16 Kota-kota Besar Di Cina

Kota-kota yang terkenal di dunia seperti di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat termasuk di Indonesia, memiliki ciri khas masing-masing, tergantung negaranya. Demikian juga di negara Cina, seperti kota Beijing, Shanghai, Hongkong, Taipei dan Guangzhou. Masing-masing dari kota besar tersebut ada keunikan-keunikan tersendiri. Modernisasi yang dipadu dengan gaya etnik yang eksotis banyak terlihat di sana. Hanya itu saja ? Tentu saja tidak ! Selain itu ada kota-kota besar lain yang tersebar di seluruh daratan Cina atau Tiongkok yang tak kalah megah dan menarik dengan kota-kota utama. Ada yang menjadi tujuan wisata baik wisata sejarah yang berhubungan dengan perjalanan negeri Cina di masa lalu, kota dengan pusat fashionnya, kota hiburan, kota industri, teknologi dan lainnya. Berikut nama-nama kota tersebut :
1. CHANGSHA..Selain menjadi ibukota provinsi Hunan di Cina Selatan, kota Changsha menjadi pusat industri komersial dan transportasi penting di Cina. Aluminium, tekstil, kimia untuk pertanian dan mesin pompa berpusat di sana. Di kawasan industri Changsa ETZ yang terletak di timur kota terdapat industri teknologi tinggi, teknologi biologi dan industri komponen baru. Sementara di kawasan Liuyang ETZ, menjadi pilar industri farmasi, Teknologi Informasi dan makanan kesehatan. Changsha pun terkenal sebagai salah satu kota bersejarah dan kota budaya negeri Tiongkok. Bandara yang ada di kota Changsha bernama Changsha Huanghua International yang melayani rute penerbangan menuju kota-kota utama CIna yaitu : Beijing, Shanghai, Guangzhou dan juga Hongkong, Macau serta Taipei. Selain ini juga melayani jalur ke 45 kota internasional termasuk ke Los Angeles, Singapura, Seoul, Pusan, Osaka, Tokyo, Kuala Lumpur, Frankfurt dan Sydney. Untuk transportasi kereta di Changsha baik ekspres maupun reguler, juga melayani tujuan ke kota-kota utama di Cina, antara lain : Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Hongkong dan Hangzhou. Lokasi-lokasi kunjungan menarik di Changsha antara lain : Huangxing South Pedestrian Street, Furong Square, Yanghu Wetland Park dan lain-lain.
2. HARBIN.. Salah satu kota terbesar di Timur Laut Cina. Menurut sensus tahun 2010, kota ini berada di urutan ke delapan yang terpadat penduduknya. Harbin adalah basis industri penting negara Tiongkok. Menjadi poros di Timur Laut Cina untuk ekonomi, sains, kebudayaan dan komunikasi. Yang spesial lagi dari kota Harbin adalah julukan Ice City untuknya karena terkenal dengan tempat-tempat rekreasi dan wisata musim dingin. (winter). Festival seni pahat es yang indah di musim salju sering berlangsung di sana. Keistimewaan Harbin yang lain yaitu menjadi pusat fashion Cina dengan design-design barunya yang sudah merambah kota bahkan sebelum sampai di kota Shanghai. Pada tahun 2004 kota Harbin dinobatkan sebagai “China Top Tourist City” oleh China National Tourism Administration. Lalu pada 22 Juni 2010, Harbin ditunjuk sebagai “City of Music” oleh PBB. Untuk melayani rute-rute ke 30 kota besar di Cina, termasuk kota Shanghai dan Beijing, kota ini memiliki bandara yang bernama Harbin Taiping International yang jadi bandara terbesar kedua di Cina timur laut. Di airport ini juga tersedia jadwal penerbangan langsung ke Rusia, Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan yang khusus ke kota Nagoya di Jepang. Jalur kereta konvensional di Harbin menghubungkan kota Beijing, Suifenhe, Manzhouli, Beian dan Lalin. Selain itu Harbin juga memiliki jalur kereta cepat yang terhubung ke Dalian dan pelabuhan laut di timur laut Cina. Di Harbin juga telah dibangun jalur kereta cepat yang pertama kalinya di Cina yang disesuaikan dengan cuaca yang ekstrim dingin ketika musim salju dengan kereta peluru jenis CRH380B yang mampu bertahan antara suhu minus 40 derajat Celcius hingga 40 derajat Celcius. Kereta cepat ini juga untuk tujuan kota Dalian. Tahun 2017, kota Harbin membuka jalur kereta cepat untuk tujuan kota Vladivostok di Rusia sekaligus menjadikan kota Harbin sebagai kota di Cina yang pertama kali terhubung ke kota Rusia melalui jalur kereta cepat.
