olahraga Indonesia
Saya yakin para pembaca sudah tahu bahwa cabang olahraga yang memberikan gelar paling lengkap bagi atlit-2 Indonesia adalah bulutangkis atau badminton. Kejuaraan-2 tingkat dunia dari yang pernah dilangsungkan seperti All-England, Thomas Cup, Uber Cup, Olimpiade & seluruh kejuaraan terbuka pernah dimenangkan oleh jago-2 asal Indonesia. Tapi selain dari olahraga bulutangkis, ada juga beberapa cabang olahraga lain yang gelar dunianya pernah dimenangkan oleh olahragawan asal Indonesia misalnya tinju yang pernah dijuarai oleh Elyas Pical, Nico Thomas dan Chris John, angkat berat melalui beberapa lifter puteri dan panahan. Indonesia memang bisa unggul di olahraga yang mengandalkan keterampilan individu. Bagaimana dengan cabang olahraga yang paling ngetop sekarang-sekarang ini ? Misalnya sepakbola, olahraga otomotif dan bola basket.
Meski Indonesia kurang bisa bersaing di tingkat dunia tapi penggemar olahraga-olahraga yang tiga itu sangat banyak. Khusus untuk sepakbola, suporter yang ada yang mendukung klub-klub kesayangannya, sangat banyak, fanatik dan setia. Dan belakangan ini suasana pertandingan sepakbola di tanah air kelihatan semakin tertib dan kondusif. Kalau suasana pertandingan olahraga di stadion, khususnya sepakbola, berjalan nyaman dan damai, maka akan semakin banyak lagi penonton yang mau datang menyaksikan tim kesayangannya bertanding, bahkan yang bukan penggemarpun banyak yang akan datang ke stadion karena ingin kongkow-kongkow di sekitar stadion sekaligus merasakan atmsofir dan euforia yang meriah di sana. Karena menonton pertandingan di stadion terasa lebih berkesan dibanding kalau nonton di tivi di rumah. Untuk olahraga otomotif, para pembalap atau rider-rider andalan Indonesia sementara harus puas di ajang-ajang tingkat Asia dan harus bekerja keras lagi agar bisa masuk kualifikasi di event yang lebih tinggi lagi, tentunya tingkat dunia, misalnya balap mobil F-1 dan lomba balap motor MotoGP.
Olahraga yang menggunakan kendaraan berteknologi tinggi tersebut memang sangat spesial dan masih didominasi oleh pembalap-pembalap asal benua Eropa. Bahkan Jepang pun yang menjadi negeri pemasok mesin paling banyak di ajang kebut-kebutan tingkat dunia, belum ada satupun atlit mereka yang pernah juara dunia. Untuk cabang olahraga bola basket, rasanya memang masih identik dengan NBAnya Amrik. Kompetisi terbaik di dunia itu memang masih menjadi semacam kiblat bagi pebasket-pebasket seluruh dunia termasuk Indonesia. Demikian sedikit tentang olahraga Indonesia. Olahraga yang negtop di dunia memang masih didominasi atlit luar negeri, tapi aktifitas olahraga di dalam negeri yang menarik bisa menjadi hiburan mengasyikan bagi masyarakat Indonesia.

 

 

PLM12.com

 

 

Badminton

Indonesia di Pentas Dunia
Olahraga yang paling banyak gelar dunianya bagi Indonesia adalah cabang bulutangkis. Olahraga yang juga terkenal dengan sebutan badminton itu juga pernah menyumbang dua medali emas untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Barcelona tahun 1992 lalu, melalui Alan Budi Kusumah dan Susi Susanti.

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita. PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia.