10 Hal yang di Lomba Balap Motor MotoGP tidak mungkin terjadi

Para penggemar MotoGP,

balapan motor

Dalam setiap musim kejuaraan balap motor MotoGP, selalu saja ada hal baru. Dari mulai rekor kecepatan, juara termuda, regulasi yang juga disesuaikan dengan kondisi, meski yang ini tidak selalu, bentuk dan penampilan motor yang lebih keren dan menarik serta yang lainnya. Tapi ada beberapa hal seperti yang berikut di bawah ini yang tidak mungkin, meski bukan mustahil, akan terjadi di arena olahraga otomotif yang paling populer tersebut. Ini diantaranya :

 
1. Motor-motor yang dipakai oleh para pembalap kelas MotoGP, dijual bebas di pasaran umum. Balap roda dua motoGP, semuanya menggunakan motor prototype, jadi tidak mungkin ada motor jenis ini dijual di pasar bebas untuk penggunaan sehari-hari.
2. Kapasitas mesin motor balap dinaikkan menjadi lebih dari 1000cc, misalnya 1500cc. Bayangkan, dengan mesin sekarang yang di bawah 1000cc saja, top speed motor bisa tembus hingga 350 km/jam, apalagi kalau kapasitas mesinnya dinaikkan menjadi 1500cc, kecepatan tertinggi bisa saja tembus 400km/jam atau 450km per jam. Spektakuler ! Tapi jelas itu sangat membahayakan jiwa pembalap. Sebagai catatan : Kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh motor MotoGP adalah 342 km/jam yang dibuat oleh motor Ducati Desmosedici yang ditunggangi pembalap Italia, Loris Capirossi di sirkuit Sepang Malaysia beberapa tahun yang lalu. Atas situasi tersebut, regulasi muncul untuk menurunkan kapasitas mesin menjadi 800cc
Cerita-cerita dari Lomba Balap MotoGP, dari tahun ke tahun.
3. Kejuaraan balap motor kelas para raja ini terbagi menjadi dua kelas. Yang pertama kelas singel seater yaitu motor ditunggangi oleh seorang pembalap saja. Yang kedua, kelas two seater, di mana satu motor balap dinaiki secara berboncengan, yang depan ditempati oleh pembalap utama sementara yang belakang adalah yang dibonceng dan bertugas sebagai navigator. MotoGP jadi kayak Reli Mobil.

4. Adanya salah satu seri khusus untuk MotoGP yang membalap secara drag. Jadi dalam lomba itu tidak ada perhitungan lap, yang ada hanya satu lintasan lurus saja. Ini disebut dengan special MotoGP. Di satu sirkuit itu, system lomba jadi seperti turnamen sepakbola, ada babak penyisihan dan ada babak final.

Nama-nama Para Juara Balapan Motograndprix dalam 20 Tahun Terakhir

Peristiwa-peristiwa di MotoGP dari Masa ke masa

Tiga Negara ini Memang Selalu Eksis di Lomba Balap Motor MotoGP

Kumpulan Artikel Lengkap Tentang Balapan Motor MotoGP

Kata & Istilah Berikut Sering Dipakai di Acara MotoGP
Kata & Istilah Berikut Sering Dipakai di Acara MotoGP
 

 
5. Diikutsertakannya lomba balap motor bergengsi ini ke dalam salah satu cabang olahraga yang diadakan dalam pesta olahraga antar negara seluruh dunia yaitu Olimpiade. Pemenang pertamanya berhak mendapat medali emas, juara kedua mendapat medali perak dan yang ketiga memperoleh medali perunggu.

Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.
6. Jenis mesin MotoGP kembali ke mesin dua langkah atau two stroke engine. Hmm…MotoGP akan berubah lagi menjadi GP500 ?
7. Hasil lomba balapan boleh berakhir dengan seri. Yang namanya lomba adu kecepatan tentu saja harus ada yang jadi pemenang, bagaimanapun caranya menentukannya. Seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998 antara Michael Doohan dan Alex Criville di lomba GP500 yang waktu itu kalau dilihat dengan kasat mata, mereka berdua menyentuh garis finish secara bersamaan. Tapi ketika dianalisa oleh panitia lomba dengan hasil foto finish, terlihat ada bedanya siapa yang lebih dulu menyentuh garis finish. Sepersekian ribu detik perbedaan untuk menentukan sang pemenang.
8. Ajang balap MotoGP yang digelar di sirkuit yang sangat dekat dengan laut sudah ada yaitu di Sirkuit Philip Island Australia. Bagaimana kalau nanti ada sirkuit yang layoutnya sebagian ada di daratan dan sebagian lainnya ada di perairan ? Mungkinkah ? Itu seperti lomba olahraga triathlon, begitu sampai sisi laut, sang atlit harus berenang menyeberangi perairan. Bagaimana kalau balap motor, apakah ridernya harus turun berenang juga ? Atau motornya dimodifikasi hingga punya kemampuan amfibi.
9. Atau mungkinkah event olahraga otomotif roda dua ini diadakah di sirkuit yang dibangun di tengah-tengah gurun Sahara atau di kutub selatan Antartika ? Bayangkan, di sirkuit Qatar yang dekat dengan padang pasir saja, lomba digelar di malam hari, bagaimana kalau sirkuitnya di gurun Sahara ? Bagaimana dengan sirkuit benua Antartika ?
Jika saja nomer 8 dan nomer 9 terjadi, maka Lomba balap motoGPnya akan bertemakan “Extreme MotoGP”
10. Kejuaraan balap Motor MotoGP mengikut sertakan rider wanita untuk bersaing adu cepat dengan rider pria. Kalau memang terwujud, bagaimana reaksi para pembalap pria yang bersaing dengan pembalap wanita. Lalu bagaimana seandainya balap MotoGP menyelenggarakan kelas balapan yang khusus putri ? Jadi seperti bulutangkis, ada tunggal putra ada tunggal putra.
Balap motor adalah salah satu cabang olahraga yang resmi, di sisi lain lomba otomotif ini adalah sebagai ajang promosi produk teknologi dan juga sebagai salah satu hiburan bagi yang hobi otomotif khususnya motor.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Siapa lebih hebat dari empat pembalap juara ini ?

Marc Marquez pindah tim. Apa yang akan terjadi dengannnya nanti ?.

Arena Balap MotoGP & Istilah-2 Yang sering digunakannya.

Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.
Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.

Hiburan dari lagu-lagu tema Piala Dunia.
 

PLM12.com

Arena Olahraga & Serba-serbi Lainnya.

Life Style – Entertainmen – Sosialita – Kata-kata Gaul

Solusi – Kiat-2 – Tips dan Trik

Blog – Website – Media Sosial

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.