3. NANJING..Adalah kota terbesar kedua di Cina TImur dan menjadi ibukota provinsi Jiangsu. Kota Nanjing termasuk salah satu dari kota-kota paling penting di Cina selama ribuan tahun. Banyak situs-situs peninggalan masa lalu yang bersejarah ada di sana. Di bidang teknologi, menurut Indeks Nature, Nanjing termasuk tiga besar kota yang menjadi pusat riset sains negara Cina, khususnya di bidang sains kimia, Laboratorium Bioteknologi farmasi, laboratorium komunikasi nirkabel dan software komputer terbaik. Untuk transportasi jalur udara, Nanjing mempunyai bandara yang bernama Lukou International. Layanan penerbangan dari Nanjing melalui airport ini menuju domestik dan internasional, sebanyak 85 rute termasuk runte luar negeri seperti : Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapore, Amerika Serikat dan Jerman. Untuk transportasi kereta, kota Nanjing terhubung ke kota-kota wilayah timur Cina seperti Beijing dan Shanghai melalui jalur kereta konvensional dan kereta ekspres. Stasiun kereta Nanjing Selatan yang dibuka pada tahun 2011 diklaim menjadi stasiun kereta terbesar di Asia dan kedua terbesar di dunia. Sementara itu jalan tol yang ada di kota Nanjing, yaitu Hu-Ning, Ning-He, Ning-Hang merupakan jalur perjalanan yang penting dan efisien menuju kota Shanghai, Hefei, Hangzhou dan wilayah-wilayah strategis Cina lainnya. Tempat-tempat menarik dan unik di kota Nanjing antara lain: Plum Blossom Hill dengan Festival Plum Blossom Internasional setiap tahunnya, Festival Opera Kun. Opera ini adalah salah satu teater terbaik dan teater seni tertua di Cina. Perpustakaan Nanjing yang terbesar ketiga di Cina setelah perpustakaan Beijing dan Shanghai. Pasar malam, kuliner dan hiburan-hiburan di Qinhuai River. Pusat bisnis di Xinjiekou CBD dan Hunan Road juga menjadi tempat hiburan saat malam hari. Wutaishan Sports Center dan Nanjing Olympic Sports Center yang menjadi pusat aktifitas olahraga di kota Nanjing.
4. KUNMING..Kunming adalah kota terbesar yang sekaligus menjadi ibukota provinsi Yunnan di barat daya Cina. Kota yang menjadi pusat politik, ekonomi, komunikasi dan kebudayaan ini juga bernama Kota Musim Semi karena iklimnya. Letak kota Kuming dekat dengan wilayah perbatasan negara-negara Asia Tenggara. Dengan akses transportasinya yang menuju Vietnam, Burma dan Laos, mejadikan kota ini sangat penting untuk kegiatan perdagangan di kawasan selatan. Industri utamanya adalah logam, kimia, permesinan, tekstil, kertas dan semen. Industri bunga Yunnan telah mengembangkan produknya dengan bantuan ahli dari Belanda dan The Dounan Flower Market di kota Kunming menjadi lokasi penjualan produk bunga Yunnan. Kunming memiliki bandara udara yang bernama Kunming Changshui International Airport dan Kunming Wujiaba International Airport yang melayani penerbangan ke beberapa wilayah Cina dan kota-kota di negara-negara Asia Tenggara. Transportasi lain di Kunming antara lain : Kereta yang jalur-jalurnya terhubung ke kota Chengdu, Shanghai dan beberapa wilayah utara, Nanning dan juga Vietnam. Sementara jalan tol dari Kunming terhubung ke Thailand, Vietnam dan Laos. Sistem kereta cepat Kunming yang disebut dengan “Pan Asia High Speed Network”, akan menjadi akses menuju China, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Malaysia dan Singapore.
5. NINGBO..Adalah kota di timur laut provinsi Zhejiang, China. Ningbo adalah kota pelabuhan penting di selatan kota Shanghai. Ningbo juga adalah eksportir produk listrik, tekstil, makanan dan peralatan industri. Bandara yang ada di Ningbo adalah Ningbo Lishe International untuk melayani rute domestik dan internasional, diantaranya menuju Taiwan dan SIngapura. Jalur untuk kereta cepat dengan kecepatan 250 km per jam di Ningbo dibangun untuk rute menuju kota Hangzhou dan Wenzhou untuk rute kota-kota selatan di provinsi Fujian. Untuk jalan raya cepat ada tujuh jalan tol yang dibangun untuk menghubungkan kota-kota di sekitar Ningbo yaitu kota Hangzhou, Taizhou, Wenzhou, Jinhua, Shanghai yang melalui jembatan Hangzhou Bay dan Dongguan. Karena kota Ningbo dilalui oleh tiga buah sungai, maka sangat penting untuk membangun jembatan yang menghubungkan beberapa tempat seperti distrik Haishu dan distrik Jiangdong. 16 buah jembatan sudah dibangun, yang terkenal adalah The Ling Bridge. Sementara jembatan untuk menghubungkan kota Shanghai adalah Hangzhou Bay Bridge dan menjadi jembatan yang menyeberangi laut terpanjang di dunia. Tempat-tempat spesial di Ningbo : King Ashoka Temple, Tianyi Pavilion (Tianyi Ge), atraksi turis terkenal. Bangunan struktur kayu tertua Candi Baoguo di Jiangbei dan tempat-tempat yang mengandung nilai sejarah lain.
6. SHENYANG..Adalah kota terbesar di provinsi Liaoning, Cina dan Cina timur laut dalam hal populasi. Shenyang juga salah satu kawasan industri penting di Cina dan menjadi sentra industri berat sejak tahun 1930, menjadi pusat komersial dan transportasi Cina Timur Laut, terutama dengan Jepang, Rusia dan Korea. Untuk transportasi udara ada bandara yang bernama Taoxian International yang terletak di distrik Hunnan. Bandara lainnya adalah East Pagoda di distrik Dadong dan Beiling Airport di Huanggu yang khusus digunakan untuk tes penerbangan perusahaan. Dan bandara Yuhong untuk kepentingan militer. Kota Shenyang juga memiliki jalur kereta cepat untuk kereta jenis CRH5-001A EMU yang menuju kota Beijing dan kota-kota di timur laut Cina yaitu Harbin, Dalian dan Changchun. Dengan adanya jalur cepat kereta, akan mengurangi lama waktu perjalanan ke kota-kota tersebut. Stasiun-stasiun kereta utama Shenyang ada di distrik Shenhe dan distrik Heping. Kota Shenyang memiliki beberapa buah jalan tol yang menuju ke beberapa wilayah, misalnya ke salah satu kota pelabuhan terbesar Cina, Dalian, Beijing, Benxi, Dandong, Jilin dan yang langsung menuju bandara Taoxian. Tempat dan destinasi yang menarik di kota Shenyang antara lain : Musium Lokomotif Uap atau Shenyang Steam Locomotive, yang memajang 16 macam mesin uap lokomotif dari Amerika, Jepang, Rusia, Belgia, Polandia, Jerman, Ceko dan China. Lalu ada Middle Street dan Taiyuan Street, yaitu lokasi-lokasi belanja, fashion merek-merek Eropa dan Amerika dan kuliner bergaya barat. Mall terbesar di kota Shenyang juga ada di Middle Street yang menjual produk dari seluruh dunia. Kemudia ada shopping center Wu’ai Market dan pusat teknologi dan informasi Sanhao street. Seperti juga kota-kota China lainnya, di kota Shenyang juga ada beberapa musium dan destinasi wisata seni dan teater.
7. SUZHOU..Berada di provinsi Jiangsu di Cina TImur, 100 km barat laut Shanghai. Perekonomian utama kota Suzhou di sektor komersial dan perdagangan. Industri besar termasuk besi baja, peralatan elektronik, tekstil dan komputer juga berperan di Suzhou. Bandara di kota Suzhou adalah Sunan Shuofang International. Untuk transportasi jenis kereta, kota ini kebetulan berada di koridor Shanghai-Nanjing. Jalan tol di kota Suzhou terhubung ke jalur tol Nanjing-Shanghai. Kota Suzhou juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling menarik di Cina karena pagodanya, jembatan-jembatan batunya dan kebun-kebun yang didesign secara cermat. Salah satunya adalah “The Classical Gardens of Suzhou” yang sudah terdaftar di UNESCO World Heritage Sites pada tahun 1997 dan 2000. Kota eksotis ini juga sering dijuluki “Venice of the East” atau “Venice of China”, karena saluran atau kanal-kanal yang ada di kotanya mirip dengan kota Venice, sebuah kota eksotis di Italia.
