“Kamu Punya Kreasi Yang Berbeda & Unik ? Itu Keren !”

 
Gara-gara beda prinsip, berlainan cara berpikirnya, orang bisa jadi bertengkar dan ribut. Karena gengsi, perbedaan yang kecil dan sepele saja akan menjadi masalah yang sangat besar dan sensitif. Tapi sebaliknya, ada lagi yang karena cara berpikirnya berbeda, prinsip berlainan, malah muncul hasil karya dan kreasi-kreasi yang unik, keren bahkan spektakuler. Misalnya :

 
1. Amerika Serikat, Rusia dan Eropa, berbeda pemikirannya dalam membuat pesawat terbang. Akhirnya dari perbedaan itulah bisa tercipta pesawat dengan tipe bermacam-macam. Ada yang untuk kepentingan militer dan untuk komersial atau pesawat penumpang biasa. Amerika Serikat memang lebih unggul dalam hal penjualan, karena didukung oleh media promosi yang kuat termasuk film-filmnya. Tetapi apakah pesawat-pesawat buatan Rusia dan Eropa tidak ada yang mau beli ? Lambat laun toh banyak juga yang membelinya, termasuk Indonesia.

 
2. Dalam pembuatan mobil, pemikiran orang Jerman berbeda dengan orang Jepang mengenai cara membuat mobil. Selama puluhan tahun, Jerman sudah terbiasa dengan cara kerja mereka, termasuk dalam pembuatan mobil hingga menghasilkan kendaraan yang diakui lebih berkualitas, terutama dalam kenyamanannya. Kalau Jepang membuat mobil untuk menjawab keinginan orang akan mobil yang lebih murah dan terbukti lebih laku, meski beberapa merk Jepang sudah hampir sejajar dengan mobil buatan Jerman, tapi apakah merk-merek mobil buatan Jerman kemudian langsung ditinggalkan oleh pembelinya dan tidak laku, pabriknya bangkrut ? Ternyata mobil bikinan Jerman tetap banyak peminatnya, terutama dari golongan-golongan tertentu atau komunitas-komunitas tertentu.

 
3. Bagaimana dengan motor ? Orang Italia dengan orang Jepang berbeda cara membuat sepeda motor. Masing-masing punya kelebihan dan kelemahannya. Misalnya di kejuaraan lomba balap motor MotoGP, mesin motor merk-merk asal Jepang mendominasi arena roda dua tersebut. Meski begitu, mesin hasil kreasi dari Italia tetap memiliki daya tarik tersendiri, malah terkesan lebih ekslusif.

 
4. Di arena olahraga juga ada banyak sekali perbedaan-perbedaan. Pemikiran dalam cara bagaimana untuk bermain juga beda-beda. Misalnya olahraga sepakbola. Inggris, Spanyol dan Italia dalam hal memainkan sepakbola, berbeda teknik dan filosofi. Orang Inggris bermain bola bergaya full power, kick and rush. Spanyol mengolah bola seperti yang dilakukan oleh kebanyakan tim-tim Amerika Latin, bermain dengan gaya indah. Kalau orang Italia bermain bola dengan gaya bertahan. Walaupun berbeda, tapi kompetisi sepakbola di ke 3 negara tersebut belum pernah ditinggalkan oleh penggemar sepakbola di manapun, nggak pernah bosan, padahal mereka sudah menggelar liganya selama seabad lebih.

 
5. Cara bangsa Cina, Eropa, bangsa Arab atau Indonesia dalam meracik obat-obatan, berbeda satu sama lain. Berbeda pemikirannya di bidang pengobatan. Sejak lama, negeri Cina terkenal dengan aneka ramuan untuk pengobatan tradisional, sementara negara di Eropa meramu obat-obatan dengan campuran kimia. Walau berbeda, tapi cara keduanya hingga kini masih tetap dipakai. Bahkan perpaduan antara ramuan China dengan Eropa, Arab dan Indonesia akan bisa memperkaya teknologi pengobatan untuk kepentingan kesehatan.

 
6. Ini yang paling asik ! Urusan makanan ! Contohnya orang Padang sama orang Jawa, berbeda pemikirannya dalam urusan masak-memasak. Tapi meskipun demikian, banyak orang Jawa yang sering makan masakan Padang juga dan tidak sedikit orang Padang menikmati kuliner khas orang-orang Jawa. Akhirnya saling menguntungkan. Demikian juga dengan daerah lain seperti Sunda, Menado, Betawi, Aceh, Kalimantan, Makasar dan Bali.

 
Masih banyak lagi contoh kreasi yang unik-unik dan keren tercipta karena beda pemikiran dan perbedaan. Seperti di bidang seni. Seni musik, lukis, film dan lain-lain.
Kamu punya pemikiran untuk membuat kreasi yang unik ? Berbeda dari yang lain ? Itu keren !
 

Logo Plm12COM

Opini Olahraga-Informasi Dari Dunia Olahraga-Fenomena-Serba-Serbi-Entertainmen-Gaya Hidup-Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik-B L O G & Website