20 Tahun Terakhir Para Juara Lomba Balap MotoGP

Lomba balap motor MotoGP dari tahun tahun terus berlangsung. Penggemar balap otomotif roda dua selalu menantikan tayangannya yang biasanya tiap hari Minggu, kecuali balapan yang diadakan di Sirkuit Asssen Belanda yang hari Sabtu. Dalam setiap penyelenggaraannya, lomba otomotif ini selalu ada saja hal yang baru, dari mulai kapasitas mesin, merk ban, rekor juara hingga kejadian-kejadian lainnya. Dalam dua puluh tahun terakhir, yang pernah menjuarai balap motor ini tidak selalu berganti-ganti tiap tahunnya, karena dominasi salah seorang rider, meski ada di tahun tertentu kemudian di tahun berikutnya ada juara baru lagi. Untuk lebih detailnya berikut adalah daftar pembalap yang pernah menjuarai balap motor yang bergengsi tersebut :

nomor motor

Marc Marquez si Baby Alien, rookie berbakat asal Spanyol yang langsung juara MotoGP di tahun pertamanya berlaga di kelas utama.

balapan motor

1. Tahun 1998. Michael Doohan dari Australia berhasil menjuarai lomba balap motor yang waktu itu masih bernama GP500 karena menggunakan kapasitas mesin 500 cc. Bersama tim Repsol Honda, gelar tersebut adalah gelar kelima baginya.
2. Michael Doohan mengalami kecelakaan serius pada tahun 1999. Yang menjuarai GP500 adalah rekan setim Doohan yaitu Alex Crivile, pembalap asal Spanyol.
3. Bersama tim Suzuki, Kenny Robert Jr. pembalap Amerika Serikat berhasil menjuarai balap GP500 di tahun 2000. Itu merupakan gelar bagi tim Suzuki yang pertama setelah tujuh tahun tanpa gelar.
4. Valentino Rossi. Di tahun keduanya tampil di kelas para raja, Rossi pembalap asal Italia berhasil menjuarai balap motor bergengsi bersama team Repsol Honda untuk pertama kalinya.
5. Masih bersama tim Repsol Honda, Valentino Rossi yang dijuluki “The Doctor”, berhasil mempertahankan gelarnya pada tahun 2002.
6. Valentino Rossi lalu berpindah tim ke Yamaha. Namun seolah tanpa pengaruh dengan pergantian merk motor, The Doctor kembali menjadi juara pada tahun 2003. Dengan demikian Rossi adalah pembalap satu-satunya yang menjuarai kelas MotoGP dengan dua merek motor yang berbeda, yaitu Honda dan Yamaha.
7. Belum ada lawan yang tangguh bagi Rossi, pembalap asal Italia itu menambah rekor baru menjadi empat gelar kelas utama pada tahun 2004 dan masih bersama tim Yamaha.
8. Dominasi The Doctor masih berlanjut. Pada tahun 2005, bersama tim garpu tala Yamaha, Rossi mengoleksi gelar yang kelima.
9. Nicky Hayden bersama tim Repsol Honda berhasil menghentikan rekor gelar Valentino Rossi untuk yang ke enam kali, dengan menjuarai balap MotoGP pada tahun 2006.
10. Pembalap Australia, Casey Stoner berhasil menjinakkan Motor Ducati Desmosedici yang ganas dan sekaligus memenangkan lomba balap motor yang untuk pertama kalinya menggunakan mesin berkapasitas 800cc.
11. Dua musim tanpa gelar juara, Valentino Rossi berhasil bangkit dan menambah rekor juaranya menjadi enam kali setelah pebalap Italia itu juara di balapan musim 2008, masih dengan tim Yamaha..
12. Casey Stoner berganti tim ke Repsol Honda, dan memenangkan kompetisi pada tahun 2009.
13. Kebangkitan rider Spanyol, Jorge Lorenzo untuk pertama kalinya menjuarai MotoGP pada tahun 2010.
14. Casey Stoner kembali sukses dan menambah titel ketiga MotoGPnya setelah juara pada tahun 2011.
15. Jorge Lorenzo asal Spanyol berhasil juara lagi bersama tim Yamaha pada musim balapan MotoGP tahun 2012.
16. Baby Alien julukannya. Menjadi Rookie alias pendatang baru di MotoGP, namun Marc Marquez bersama tim Repsol Honda mencuri perhatian para penggemar balap motor dunia karena langsung menjuarainya di tahun pertamanya dia tampil pada tahun 2013.
17. Masih bersama tim Repsol Honda, Marc Marquez sukses mempertahankan juaranya dan merupakan gelar yang kedua pada tahun 2014.
18. Dominasi Spaniard atau pembalap dari Spanyol kembali berlanjut dengan kembali juaranya Jorge Lorenzo tahun 2015 bersama tim Yamaha.
19. Tidak bisa diragukan lagi, pembalap asal Spanyol Marc Marquez adalah rider tangguh dan bermental juara. Setelah gagal menjadi juara pada lomba tahun 2015, Baby Alien menjadi juara lagi pada musim balap MotoGP tahun 2016 dan 2017.
20. Lima gelar akhirnya berhasil dikoleksi oleh Marc Marquez, setelah dia sukses membuat hattrick sekaligus menjuarai lomba balap motor pada tahun 2018 bersama tim Repsol Honda.
Dari data di atas, Valentino Rossi masih memegang rekor paling banyak dengan tujuh gelar juara. Kelebihan lain dari Rossi adalah, berhasil juara dunia bersama dua tim dan merek motor yang berbeda serta kapasitas mesin yang berbeda. Lomba MotoGP berikutnya bisa saja terjadi pemecahan rekor baru. Yang memiliki peluang besar tentu saja Marc Marquez lalu Jorge Lorenzo atau ada pembalap muda bertalenta hebat lain akan muncul bersaing ? Mungkin saja.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Siapa lebih hebat dari empat pembalap juara ini ?

Marc Marquez pindah tim. Apa yang akan terjadi dengannnya nanti ?.

Arena Balap MotoGP & Istilah-2 Yang sering digunakannya.

Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.
Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.

Hiburan dari lagu-lagu tema Piala Dunia.
 

PLM12.com

Arena Olahraga & Serba-serbi Lainnya.

Life Style – Entertainmen – Sosialita – Kata-kata Gaul

Solusi – Kiat-2 – Tips dan Trik

Blog – Website – Media Sosial

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.