10 Hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Gigi

Gigi masih lengkap ? Syukurilah, karena salah satu bagian dari tubuh tersebut adalah bagian yang sangat penting. Kalau orang giginya sebagian ompong apalagi rontok semua, pasti ketika melakukan salah satu pekerjaan yang disukai yaitu makan, akan menjadi tidak nikmat, meskipun sedang makan makanan yang paling nikmat. Dan tanpa gigi pula, orang akan kehilangan penampilan yang menarik. Dr. Tariq Idrees, seorang dokter gigi pengelola Klinik Carisbrook di Manchester, Inggris mengatakan jutaan orang tanpa mereka sadari merusak gigi mereka dengan kebiasaan sehari-hari yang mereka anggap bermanfaat. Khusus untuk perawatan gigi, menurutnya ada beberapa hal yang keliru, antara lain :
1. Penggunaan sikat gigi elektrik
Kalau Anda memgunakan alat itu dengan cara yang tidak benar, alat tersebut malah tidak ada gunanya. Tanyakan kepada ahli tentang gigi bagaimana cara pemakaiannya.
2. Pemakaian pemutih gigi.
Pasta gigi abrasif seperti pasta bikarbonat atau pemutih gigi itu sangat kasar dan bisa mengikis habis enamel gigi dan dalam jangka waktu panjang bisa mengarah kepada penggelapan gigi.
3. Terlalu cepat kumur-kumur dengan air setelah gosok gigi.
Berkumur setelah menggosok gigi memang perlu, tapi kalau terlalu cepat, bisa menyapu banyak fluoride dan akan mengurangi efektivitas pasta gigi. Seandainya perlu juga, kumur-kumurlah menggunakan obat kumur yang non alkohol. Dan selama kurang lebih setengah jam jangan makan atau minum setelah menyikat gigi.
4. Menggosok gigi terlalu keras.
Menggosok gigi dengan cara yang tidak baik dapat membahayakan gigi Anda. Menggosok gigi dengan cara yang terlalu keras bisa mengakibatkan sisi gigi akan tertarik ke bawah, meninggalkan cacat berbentuk V dekat batas gusi.
5. Penggunaan pencuci mulut (mouthwash).
Cairan pencuci mulut atau mouthwash yang mengandung alkohol dan penggunaan jangka panjang bisa menjadi pemicu awal kanker mulut. Penggunaan yang berlebihan, tiga kali dalam sehari bisa menimbulkan risiko kesehatan. Demikian menurut sebuah studi.
6. Teknik Flossing.
Menggosok gigi seperti gerakan menggergaji dapat menyebabkan kerusakan dan resesi pada bagian gusi. Geserlah sikat gigi dengan cara yang tidak terlalu keras, hindari juga up-dan-down antara gigi. Cara menyikat gigi harus dengan gerakan seperti melingkar, bukan gerakan dari sisi ke sisi. Menyikat gigi jangan selalu dimulai dari tempat yang sama. Kalau sebelumnya menggosok gigi dimulai dari sisi kanan atas maka hari ini mulailah menggosok gigi dari posisi yang lain, misalnya dari bagian kiri. Karena kalau setiap hari menggosok gigi dimulai dari posisi yang sama, maka bagian tersebut yang akan selalu mendapat perhatian yang besar. Kebanyakan ketika menggosok gigi orang merasa cepat bosan di bagian yang terakhirnya. Akibatnya jadi tidak seimbang.
7. Waktu yang kurang tepat.
Hindari menyikat gigi langsung sesudah makan buah-buahan yang asam seperti anggur, jeruk dan lainnya. Email gigi melunak setelah makan makanan yang asam dan menggosok gigi langsung setelahnya akan membuat kondisi gigi menurun. Tunggu selama 30 menit untuk menetralisir asam atau gunakan obat kumur fluoride untuk membantu menetralkan asam, barulah sikat gigi Anda.
8. Pasta gigi jenis holistik.
Dr Tariq Idrees melihat pasien yang memakai pasta gigi holistik mengalami kerusakan gigi atau masalah gusi. Dia tidak menyarankan penggunaan pasta gigi bebas fluoride. Fluoride sudah terbukti untuk mencegah kerusakan gigi. Pasta gigi holistik yang tidak mengandung fluoride bisa saja membantu untuk pencegahan penyakit pada gusi tapi tidak untuk kerusakan gigi.
9. Bulu sikat gigi yang keras.
Sikat gigi yang berbulu sangat keras bisa menyebabkan aus berlebihan dan resesi gusi.
10. Waktu gosok gigi yang hanya 45 detik.
Survei menunjukkan bahwa sebanyak 43 persen pasien sakit gigi, karena waktu menyikat gigi hanya 45 detik. Membersihkan gigi selama 45 detik itu kurang lama. Untuk hasil yang maksimal, gosoklah gigi Anda sekurang-kurangnya selama dua menit !
 
Nah ! Mumpung gigi masih lengkap, mulai sekarang rawat gigi baik-baik.

Semoga bermanfaat !

(Sumber:http://www.dailymail.co.uk/health/)

 

Logo Plm12COM

Tentang :
Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G