17 Tipe Rumah Yang Memang (Bukan) Untuk Dihuni


Rumah adalah tempat tinggal. Apakah itu yang mewah maupun yang sederhana. Yang kontrak atau milik sendiri. Tapi beberapa properti yang disebut rumah yang disebutkan berikut ini diantaranya boleh jadi ada yang untuk dihuni sementara ataupun ada juga untuk jadi tempat tinggal seumur hidup. Dan mungkin juga dulunya memang rumah yang sesungguhnya. Yang lainnya ? Ada ! Silahkan baca yang berikut :
Rumah Sakit. Yang disingkat RS. Tipenya dalam berbagai ukuran dan kelas. Ada kelas biasa ada juga kelas internasional. Penghuninya dinamakan pasien. Mereka tinggal di RS ada yang hanya sementara ada pula yang seumur hidup. Artinya karena mereka sudah dirawat tapi tak kunjung sembuh, akhirnya meninggal di Rumah Sakit.
Rumah Tahanan. Kalau disingkat menjadi Rutan. Juga salah satu rumah yang ditempati untuk sementara waktu. Tapi ada juga yang tinggal di sana untuk selamanya alias seumur hidup. Kenapa ? Karena orang itu melakukan pelanggaran berat dan harus dihukum seumur hidup. Sama seperti penghuni Rumah Sakit, yang tinggal di rumah tahanan pada mulanya juga nggak mau menempati rumah tersebut.
Rumah Jompo. Properti ini lebih khusus lagi. Karena peruntukannya untuk menitipkan orang-orang yang sudah berusia lanjut atau lansia. Itulah yang dimaksud dengan rumah jompo. Banyak yang berpendapat bahwa rumah ini tempat tinggal yang kontroversial.
Rumah Ibadah. Adalah sebutan untuk tempat melakukan acara ritual keagamaan secara umum. Maksudnya adalah kalau ada yang menyebut “Rumah ibadah”, itu bisa saja berupa mesjid, bisa gereja, vihara, bisa juga pura. Apakah boleh ditempati ? Tentu saja tidak boleh. Kecuali kalau sedang keadaan sangat darurat, misalnya sedang ada bencana alam, banjir, gempa bumi dan lain-lain, maka warga yang rumahnya hancur, untuk sementara diijinkan mengungsi ke rumah ibadah tersebut.
Rumah Yatim.Kalau ini adalah tempat khusus untuk anak-anak yang sudah tidak punya orangtua dan mereka masih kecil dan lemah sehingga perlu bimbingan di situ sampai mereka benar-benar dewasa dan mampu hidup mandiri.
Rumah Sengketa. Kondisi rumah ini sangat memprihatinkan. Dalam arti bukan bangunannya sudah hancur atau tidak terurus, tapi rumah ini jadi rebutan antara beberapa pihak. Pihak yang satu punya surat, pihak lainnya juga punya. Perlu penanganan khusus untuk penyelesaiannya. Ada yang mau beli rumah sengketa ?
Rumah-Rumahan. Properti ini memang tidak layak untuk dihuni. Kenapa ? He he he … inikan salah satu jenis mainan anak-anak. Ada yang terbuat dari kayu, plastik atau juga lego.
Rumah Mertua. Untuk pasangan yang baru saja menikah, tapi belum menempati rumah sendiri, sementara boleh-boleh aja tinggal bareng di rumah mertua. “Den. .loe sekarang tinggal di mana ?” “Di TMI, bro…alias Taman Mertua Indah”
Rumah Duka. Rumah ini bukan sedang sedih, tapi penghuninya. Karena ada salah satu anggotanya yang meninggal dunia. Bolehkah kita membeli rumah duka ? Boleh boleh aja. Tapi dengan syarat tunggu sang pemiliknya kembali hidup normal, sudah tak berduka lagi.
Rumah Wakil Rakyat. Di dalam bahasa Inggrisnya adalah House of Representative. Iya ini sama saja gedung DPR yang berada di kawasan Senayan Jakarta. Kalau di Indonesia, “penghuni” rumah rakyat dapat jatah selama lima tahun. Setelah itu diganti oleh yang lain.
Rumah Gedong. Di masa lalu, untuk menyebut sebuah rumah yang besar dan mewah, maka digunakanlah istilah “Rumah Gedong”. Gedong sama dengan Gedung.
Rumah Adat : Bukan hanya etnik atau sukunya saja yang Indonesia punya, masing-masing daerah suku tersebut juga memiliki model rumah yang khas yang disebut dengan rumah adat. Tidak sedikit orang yang ingin membangun rumah yang terinspirasi dengan bentuk rumah adat yang unik.
Rumah Produksi : Di dalam dunia entertainmen khususnya film, rumah ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Rumah Produksi film…
“Rumahku Adalah Surgaku”. Ada juga yang menyebut “Rumahku adalah Istanaku”. Arti dari perumpamaan tersebut adalah sebuah suasana di rumah yang nyaman. Kehidupan antar anggota keluarga yang harmonis, jadi bukan cuma bentuk rumahnya saja yang bagus.
Rumah Hantu. Apakah ini sebuah judul film ? Mungkin dan bisa saja ada. Tapi biasanya kalau orang mendengar atau melihat langsung rumah hantu, akan terbayang ada “penghuni lain” selain manusia biasa di sana. Bahkan rumah tersebut mungkin sudah sangat lama tidak dihuni oleh pemiliknya. Hmm…mungkin rumah ini kalau dijual, agak susah lakunya.
Di Rumah Saja. adalah istilah terkenal ketika terjadi pandemi Covid19. Istilah tersebut sebuah anjuran serius. Istilah lainnya adalah : “Stay Home, Work From Home, Belajar Di Rumah”
Dan yang terakhir….meski sebetulnya masih banyak sih “Rumah-Rumah” yang lain yang kebetulan belum disebut di sini… adalaaah :
“Rumah Kita” ..”Haah ! … Kitaa ?…Kamu aja kalii…aku nggak !”
“He he he…baiklah, penulis ingin sekedar berbagi hiburan berupa video lagu tentang rumah.
 
Untuk Yang Mau Nyimak, Silahkan Deh Sentuh Di Sini.
 
Semoga Terhibur

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Berhubungan dengan properti : Rumah -:Bangunan – Hotel – Jembatan – Ruko – Komplek Perumahan – Cluster – Villa – Mall – Tower – Tanah – Lahan Perkebunan – Resort – Pencakar Langit – Pabrik – Gudang – SHM – Minimalis – Real Estate – RSS -KPR – Bandara – Pelabuhan – Pusat Perbelanjaan – Marketing Gallery – Apartemen – Rumah Susun – IMB.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.