8. XIAMEN..Kota ini letaknya di sebelah tenggara provinsi Fujian, China di sisi selat Taiwan. Udara di kota yang berada di pulau yang terpisah dari daratan Cina ini relatif bersih, tingkat polusinya rendah. Dengan kondisi begitu maka pada tahun 2006, Xiamen menempati rangking ke-2 sebagai kota yang paling nyaman untuk tempat tinggal (“most suitable city for living”). Industri penting di kota Xiamen misalnya : Perikanan, galangan kapal, tekstil, peralatan mesin, industri kimia, telekomunikasi dan jasa keuangan. Xiamen Gaoqi International Airport adalah nama bandara di Xiamen yang bisa langsung menuju kota-kota besar seperti : Tokyo, Osaka, Seoul, Amsterdam, Sydney, Melbourne, Vancouver, Los Angeles dan juga ke wilayah Asia Tenggara yaitu : Bangkok, Kuala Lumpur, Manila, Jakarta, Cebu dan Singapore. Jaringan transportasi kereta Xiamen yang terhubung ke jaringan jalur kereta nasional Cina bisa menuju kota-kota seperti : Shanghai, Nanjing, Hefei, Fuzhou, Nanchang dan Yingtan. Karena Xiamen berada di pulau, maka untuk menyeberang ke Cina daratan, jalur kereta tersebut dan juga jalan tol harus melalui jembatan antara lain The Gaoji Causeway, Jimei, Xiamen, Xiang’an, Xinglin dan Haicang Bridges. Selain jembatan, di kota Xiamen ada juga dua buah terowongan bawah laut untuk masuk ke Cina daratan yang bernama Xiang’an Tunnel dan Haicang Tunnel. Tempat kunjungan yang menarik : Gulangyu Island, Botanical Garden, Nanputuo Temple, Water Garden Expo Park, Chinese Education Park, Marine Culture Island, Spa Island dan lain-lain.
9. TAIYUAN..Salah satu julukan kota ini adalah “Dragon City”. Taiyuan adalah kota terbesar sekaligus sebagai ibukota provinsi Sanxi di CIna Utara. Taiyuan menjadi salah satu basis industri utama di Tiongkok, termasuk batubara yang jadi andalan propinsi Sanxi. Taiyuan juga menjadi kota pusat transaksi perdagangan batu bara sejak tahun 2012. Bandara di kota Taiyuan adalah Taiyuan Wusu. Airport ini sudah mampu didarati oleh pesawat jenis Airbus A380. Melayani jalur penerbangan ke kota-kota utama Cina seperti Beijing dan Shanghai serta kota-kota pesisir, misalnya Dalian. Jalur penerbangan internasional menuju Taipei dan Da Nang. Untuk transporasi jenis kereta, Taiyuan menjadi penghubung utama ke kota-kota di Cina Utara. Dengan jalur kereta cepat tersebut, akan menghemat waktu perjalanan dari kota lain, misalnya dari Beijing yang berjarak sekitar 600 km. Kota Taiyuan juga memiliki beberapa jalur jalan tol. Salah satunya adalah untuk menuju ke kota satelit Gujiao. Tempat-tempat menarik di Taiyuan antara lain : Shanxi Museum di West Binhe Road, Twin Towers di Yongzuo Temple, yang menjadi ikon kota. Dan yang juga terkenal di sana adalah Chongshan Monastery, Longtan Park dan Yingze Park di pusat kota.
10. WUHAN..Adalah ibukota dari provinsi Hubei. Kota ini paling padat penduduknya di CInta Tengah. Satu dari sembilan pusat kota negeri Cina. Wuhan dikenal juga dengan predikat “Jalan Raya Cina”. Transportasinya terhubung dengan belasan jalur kereta, jalan raya dan jalur cepat yang melewati/melalui kota dan menghubungkan kota-kota utama lain. Karena berperan penting dalam transportasi domestik, Wuhan juga dijuluki “Chicagonya Cina” oleh beberapa sumber luar negeri. Chicago adalah nama kota besar dan terkenal di Amerika Serikat. Wuhan juga dikenal sebagai pusat transportasi, pendidikan, kebudayaan, keuangan, ekonomi dan politik di Cina Tengah. Bandara di kota Wuhan bernama Wuhan Tianhe International. Tempat-tempat kunjungan di Wuhan antara lain : Sungai Chu dan Jalan Han yang terkenal sebagai lokasi perbelanjaan, Wuchang dengan hiburan atraksi turisnya termasuk teater Han Show, Musium Lilin Madame Tussauds, Movie Culture Park, Kebun binatang Wuhan di Hanyang dan tempat belanja serta wisata kuliner lainnya di kota Wuhan.
