang Padang menikmati kuliner khas orang-orang Jawa atau Sunda. Akhirnya saling menguntungkan. Demikian juga dengan daerah lain, Menado, Betawi, Aceh, Kalimantan, Makasar, Bali dan daerah lain.
Manusia yang ada di planet bumi ini, berjumlah milyaran, adakah manusia yang 100% sama persis ? Bahkan dua anak kembar identikpun kalau diperhatikan secara mendetil pasti ada bedanya, setidaknya beda sekian menit waktu keluar dari rahim ibunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *