10 negara peraih medali terbanyak di 5 Olimpiade Terakhir

Pesta olahraga terbesar di dunia yaitu Olimpiade pasti selalu ada rekor baru yang tercipta. Pemecahan rekor catatan waktu karena rekor sebelumnya sudah bisa terlewati oleh atlit yang sekarang. Dalam beberapa puluh tahun terakhir, perolehan medali kontingen dari Amerika Serikat, negara-negara Eropa Timur, Eropa Barat ditambah dua atau tiga negara dari Asia, selalu masuk dalam 10 besar peringkat. Peringkat paling atas masih didominasi oleh Negeri Paman Sam Amerika Serikat. Sedangkan Cina sempat menyalip dominasi Amerika Serikat ketika Olmpiade berlangsung di Beijing China tahun 2008. Untuk selengkapnya, berikut adalah 5 tabel Olimpiade terakhir yang mencatat 10 peringkat teratas dalam perolehan medali :

 

medali olympic2000?

Olimpiade di tahun 2000 diselenggarakan di Australia yaitu di kota Sydney. Amerika Serikat kembali menjadi juara umum, sementara di posisi kedua ditempati oleh Rusia. Tuan rumah Australia sukses menempati posisi 4. Sementara dari Asia yaitu kontingen Cina berada di posisi 3. Wakil Asia lain yaitu Korea Selatan yang biasanya selalu ada di 10 besar di setiap Olimpiade, saat itu tidak bisa mempertahankan prestasinya. Lalu bagaimana kabar kontingen Indonesia ? Indonesia berada di urutan ke 38. Total medali yang diraih para atlit Indonesia adalah 6 buah, dengan perincian : Medali Emas : 1, yang diperoleh dari cabang bulutangkis melalui Tony Gunawan yang berpasangan dengan Candra Wijaya di nomor ganda putera. Medali perak : 3, dan untuk perunggu : 2.

 
Olimpiade athena?

Pada Olimpiade yang diadakan di kota Athena Yunani tahun 2004, dalam tabel terlihat posisi Tiongkok mulai merangsek naik ke posisi 5 besar, yaitu di posisi kedua di bawah kontingen Amerika Serikat. Cina mengungguli atlet-atlet Rusia dan negara-negara Eropa Barat serta Jepang. Cina terus menempel Amerika Serikat. Untuk sport event besar kali ini, tuan rumah Yunani menempati peringkat 15. Sementara itu kontingan Indonesia berada di peringkat 48. Dibanding posisi sebelumnya, di Olimpiade 2004 itu jelas Indonesia mengalami penurunan. Medali emas 1. Perak 1 dan perunggu 2. Seperti di Olimpiade sebelumnya, medali emas yang diperoleh Indonesia berasal dari cabang badminton melalui pebulutangkis Taufik Hidayat yang turun di nomor tunggal putera.


 
beijing?

Cina akhirnya menjadi juara umum mengungguli negara-negara seluruh dunia dalam hal olahraga. Bertindak sebagai tuan rumah, Cina menempati peringkat teratas untuk pengumpulan medali. Bahkan terlihat agak jauh dibanding dengan peringkat kedua yang ditempati oleh Amerika Serikat. Pesta Olahraga Olimpiade yang diadakan di kota Beijing China ini,  negara-negara yang masuk dalam 10 besar peringkat atas masih diisi oleh negara Eropa Barat dan Rusia plus Australia dan Korea Selatan serta Jepang. Dominasi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa di Olimpiade pun akhirnya terusik oleh atlet-atlet negeri Tirai Bambu. Lalu peringkat berapa atlit-atlit Indonesia saat itu ? Ada peningkatan sedikit dibanding tahun 2004, naik ke urutan 40. Dengan perolehan medali emas : 1. Perak 1 dan perunggu 4. Total ada 6 medali yang didapat oleh kontingen Indonesia. Cabang olahraga apa yang menghasilkan medali emas untuk Indonesia ? Yaitu bulutangkis lewat pasangan Markis Kido dan Hendra Setiawan yang turun di ganda putra.


 
London 2012?

Olimpiade tahun 2012 diadakan di kota London Inggris. Cina tidak bisa mempertahankan prestasinya seperti tahun 2008 lalu dan harus mengakui keunggulan kontingen Amerika Serikat untuk memuncaki posisi teratas. Cina turun satu peringkat dan menempati urutan kedua, disusul oleh Inggris, Rusia dan beberapa negara Eropa lainnya serta Korea Selatan dan Australia. Untuk Olimpiade London tersebut, kontingen Indonesia menempati peringkat 60, sama dengan Bulgaria dan Finlandia. Medali yang diperoleh yaitu : 2 medali perak dan 1 medali perunggu. Medali perak diraih oleh atlit angkat berat, Citra Febrianti di kelas 53 kg. Di Olimpiade 2012 itu Indonesia mengalami penurunan, salah satunya tidak mendapat medali emas dan posisi akhirpun turun ke peringkat 60.


 
rio 2016?

Di Olimpiade tahun 2016 di Brasil, Jepang masuk sepuluh besar kontingen peraih medali terbanyak. Dengan demikian ada tiga wakil dari benua Asia yang bisa bersaing dengan negara Amerika dan Eropa plus Australia. Sementara itu kontingen tuan rumah, Brasil berada di posisi 13. Untuk wakil dari Indonesia saat itu berada di peringkat 46, ada peningkatan dibanding Olimpiade London sebelumnya. Medali emas untuk Indonesia seperti biasa didapat dari cabang bulutangkis atas nama pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang bertanding di nomor ganda campuran.

 
Dari lima penyelenggaraan Olimpiade terakhir tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa negara-negara Eropa dan Amerika Serikat masih terus mendominasi dunia olahraga. Untuk kontingen negara-negara Asia masih diisi oleh China dan Korea Selatan. Amerika Latin dan Afrika belum bisa bersaing untuk masuk 10 besar. Bagaimana dengan negara Asia lain ? Termasuk Indonesia ? Akankah pada Olimpiade berikutnya yang diadakan di Tokyo Jepang ada perkembangan menarik ? Kita tunggu !

 

Serba-Serbi OLIMPIADE Lainnya :

Peraih Emas Sepakbola OLIMPIADE. Inilah Bedanya dengan Sepakbola Piala Dunia !

Indonesia di Olimpiade Selama Ini. Bagaimana Kabarnya ?

HIBURAN DARI OLIMPIADE’84 : Lagu “One Moment In Time – Whitney Houston”

MASIH DARI DUNIA HIBURAN : Ini Lagu Untuk Sang Juara !

Olimpiade Musim Dingin. Mungkinkah Indonesia Yang Hangat Bisa Mengikutinya ?

Negeri-2 Asia Belum Pernah Juara di 3 Cabang Olahraga Berikut. Apa Saja ? Baca Selengkapnya !

Website Plm12.com
Indonesia Ngetop Dengan Bulutangkisnya, Lalu Negara Lain ? Klik Info Berikut !

Serba-serbi dari Dunia Olahraga dan Info Lainnya Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Olympic Games

Pesta Olahraga terbesar di dunia Olimpiade tahun 2020 berlangsung di Tokyo, Jepang. Diikuti oleh kontingen dari hampir seluruh negara di dunia. Olimpiade pertama diadakan di kota Athena, Yunani.

Pesta Olahraga Olimpiade bisa mempererat hubungan antar bangsa. Selain itu banyak yang positif dari acara empat tahunan tersebut. Dari mulai sportifitas, teknologi, bisnis, pariwisata, kebudayaan dan informasi tentang internasional lainnya.