11. XI ‘AN..Kota ini terletak di barat laut Cina di provinsi Sannxi. Sejak tahun 1990 menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi daratan Cina terutama di region tengah dan barat laut. Xi’An juga menjadi pusat kebudayaan, industri dan pendidikan di sana dengan fasilitas untuk riset dan pengembangan, keamanan nasional dan program eksplorasi ruang angkasa Cina. Kawasan metropolitan Xi’an Xianyang merupakan kota terpadat di Cina Barat. Menurut laporan Economist Intelligence Unit pada Juli 2012, Xi’an termasuk dari 13 megacity terkemuka di Cina. Puluhan negara telah mendirikan ribuan perusahaan di Xi’an termasuk perusahaan dengan merk terkenal. Industri pentingnya yang menhasilkan penghasilan besar adalah peralatan industri, pariwisata dan layanan jasa. Mitra internasional terbesar adalah Amerika Serikat. Kota Xi-an memiliki bandara yang bernama Xianyang International. Yang menarik lainnya adalah : Xi’an adalah kota di mana agama Islam pertama kali diperkenalkan di Cina pada tahun 651. Komunitas Muslim terbesar di sana adalah etnik Hui. Ada tujuh buah mesjid besar di kota Xi’an. Drama Qinqiang di provinsi Shaanxi yang telah dikembangkan dengan suara musik yang khas, make-up wajah, penampilan dan hal-hal unik lainnya. Textile Town yang meski namanya kota tekstil tapi itu hanya menggambarkan keadaan masa lalu di Xi’an yang memang banyak berdiri pabrik tekstil di tahun 50-an.
12. ZHENGZHOU.. Adalah Ibukota provinsi Henan. Menjadi pusat pendidikan, teknologi, ekonomi dan politik di provinsi tersebut. Zhengzhou adalah kota industri yang antara lain memproduksi traktor, lokomotif, mesin perkebunan dan peralatan listrik, rokok dan pengolahan daging. Beberapa industri teknologi tinggi lain tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Menjadi poros transportasi seperti jalan raya, jalur kereta, penerbangan dan komunikasi. Dari kota ini ada jalur kereta yang terhubung dengan Eropa dan bandara internasional yang sibuk menuju Asia, Eropa, Afrika, Amerika dan Oseania. Salah satu dari 13 megacity yang terkenal di Cina bernama Greater Zhengzhou, menurut Economist Intelligence Unit. Bandara yang ada di Zhengzhou adalah Xinzheng International, Shangjie International dan Matougang Airbase untuk militer. Sementara untuk transportasi kereta cepat, ada yang langsung menuju bandara Xinzheng. Karena kota Zhengzhou berada di jalur kereta cepat Beijing-Guanzhou-Shenzhen-Hongkong dan jalur Xuzhou-Lanzhou, maka perjalanan ke kota-kota utama Cina dengan kereta, bisa lebih cepat. Jalan tol yang ada di kota Zhengzhou menghubungkan kota-kota sekeliling seperti Kaifeng, Xinxiang, Luoyang dan lain-lain. Jaringan jalan tol nasional dari kota-kota utama Cina juga terhubung ke Zhengzhou. Tempat-tempat unik dan menarik di Zhengzhou misalnya : Biara Shaolin di Dengfeng, yang juga menjadi pusat beladiri Kung-fu Cina lalu ada Shaolin Tample yang menjadi tempat lahirnya Kungfu Cina. Musium Henan, Tower tertinggi di Zhengzhou, Zhongyuan Tower yang juga berfungsi sebagai menara televisi, kebun binatang Zhengzhou dan Zhengzhou Botanic Garden.
