Kategori Iklan

“Perlukah memasang iklan ? Lalu untuk apa ?” Pertanyaan seperti itu bisa muncul karena ada beberapa sebab. Antara lain karena kurang yakin, nggak ada biaya untuk membuat banner atau merasa belum butuh karena barang dagangan selalu habis dibeli orang. Iklan dipasang di berbagai lokasi terutama tempat-tempat yang ramai dikunjungi memiliki keuntungan tersendiri terutama untuk produk-produk dengan merek baru. Karena kalau tidak memasang iklan, bagaimana orang tau ada produk. Memang sih dengan memasang iklan nggak seeta merta langsung ada orang yang datang beli, tapi setidaknya dengan memasang iklan, si pembuat barang sudah melakukan langkah ke depan yang lebih baik.
Perkembangan teknologi komunikasi yang luar biasa cepat dengan hadirnya internet dengan aplikasi sosial media dan fitur-fitur lain juga sangat mempengaruhi dunia periklanan. Berbagai macam inovasi pemasaran dan promosi melalui media internetpun bermunculan. Bisnis online pun semakin menjadi fenomena baru. Salah satu perusahaan internet dunia yaitu Google juga mengeluarkan system periklanan secara online yang terkenal yaitu Adsense. Dengan menawarkan kepada pemilik website yang ingin menjadi publisher atau penayang iklan dari berbagai macam produk termasuk produk jasa, Google Adsense akan membayar pemilik blog atau website jika banner iklan yang tampil di halaman blog atau website itu diklik oleh pembaca yang berkunjung.
Berbeda dengan Adsense, cara promosi iklan selain cara Google tadi, sebuah website menyediakan halaman iklan khusus. Dan karena banyaknya item barang dari ribuan jenis, maka hal itu perlu dibuat pengelompokan tersendiri, kategori yang berbeda-beda. Baiklah, berikut adalah beberapa kategori produk barang dan jasa yang biasa dipromosikan melalui iklan di berbagai media online :
1. KULINER. Kategori ini biasanya berisi iklan Restoran, Cafe, Warung, produk makanan jadi dan tempat tempat bersantap lainnya dari berbagai kelas. Iklan kategori ini juga ada yang bersamaan dengan iklan travel dan pariwisata.
2. OTOMOTIF Kelompok iklan ini biasanya terdiri dari jual mobil & motor. Di samping itu ada juga iklan jual beli kendaraan berbagai jenis, biasanya barang seken atau bekas. Rental kendaraan juga ada di kategori ini, demikian juga dengan sparepart dan asesoriesnya.
3. IKLAN PROPERTI Terdiri dari Jual beli dan Sewa Rumah, Apartemen, Ruko, Hotel, Perkantoran, Mall dan Lahan kosong atau tanah. Kategori ini bisa juga berdampingan dengan iklan travel pariwisata. Karena di tempat wisata pasti ada menyediakan tempat penginapan dan sewa tempat tinggal seperti villa untuk menginap beberapa malam.
4. SENI. Iklan kelompok ini menjadi informasi penjualan aneka jenis karya seni dari berbagai macam aliran. Misalnya penjualan lukisan, Patung, koleksi barang antik, kerajinan tangan dari berbagai daerah baik dari dalam maupun luar negeri.
5. KESEHATAN. Pengobatan moderen maupun tradsional biasanya ada di kelompok iklan ini, termasuk berbagai jenis Obat, herbal, vitamin, suplemen, produk kesehatan, penambah stamina, rumah sakit, klinik konsultasi.
6. PENDIDIKAN Sekolah, Universitas, Bimbel, Pesantren, Kursus, Akademi, pelatihan lainnya yang menawarkan berbagai program pendidikan untuk siswa-siswi. Informasi iklan jenis ini banyak dicari oleh kalangan muda yang ingin tau informasi melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
7. TOUR DAN TRAVEL Di saat liburan panjang, iklan tentang informasi ini sangat banyak dilihat. Traveling ke Luar negeri, Dalam negeri, Wisata, Jalan-jalan, keliling dunia. Iklan ini juga biasanya berhubungan dengan iklan kuliner dan properti bahkan barang-barang seni.
8. ELEKTRONIK. Perkembangan teknologi yang sangat pesat pastinya membuat iklan dengan kategori ini tetap ramai. Televisi, Mesin cuci, seterika dan berbagai jenis produk elektronik yang makin canggih membanjiri informasi iklan.
9. GADGET SELULER. Handphone termasuk asesorisnya termasuk barang elektronik. Tapi perangkat komunikasi ini memiliki kategori tersendiri di iklan, terpisah dari barang elektronik lainnya. Ponsel dengan segala macam asesorisnya di jaman sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang penting. Hampir semua orang memiliki ponsel.
10. KOMPUTER. Sama dengan ponsel, komputer yang juga merupakan barang elektronik menempati kategori sendiri di periklanan. Karena untuk komputer ada banyak sekali peralatan pendukung dan asesorisnya. Jenis komputerpun ada yang desktop dan ada yang notebook atau laptop.
11. FASHION. Kategori iklan jenis ini paling banyak diminati oleh wanita dibanding pria. Produk-produk pakaian, sepatu, tas, jam tangan, celana, dompet buatan dalam dan luar negeri, selalu ada di kategori iklan jenis fashion.
12. EVENT. Acara-acara penting dari perusahaan, komunitas, keluarga besar dan organisasi biasanya diiklankan di iklan kategori ini baik yang diadakan sendiri maupun melalui promotor atau event organizer. Pameran dan acara amal juga biasanya termasuk di iklan ini.
13. INTERNET DAN BLOG. Iklan kategori ini biasanya berisi informasi tentang pelatihan komputer, komunikasi, bisnis online bahkan dunia iklan sendiri.
14. WEDDING ATAU PERNIKAHAN. Produk ini termasuk produk jasa. Jasa merias pengantin dalam berbagai model baik dalam maupun gaya luar negeri. Iklan wedding juga bisa berhubungan dengan iklan event dan kuliner. Berhubungan dengan event karena kalau acaranya besar, perlu penanganan Event organizer. Berhubungan dengan kuliner karena dalam acara pernikahan pasti ada usaha katering yang terlibat.
15. WEDDING ATAU PERNIKAHAN. Produk ini termasuk produk jasa. Jasa merias pengantin dalam berbagai model baik dalam maupun gaya luar negeri. Iklan wedding juga bisa berhubungan dengan iklan event dan kuliner. Berhubungan dengan event karena kalau acaranya besar, perlu penanganan Event organizer. Berhubungan dengan kuliner karena dalam acara pernikahan pasti ada usaha katering yang terlibat.
16. HOBI. Di antara beberapa kategori iklan ada kategori HOBI. Iklan ini biasanya berisi informasi tentang penjualan barang dan jasa yang unik. Unik karena pemiliknya misalnya seorang kolektor barang-barang antik. Iklan kategori ini bisa berhubungan dengan iklan BARANG SENI.
17. HEWAN PELIHARAAN. Banyak jenis hewan yang menjadi peliharaan orang yang menyukainya. Iklan hewan peliharaan ada kategori tersendiri di halaman iklan. Karena untuk perawatannya yaitu makanan, minuman, vitamin dan vaksin sangat banyak produknya. Iklan ini juga bisa berisi informasi jual beli berbagai jenis hewan kesayangan.
18. OLAHRAGA. Iklan olahraga biasanya informasi tentang perlengkapan dan asesoris untuk menunjang aktifitas. Kadang kategori iklan olahraga juga berisi informasi pertandingan dan event spesial tertentu di dunia olahraga. Kategori iklan ini bisa berkaitan dengan iklan event.
19. BARANG BEKAS. Kategori iklan ini memang jarang. Iklan jenis ini biasanya informasi jual beli barang-barang tertentu. Dan banyak sekali website yang bergerak di urusan jual beli ini. Yang paling banyak berhubungan dengan kategori iklan barang bekas ini adalah otomotif dan ponsel
20. LAIN-LAIN. Untuk kategori iklan ini berisi informasi tentang penjualan produk yang tidak termasuk kategori iklan di atas sebelumnya. Meski demikian ada juga pemasang iklan yang memasang iklan barangnya yang sesuai dengan kategori di atas di dalam kategori iklan ini.
Masih banyak lagi kategori iklan lain misalnya dari produk-produk online, aplikasi game, layanan online, media sosial. Itu semua tergantung pengaturan dari pemilik media iklannya sendiri.

 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Sosial – Tentang Indonesia – Dunia Islam – Kataa-kata Gaul – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Ingin Jadi Publisher Google Adsense ? Silahkan Dicoba Langkah-langkah Sederhana Ini

Cara-cara sederhana untuk menterjemahkan artikel bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia

Life Style, Entertainmen, Istilah dan Kata-kata gaul dan Sosialita

Beberapa tips agar hidup lebih enjoy dan menyenangkan

Kumpulan Artikel tentang Cara-cara
 

PLM12.com

Gelanggang Olahraga – Informasi & Opini

Fenomena Sosial – Hiburan – Serba-Serbi.

Gaya Hidup, Istilah dan Bahasa Gaul, Sosialita

Solusi, Kiat-Kiat, Tips-Trik & Cara-cara

Tentang B L O G dan W E B S I T E

 


SEKILAS TENTANG IKLAN…Adalah salah satu cara untuk memperkenalkan produk ke masyarakat – Tampilan iklan harus dinamis, berubah-ubah untuk periode tertentu. Karena kalau tidak berubah-ubah, masyarakat akan bosan melihatnya – Untuk memperkuat image merk barang. Semakin sering iklan ditayangkan, maka publik akan mudah mengingatnya – Tampilan iklan di internet ada yang berbentuk teks, ada yang berbentuk foto dan gambar, ada juga yang menggunakan animasi dan ada juga iklan dengan video dengan durasi tertentu – Di televisi ada waktu-waktu yang disebut prime time, di mana tayangan iklan di waktu tersebut sangat banyak yang menyaksikan – Advertising – classified – category – Google Adsense – advertiser – publisher – Online business.