13. CHANGCHUN.. Kota ini Changchun dikenal dengan “City of Automobiles atau kota otomotif mobil. Itu karena kota yang terbesar dan sekaligus menjadi ibukota Provinsi Jilin ini industri utamanya adalah pembuatan kendaraan mobil. Karena peran penting industri otomotifnya, ada juga yang menyebut Changchun dengan julukan “Detroit of China”. Detroit adalah nama sebuah kota di negara bagian Michigan di Amerika Serikat yang menjadi basis industri otomotif. Changchun adalah pusat riset, development dan industri mobil terbesar di Cina. Kota Changchun mempunyai bandara yang bernama Changchun Longjia International Airport yang melayani penerbangan menuju kota-kota besar di Cina seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou dan juga jalur internasional yang menuju ke Bangkok, Osaka dan Khabarovsk. Untuk transportasi jenis kereta, Changchun Railway Station menyediakan jasa perjalanan menuju ke kota-kota di wilayah timur laut antara lain Jilin City, Harbin, Shenyang dan Dalian, seperti juga ke Beijing, Shanghai dan Guangzhou. Jaringan jalan raya di Changchun terhubung ke jaringan jalan raya ekspres nasional melalui Changchun–Harbin Expressway, the Changchun–Jilin–Hunchun Expressway dan Changchun–Jilin North Highway.

Breaking Info !
ANDA SEDANG BERADA DI :
plm12

Fenomena Sosial – Opini Olahraga – Tips & Trik – Hiburan – Sekilas Info


14. CHONGQING. Terletak di barat daya Cina. Secara administratif berada langsung di bawah pemerintah pusat seperti kota Beijing, Shanghai dan Tianjin. Chongqing menjadi yang industri terbesar ketiga untuk produksi kendaraan sepeda motor dan juga mobil. Industri lainnya di kota ini antara lain besi baja, aluminium. Tidak ketinggalan juga produksi beras dan buah-buahan terutama jeruk. Lapangan udara atau bandara kota Chongqing bernama Chongqing Jiangbei International Airport yang mampu melayani penerbangan langsung internasional ke Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Utara dan Eropa serta Cina sendiri. Kota-kota di luar negeri yang termasuk rute penerbangan internasionalnya antara lain : Auckland, New York, London, Los Angeles, Moskow, Doha, Dubai, Seoul, Bangkok, Phuket, Osaka, Singapore, Chiang Mai, Phnom Penh, Siem Reap, Malé, Bali, Zadar, Tokyo, Kuala Lumpur, Batam, Rome dan Helsinki. Destinasi di kota Chongqing misalnya Musium Baiheliang Underwater, Musium underwater pertama di Cina, The Memorial of Great Tunnel Massacre, sebuah lokasi bersejarah pada jaman perang dunia ke-2, Musium Teknologi dan Sains Chongqing dengan fasilitas IMAX teaternya. Lalu ada eskalator terpanjang ke dua di Asia yang bernama Huangguan Escalator dan venue-venue hiburan lainnya seperti kebun binatang Chongqing, Porcelain Palace, yang adalah toilet terbesar di dunia.
15. URUMQI..Barangkali inilah satu-satunya kota di negeri Cina yang masuk dalam Guiness Book of Records. Apa yang spesial dari kota yang masuk wilayah provinsi Xinziang Uyghur ini hingga terdaftar di Guiness Book of Records ? Karena kota Urumqi tercatat sebagai tempat yang paling jauh dari lautan manapun di dunia ini. Urumqi ini merupakan kota yang berada di paling barat negeri Cina dan juga termasuk wilayah Asia Tengah
16. YANCHENG.. Kota ini terletak di timur laut provinsi Jiangsu, China. Yancheng disebut juga “Salt City” atau kota garam, karena dikeliling oleh area untuk produksi garam. Perekonomian kota ini antara lain : Agro industri, otomotif di Yancheng Plant dan lainnya. Bandara di kota Yancheng bernama Yancheng Nanyang International Airport yang melayani tujuan penerbangan langsung ke kota Shanghai, Beijing, Hongkong dan juga untuk tujuan langsung ke Taiwan, Korea Selatan, Jepang dan lain-lain. Lokasi kunjungan di Yancheng antara lain restoran-restoran dan tempat kuliner lain yang bergaya arsitektur Huizhou.
Selain 16 nama-nama yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi kota-kota lain di Cina yang salah satunya karena pengaruh kemajuan ekonomi yang pesat, terus berkembang.
 
Referensi Data : wikipedia.org/en. Style : plm12.com